Kamis, 25 Juni 2009

Artikel C-PNS

TIPS TEST CPNS

Sayangnya, meski telah mempersiapkan diri dan mental dalam menghadapi tes CPNS, tidak jarang para pelamar tetap mengalami kegagalan. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang tidak lulus tes adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.
Hanya ada dua kemungkinan mengapa hal itu bisa terjadi. Pertama, adanya kesalahan teknis atau administratif. Kedua, salah strategi. Kesalahan-kesalahan kecil dalam tes justru bisa menjadi hal yang paling fatal.
Namun, Anda tidak perlu berkecil hati. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi kegagalan dalam tes CPNS.
1. Selalu siapkan diri dengan baik. Jauh hari sebelum Anda mengikuti tes, berlatihlah dengan giat. Perbanyak melakukan latihan soal-soal sejenis yang kira-kira akan diujikan pada hari-H. tujuannya agar pada saat melakukan tes, Anda tidak akan kaget atau bingung dengan jenis tesnya. Sebab sedikit banyak Anda sudah mempunyai banyak pengetahuan mengenai soal-soal yang akan diujikan. Intinya, practice make perfect!
2. Ketika hari-H datang, yakinkan pada diri bahwa Anda sudah siap untuk bertanding. Persiapan mental sangat penting. Berpikir positif tentunya akan sangat membantu. Selain persiapan mental, persiapan secara fisik juga tidak kalah penting. Kondisi badan yang fit tentunya akan menunjang keberhasilan Anda. Istirahat yang cukup sebelum tes, sarapan yang bergizi, dan dukungan moril dari keluarga ikut membantu. Jangan lupa untuk berdoa agar dimudahkan segala usahanya.
3. Saat mengerjakan tes, perhatikan instruksi dengan cermat. Dengarkan semua petunjuk dari pelaksana ujian dengan baik. Jangan sampai ada petunjuk yang terlewatkan karena satu kesalahan kecil saja akan berakibat fatal.
4. Saat mengerjakan tes, kerjakan dengan tenang, teliti, dan hati-hati. Tidak perlu terburu-buru walaupun Anda dibatasi oleh waktu. Buat strategi yang baik dalam mengerjakan soal. Usahakan kerjakan soal yang dianggap lebih mudah. Tujuannya agar Anda tidak merasa stress karena mengerjakan soal yang dianggap sulit. Sesuaikan waktu dengan jumlah soal sehingga Anda dapat memprediksi berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Kemungkinan besar Anda memang tidak akan bisa menyelesaikan keseluruhan soal, jadi jangan berusaha untuk mengisi soal tersebut dengan jawaban asal-asalan agar terkesan bahwa Anda dapat menyelesaikan keseluruhan soal. Ada beberapa instansi yang memberlakukan skoring nilai dengan sistem benar +1, salah -1, dan jawaban kosong 0. Jadi, Anda bisa memprediksi jumlah skor seandainya mengisi secara asal-asalan.
5. Jangan menyontek. Ini poin paling penting juga. Banyak alasan mengapa Anda dilarang menyontek. Selain merugikan orang lain, itu juga merugikan Anda karena belum tentu jawaban yang Anda lihat adalah jawaban yang tepat.

6. Setelah selesai menjawab, periksa kembali lembar jawaban Anda. Cek data diri yang ada pada lembar jawaban. Jangan sampai ada identitas Anda yang terlewat karena satu kesalahan kecil, fatal akibatnya.


TIPS / TRIK LULUS CPNS
Kehidupan untuk masa depan yang lebih baik adalah pilihan setiap orang, terutama di Indonesia masih banyak anggapan bahwa menjadi PNS akan memiliki masa depan yang lebih baik karena ada tunjangan keluarga, pensiun, dan kemudahan serta fasilitas lainnya. Maka tak heran setiap tahunnya test CPNS membludak…
Namun dengan membludaknya pendaftar test CPNS maka semakin kecil pula peluang untuk lulus. Terkadang yang dicari cuma 2 orang tapi yang daftar bisa lebih dari 300an, bisa lulus gak ya?? Perlu anda ketahui bahwa faktanya :
  1. 60% para peserta test CPNS adalah orang yang berniat mencoba2 peruntungannya (mitos untung2an masih berlaku dikalangan masyarakat kita saat ini), atau mungkin dia sudah punya kerjaan tetapi mencoba siapa tahu lulus CPNS jadi bisa lebih baik.
  2. 20% peserta test CPNS adalah orang yang baru lulus kuliah dan tentunya ingatan dan semangatnya masih sangat segar.
  3. 10% peserta test CPNS adalah orang yang merasa dirinya pasti lulus dan menganggap test ini hanya formalitas, misalnya karena dia sudah lama menjadi honorer yang memang sudah ada tempat untuknya atau karena hal lainnya…
  4. dan mungkin kurang dari 10% orang yang memang bersungguh2 untuk belajar dan mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan tempat menjadi abdi negara/PNS.

Terlepas dari hal itu, kita harus usaha dan doa dan jangan berkecil hati bila melihat pelamar yang begitu banyaknya… setidaknya lebih baik mencoba daripada mundur sebelum perang. Sebelum itu anda harus melakukan beberapa hal apabila anda ingin memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi :

  • Carilah informasi setiap instansi tentang penerimaan CPNS setiap tahunnya, bisa dengan cara searching di internet, di Depnaker, atau melalui teman2 anda apalagi jika memiliki teman yang juga kerja di instansi tertentu.
  • Biasakan membaca dan latihan dengan buku test CPNS yang banyak dijual dipasaran, meskipun anda sekarang sedang menjadi karyawan swasta atau kerja serabutan.. sempatkan seminggu 3x untuk latihan soal agar otak anda tetap tajam meski sudah lama lulus dan tidak pernah buka buku kuliah lagi. Dengan latihan akan membiasakan anda dalam menghadapi soal… terus aja belajar meskipun belum tahu kapan akan ada penerimaan CPNS.

  • Sebelum pelaksanaan test
  • Lihat semua pengumuman penerimaan CPNS disetiap instansi, kumpulkan informasi penerimaan CPNS yang mencari jurusan ijazah yang anda miliki.
  • Masukkan semua berkas lamaran pada semua instansi yang mencari jurusan anda dan ambil nomor ujiannya (masukin aja dulu, nanti baru kita tentukan mau ujian dimana karena biasanya tanggal ujiannya serentak).
  • Bila pengumuman nama2 peserta CPNS telah diumumkan pilihlah di instansi mana yang jumlah pesertanya paling sedikit, yah ini karena kemungkinannya paling tinggi jadi persaingannya gak terlalu banyak.
  • Siapkan perlengkapan perang anda… Belilah perlengkapan alat tulis yang baik dan bagus, misalnya pensil 2B harus asli, papan untuk alas, penghapus karet yang bagus, pulpen, dan persiapan lainnya.
  • Pakailah jam tangan untuk mengetahui waktu saat ujian nanti.
  • Selalu berdoalah kepada Tuhan karena segala usaha yang kita lakukan akan mendapat rahmat dan ridhoNya.

Saat Pelaksanaan Test

  • Isilah identitas nama dan nomor test anda dengan benar pada lembar jawaban, perhatikan kolom2 isian yang harus dihitamkan dengan seksama jangan sampai salah, begitu pula pada saat menjawab lakukan dengan perlahan dan hati2.
  • Pada saat soal dibagikan, jangan terburu2 mengerjakan… lihatlah berapa jumlah seluruh soal dan berapa waktu yang harus dikerjakan. Faktanya waktu yang disediakan sangat mepet sekali sehingga kemungkinan besar kita tidak mungkin menjawab semua soal bila kita berfikir dengan sungguh2.. Misal 60 menit untuk 50 soal, itu berarti waktu anda hanya 1 menit 20 detik untuk tiap soal, kira2 dengan waktu tersebut sungguh susah untuk mengerjakannya dengan sangat akurat seperti latihan (kalo latihan kan sering kita ulang2).

Cara Mengerjakan Soal
Cara mengerjakan yang baik adalah seperti kuiz2 di televisi gitu, ada 3 pilihan metode menjawab yaitu :

  1. Jawablah yang menurut anda kemungkinan benarnya 80-100%,
  2. Bila dalam 1 soal ada 2 jawaban yang ragu2 (50:50 kemungkinan benarnya) maka beri tanda dengan pensil dan tinggalkan, cara ini juga berlaku bila anda meragukan sebuah jawaban,
  3. Untuk soal yang sama sekali tidak anda ketahui secara pasti sebaiknya anda tinggalkan.
  • Langkah yang anda harus lakukan adalah menjawab semua soal sesuai dengan metode diatas, baca soal dengan perlahan kemudian lakukan sesuai dengan metode 1, 2, dan 3… Baca berurutan mulai dari soal 1 dampai selesai.
  • Selanjutnya kembali ke soal yang ditandai dengan pensil (metode 2) disini anda meragukan 2 jawaban atau sebuah soal yang bernilai 50:50 kemungkinan benarnya, nah anda boleh menebak salah satu dari 2 jawaban ini karena mungkin benar mungkin salah (untung2an maksudnya, tetapi nilai untung2annya 50%) Anda harus cepat mengambil keputusan karena sisa waktunya sangat pendek.
  • Langkah terakhir adalah soal yang sama sekali tidak anda ketahui, soal ini adalah soal untung2an. Ini terakhir kali dikerjakan bila sisa waktu tinggal 3-5 menit… Cara melakukannya adalah dengan melihat komposisi jawaban yang telah anda isi sebelumnya lihat mana yang paling banyak, misalnya yang paling banyak diisi adalah pilihan A. Maka isilah/hitamkanlah jawaban dari soal yang tidak anda ketahui itu dengan pilihan A semua… Misal ada sisa 20 soal yang anda tidak ketahui, maka 20 soal itu diisi A semua.
  • Pastikan tidak ada jawaban yang kosong, periksa kembali apakah nama dan nomor peserta telah benar, hapuslah tanda2 yang anda buat di lembar soal.
  • Kumpulkan pekerjaan anda.

Catatan :
Kerjakanlah soal dengan kemampuan anda sendiri, jangan melirik2 kekanan kiri atau risau dengan peserta lainnya yang sudah keluar duluan. Selalu perhatikan sisa waktu, bila sisa waktu masih mencukupi cobalah menjawab soal2 yang masih ragu menurut anda.

BOCORAN SOAL UJIAN TEST CPNS

PENGETAHUAN UMUM
Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 5, pilihlah satu jawaban yang paling tepat

1. Undang-undang pemerintah daerah yang pertama berlaku di Indonesia setelah zaman
kemerdekaan yang dikeluarkan pada tanggal 23 Nopember 1945 adalah:
A. UU No. 1 tahun 1945
B. UU No. 2 tahun 1945
C. UU No. 3 tahun 1945
D. UU No. 4 tahun 1945
E. UU No. 5 tahun 1945

2. Agama dapat dilihat sebagai salah satu sumber nilai yang ada dalam masyarakat, seperti yang
dapat kita lihat dalam studi Max Weber mengenai sekte Calvinisme, yang berarti bahwa:
A. Agama satu?satunya sumber nilai yang dipedomani masyarakat
B. Agama adalah sesuatu yang pantas dan berharga
C. Agama dapat mempengaruhi perilaku orang
D. Manusia berhasrat menguasai alam
E. Tanpa agama, gambaran tentang apa yang diinginkan tidak mungkin ada

3. Pada APBN tahun 1999/2000 terdapat uraian sumber pendapatan dan belanja negara seperti:
1. Hibah
2. Pembayaran bungan uang
3. Pajak perdagangan internasional
4. Bagian pemerintah atas laba BUMN
Dari uraian tersebut, yang termasuk sumber pendapatan negara adalah ………
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 3
D. 2, 3 dan 4
E. 1 dan 2

4. Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan oleh:
A. Mr. Muhammad Yamin pada tanggal 29 Mei 1945 dalam sidang BPUPKI
B. Mr. Muhammad Yamin pada tanggal 01 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI
C. Ir. Soekarno pada tanggal 29 Mei 1945 dalam sidang BPUPKI
D. Ir. Soekarno pada tanggal 01 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI
E. Ir. Soekarno pada tanggal 01 Juni 1945 dalam sidang PPKI

5. Negara?negara barat seperti Inggris dan Amerika Serikat mengenal doktrin politik luar negeri
yang bercirikan:
A. Democratic peace, Good Governance, Ethical Foreign policy
B. Democratic peace, Ethical Foreign policy, Humanitarian Intervention
C. Good Governance, Human Right, Humanitarian Intervention
D. Ethical Foreign policy, Good Governance, Human Right
E. Humanitarian Intervention, Democratic peace, Good Governance
Untuk soal nomor 6 sampai dengan nomor 17, pilihlah jawaban yang benar dengan menggunakan
petunjuk di bawah ini:
A. Jika jawaban 1, 2 dan 3 benar.
B. Jika jawaban 1 dan 3 benar
C. Jika jawaban 2 dan 4 benar
D. Jika jawaban hanya 4 yang benar
E. Jika jawaban semuanya benar

6. Prinsip?prinsip yang terkandung dalam Demokrasi Pancasila adalah:
1. Pemerintah berdasar atas hukum
2. Peradilan yang bebas dan merdeka dari pengaruh kekuasaan legislative
3. Prinsip multi partai
4. Sistem pemerintahan parlementer

7. Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonomi sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Peraturan
Pemerintah Nomor 25 tahun 2001, mencakup kewenangan diantaranya:
1. Kewenangan dalam bidang pemerintahan yang bersifat lintas Kabupaten atau Kota
2. Pelaksanaan kewenangan yang tidak atau belum dapat dilaksanakan oleh Kabupaten atau
Kota
3. Kewenangan dalam bidang pemerintahan tertentu lainnya
4. Kewenangan di luar kewenangan pemerintah pusat

8. Berkaitan dengan konsep perdagangan internasional dewasa ini, Negara?negara di dunia dibagi
berdasarkan wilayah untuk mendukung perdagangan dunia. Indonesia sebagai salah satu
Negara anggota ASEAN termasuk dalam kelompok:
1. APEC
2. NAFTA
3. AFTA
4. MEE

9. Sebagai bentuk hubungan pusat dan daerah berdasarkan UU No. 32 Th. 2004, Pemerintah Pusat
memungkinkan untuk memberikan sanksi kepada daerah dalam bentuk:
1. Pembatalan pengangkatan pejabat
2. Penangguhan gaji tunjangan pejabat public
3. Penangguhan berlakunya Perda
4. Pengurangan dana alokasi khusus

10. Sikap chauvinistic bertentangan dengan ajaran Pancasila, terutama sila :
1. Kelima
2. Kedua
3. Keempat
4. Ketiga

11. Pada Hari Proklamasi tanggal 17 Agustus 1959, Presiden Soekarno menyampaikan Pidato yang
diberi Judul “Penemuan Kembali Revolusi Kita” atau biasa disebut Manifesto Politik (Manipol),
yang intinya adalah:
1. UUD 1945
2. Sosialisme Indonesia
3. Demokrasi Terpimpin
4. Ekonomi Terpimpin

12. Ciri?ciri sistem ekonomi kapitalis, adalah:
1. Penjamin atas hak milik perseorangan
2. Pemberian kebebasan penuh
3. Persaingan bebas
4. Pembatasan peran Negara dalam aktivitas ekonomi

13. Yang termasuk peran koperasi terhadap peningkatan kemakmuran rakyat adalah:
1. Menciptakan dan memperluas lapangan pekerjaan
2. Penyelenggara kehidupan ekonomi secara demokratis
3. Menciptakan pelayanan umum dan kesejahteraan masyarakat
4. Menumbuhkan investor menanamkan modalnya

14. Sejak Pemerintah Indonesia mengubah kebijakan Kurs, yang sebelumnya “mengikat” di era
pemerintahan Soeharto, kini kebijakan Kurs Indonesia telah mengalami perubahan yang cukup
signifikan terhadap pembangunan nasional. Kebijakan Kurs yang berlaku saat ini di Indonesia
adalah ……
1. Sistem ekonomi terpimpin
2. Sistem ekonomi pasar
3. Sistem mata uang jangkar
4. Sistem Kurs mengambang

15. Tokoh yang ikut merumuskan Pancasila sebagai dasar Negara adalah …
1. Dr. K.R.T. Radjiman Wedyoningrat
2. Mr. Mohammad Yamin
3. Drs. Mohammad Hatta
4. Ir. Soekarno

16. Dalam kehidupan masyarakat antara suku bangsa yang satu dengan yang lainnya terdapat
perbedaan. Perbedaan itu disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut, kecuali:
1. Keadaan geografis yang berbeda
2. Agama yang berbeda
3. Latar belakang sejarah yang berbeda
4. Sistem kepercayaan yang berbeda

17. Nilai dasar wawasan kebangsaan yang terwujud dalam persatuan dan kesatuan bangsa memiliki
dimensi manusia yang bersifat mendasar dan fundamental, yaitu:
1. Cinta tanah air dan bangsa
2. Demokrasi atau kedaulatan rakyat
3. Masyarakat adil dan makmur
4. Kesetiakawanan social
Untuk soal nomor 18 sampai dengan nomor 39 pilihlah jawaban yang benar dengan menggunakan
petunjuk di bawah ini:
A. Jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua benar dan keduanya menunjukkan
hubungan sebab akibat
B. Jika pernyataan pertama dan pernyataan kedua benar tetapi keduanya tidak menunjukkan
hubungan sebab akibat
C. Jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua salah
D. Jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua benar
E. Jika pernyataan pertama dan kedua salah

18. Keberadaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sangat diperlukan dan secara tegas terdapat
dalam UUD 1945 hasil amandemen kedua.
SEBAB
Anggota DPR selama ini dipandang kurang bertanggung jawab dalam memperhatikan
kepentingan daerah.

19. Pemerintah saat ini semakin mendapat tekanan untuk menyelesaikan semua permasalahan
hukum
SEBAB
Kekuasaan pemerintah dalam bidang yudikatif menurut UUD 1945 pasca amandemen semakin
dibatasi

20. Produk Domestik Bruto (PDB) di negara?negara sedang berkembang umumnya lebih besar dari
pada Produk Nasional Brutonya (PNB)
SEBAB
Dalam menghitung GNP dengan cara/metode produksi, yang dihitung adalah nilai tambah tiap
industri/produksi.

21. Pemerintah Jepang mendorong terbentuknya BPUPKI sebagai langkah awal persiapan
kemerdekaan Indonesia
SEBAB
Jepang tidak ingin Indonesia kembali lagi jatuh ke tangan pemerintah Kolonial Belanda

22. Hak asasi manusia ialah hak?hak yang berhubungan dengan kebutuhan manusia, baik yang
bersifat lahiriah maupun rohaniah.
SEBAB
Kebutuhan rohaniah dan lahiriah seringkali diingkari oleh Negara

23. MPR mengeluarkan Ketetapan MPR RI No. III/MPR/2000 tentang pemisahan TNI dan POLRI
SEBAB
POLRI terkadang dilibatkan dalam tugas TNI seperti tugas perdamaian.

24. Politik luar negeri bebas dan aktif Indonesia bukanlah suatu politik netralisme
SEBAB
Politik bebas dan aktif senantiasa diarahkan untuk menempatkan Indonesia pada posisi obyek
dan bukan sebagai subyek dalam pergolakan politik internasional

25. Pemilihan Kepala Daerah secara langsung pada banyak daerah ditakutkan akan menimbulkan
konflik yang bersifat vertikal
SEBAB
Para kontestan pemilu disinyalir masih banyak yang menggunakan isu?isu yang sensitif yang
dapat menimbulkan konflik SARA

26. Kekuasaan presiden tidak terbatas
SEBAB
Presiden Republik Indonesia sebagai lembaga eksekutif berkedudukan sebagai Kepala
Pemerintahan dan Kepala Negara

27. Presiden member grasi dan rehabilitasi menurut hasil amandemen kedua UUD 1945 adalah
dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung
SEBAB
Presiden perlu dibantu lembaga lain untuk bertanggung jawab dalam hal pemberian grasi dan
rehabilitasi

28. Manajemen Kepegawaian menurut UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
menempatkan Gubernur, Bupati/Walikota sebagai pejabat Pembina Kepegawaian
SEBAB
Gubernur dan Bupati/Walikota merupakan jabatan politik di daerah

29. Pada tahun 1971 dalam KTT ASEAN II di Kualalumpur, Negara?negara di kawasan ASEAN
menyatakan bahwa wilayahnya merupakan Zone of peace, freedom and neutrality. Keputusan
tersebut sangat tepat dalam konteks perang dingin saat itu.
SEBAB
Negara?negara di kawasan ASEAN tak ingin mengalami penjajahan dalam bentuk apapun.

30. Kebijakan moneter adalah kebijaksanaan pemerintah yang ditujukan untuk mengatur
pengeluaran pemerintah
SEBAB
Kebijakan moneter dapat dijalankan dengan mengatur dan merubah tingkat cadangan minimum
bank?bank komersial

31. Penjelasan Undang?Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa di samping hukum dasar tertulis,
berlaku pula hukum dasar yang tidak tertulis
SEBAB
Hukum dasar tertulis dan hukum dasar tidak tertulis merupakan sumber dari segala sumber
hukum yang berlaku di Indonesia

32. Sistem pemerintahan daerah pada zaman Presiden Soeharto masih menggunakan sistem
sentralisasi
SEBAB
Sistem sentralisasi hanya tepat digunakan dalam Negara kesatuan seperti Indonesia

33. Semua anggota DPRD memiliki kecakapan yang sama terhadap bidang tugas maupun
pengelompokan tugas.
SEBAB
Anggota DPRD harus mampu membuat rancangan peraturan daerah, mengadakan pengawasan,
mengadakan penyelidikan dan mengajukan pernyataan pendapat.

34. Teori keunggulan komparatif menjelaskan bahwa semua negara bias memetik manfaat dengan
melakukan spesialisasi
SEBAB
Prinsip keunggulan komparatif menjelaskan mengapa Negara memproduksi berbagai macam
komoditi

35. Konstitusi Indonesia mengamanatkan bahwa hak asasi manusia tidak dapat dikurangi dalam
keadaan apapun.
SEBAB
Pasal 281 ayat (1) Undang?undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
mengamanatkan bahwa hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak untuk tidak diperbudak,
hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar
hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan
apapun.

36. Sistem nilai tukar yang digunakan Pemerintah Indonesia pasca krisis moneter 1997/1998 adalah
sistem kurs mengambang terkendali
SEBAB
Sistem kurs mengambang terkendali ditentukan oleh penawaran & permintaan nilai tukar uang
sampai terjadi keseimbangan di pasar valuta asing.

37. Koperasi di Indonesia menjadi sendi perekonomian Negara
SEBAB
Ciri masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang bergotong royong

38. Asas nonretroaktif tidak berlaku dalam hukum pidana
SEBAB
Dalam hukum pidana berlaku asas legalitas

39. Di sejumlah daerah terjadi kasus pilkada yang menunjukkan bahwa tingkat kedewasaan
masyarakat dalam berdemokrasi belum matang.
SEBAB
Fungsi pendidikan politik yang diperankan oleh partai politik belum berjalan efektif sebagai
akibat sistem pendidikan nasional yang tidak berbasis kompetensi

SKALA KEMATANGAN
66. Dalam suatu rapat pimpinan, ada sejawat saya yang tidak sependapat dengan usulan saya. Sikap
saya adalah ………
A. Dengan senang hati mempertimbangkan pendapat orang tersebut
B. Bersikeras agar usulan saya yang diterima
C. Meninggalkan ruang rapat dan tidak kembali lagi
D. Mempertimbangkan pendapat tersebut dengan melihat siapa orangnya
E. Tetap beranggapan bahwa perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah

67. Saya baru saja dimutasikan ke unit lain yang sama sekali baru bagi saya. Sikap saya adalah …
A. Berusaha memahami mekanisme kerja unit melalui arsip dan aturan kebijakan
B. Jarang masuk karena belum jelas apa yang harus dikerjakan
C. Duduk?duduk saja sambil menunggu perintah atasan
D. Berusaha mempelajari dan memahami mekanisme kerja unit melalui rekan sejawat
E. Mengamati proses pekerjaan yang dilakukan rekan sejawat

68. Sikap saya terhadap perubahan?perubahan, ide?ide baru dan cara?cara baru dalam
melaksanakan suatu pekerjaan adalah…
A. Stabilitas dalam bekerja lebih penting
B. Perubahan adalah sesuatu yang pasti
C. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
D. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik
E. Keberhasilan pekerjaan tergantung jenis perubahan, ide, dan cara?cara baru tersebut

69. Saya diutus mengikuti suatu diklat. Oleh panitia penyelenggara saya ditempatkan sekamar
dengan orang yang tidak saya kenal yang berasal dari kota lain. Sikap saya adalah…
A. Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
B. Protes keran dan minta ditempatkan sendiri saja
C. Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang dikenal
D. Menerima aturan panitia dan berusaha mengenal dan memahami teman sekamar
E. Menerima aturan panitia

70. Terjadi pergantian pimpinan di unit kerja saya. Sikap saya adalah …
A. Tidak peduli
B. Berusaha mengenal dan memahami visi dan misi pimpinan baru
C. Tidak berusaha mendekati pimpinan baru karena takut dicap penjilat
D. Berusaha mengenal pribadi pimpinan baru
E. Pergantian pimpinan itu sesuatu yang biasa

71. Draft laporan yang dibuat oleh tim kerja saya ditolak oleh atasan karena dianggap kurang visibel.
Sikap saya adalah …
A. Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukan kembali
B. Menyalahkan rekan sejawat yang sama?sama mengerjakannya
C. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
D. Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya
E. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki

72. Tetang perubahan yang terjadi dalam organisasi, pendapat saya adalah …
A. Perubahan adalah sesuatu yang lumrah
B. Menjaga stabilitas organisasi dengan sedapat mungkin menghindari perubahan
C. Pegawai tidak boleh terlalu kreatif menciptakan perubahan
D. Organisasi harus menjadi “learning organization”
E. Setiap individu dalam organisasi harus terbiasa dengan perubahan

73. Saya menggunakan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Kendaraan pada Hari Libur.
Secara tidak sengaja saya menabrakkan kendaraan tersebut. Tindakan saya adalah:
A. Diam?diam menyimpan kendaraan tersebut karena tidak seorang pegawaipun yang tahu
kalau saya menggunakannya
B. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan
serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan
C. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut
D. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman/petunjuk dari
pimpinan
E. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel atas biaya pribadi dan mengembalikannya
dengan diam-diam

74. Saya mendapat teguran langsung dari pimpinan atas kesalahan yang bukan hanya saya seorang
diri sebagai pelakunya. Reaksi saya adalah …
A. Membantah secara tegas agar pada kesempatan lain pimpinan tidak semena?mena
menyalahkan
B. Diam saja, karena membantah hanya akan menambah rumit permasalahan
C. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga, tetapi
tetap mengadukan pegawai lain yang turut bersalah agar saya tidak menjadi korban seorang
diri
D. Membantah dan mengadukan pegawai lain yang juga bersalah agar mereka juga bisa belajar
dari kejadian ini
E. Menerima teguran tersebut dan mecoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga tanpa
perlu mengadukan pegawai lain yang turut bersalah

75. Dalam rapat staf dan pimpinan, pendapat saya dikritik keras oleh peserta rapat lainnya. Respon
saya adalah …
A. Mencoba sekuat tenaga mempertahankan pendapat saya
B. Menyerang semua peserta yang mengeritik pendapat saya
C. Mencoba mempelajari kritikan tersebut dan berbalik mengkritik dengan tajam
D. Menerima kritikan tersebut sebagai masukan
E. Diam saja

76. Salah seorang rekan kerja saya mendapat promosi sedangkan menurut penilaian saya,
kemampuannya tidak lebih baik dari saya. Respon saya adalah …
A. Menggunakan berbagai cara agar dapat menggeserkan posisi rekan tersebut
B. Bekerja lebih giat dan menunjukkan kinerja terbaik saya
C. Menghadap pimpinan dan memprotes promosi tersebut
D. Tetap bekerja seperti biasa
E. Menerima keadaan tersebut tetapi tidak akan mengikuti perintah rekan tersebut

77. Dari sekian pegawai di kantor, saya merasa beban tugas terberat ada pada saya dan saya merasa
stress karena dikejar?kejar deadline. Respon saya adalah …
A. Mengerjakan semua tugas dengan senang hati dan berusaha memenuhi target deadlin
B. Hanya mengerjakan tugas yang saya senangi
C. Mengkonsumsi obat suplemen agar mendongkrak tenaga saya untuk menyelesaikan semua
tugas
D. Mengerjakan semua tugas sambil menggerutu dan marah?marah
E. Mengerjakan semua tugas setengah?setengah saja, yang penting sudah dianggap
bertanggung?jawab

78. Ketika sedang melakukan presentasi, saya menerima pesan singkat (SMS) yang mengabarkan
bahwa anak saya diopname di rumah sakit. Reaksi saya adalah …
A. Menghentikan presentasi dan langsung menuju rumah sakit
B. Mencari tahu kondisi anak saya kemudian memutuskan apakah tetap presentasi atau ke
rumah sakit
C. Membalas SMS dan melanjutkan presentasi
D. Melanjutkan presentasi
E. Menghentikan presentasi dan mencari tahu kondisi anak saya

79. Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim
kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban. Sikap saya adalah :
A. Bekerja sendiri yang penting tugas selesai
B. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
C. Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi
D. Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota untuk menyelesaikannya
E. Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya

80. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi
organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang …
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
C. Pekerjaan yang rutin
D. Pekerjaan yang menantang
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih

81. Setiap hari kerja saya masuk kantor paling cepat dibandingkan pegawai lainnya. Yang saya
lakukan setelah tiba adalah …
A. Masuk ke ruangan dan membaca koran
B. Santai di luar gedung kantor untuk menikmati udara pagi
C. Masuk ke ruangan dan mengobrol dengan rekan sejawat
D. Masuk ke ruangan dan membuat rencana kerja
E. Masuk ke ruangan dan memulai pekerjaan yang tertunda kemarin

82. Saya diminta untuk lembur kerja sedangkan saya sudah berjanji kepada anak saya untuk
mengantarnya ke pesta ulang tahun sahabatnya. Sikap saya adalah …
A. Pulang dengan diam?diam, tanpa sepengetahuan pimpinan
B. Berpura?pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
C. Menghubungi anak saya menjelaskan bahwa saya akan sedikit terlambat menemuinya
D. Tinggal bekerja lembur
E. Meminta izin pimpinan mengantar anak saya kemudian kembali ke kantor untuk bekerja
lembur

83. Bagi saya untuk menjadi pegawai negeri sipil yang sukses, saya harus melakukan …
A. Mengikuti perintah dan arahan pimpinan secara loyal dan penuh kepatuhan
B. Melakukan pekerjaan yang terbaik dengan standar kinerja yang tinggi
C. Mengembangkan hal?hal baru yang belum pernah diciptakan sebelumnya
D. Menciptakan hubungan baik dengan setiap orang, rekan kerja dan pimpinan
E. Bekerja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan

84. Menurut saya, bekerja merupakan upaya untuk meraih keseksesan. Untuk itu upaya saya adalah

A. Bekerja dengan cermat dan berusaha menjadi terbaik dan diakui
B. Berusaha menyingkirkan orang yang saya anggap menghalangi upaya saya
C. Bekerja sepenuh hati
D. Bekerja sampai larut malam
E. Bekerja berdasarkan kontrak kinerja

85. Saya ditawarkan oleh pimpinan untuk melanjutkan studi di provinsi lain atas biaya kantor. Saat
ini saya baru saja dikaruniai bayi kembar yang masih membutuhkan perhatian saya. Keputusan
saya adalah …
A. Menolak tawaran tersebut
B. Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi mengikutkan keluarga merupakan
tanggung jawab saya
C. Menerima tawaran tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan
tambahan biaya hidup
D. Menolak tawaran tersebut namun mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya
dapat diikutkan
E. Menerima tawaran tersebut dan dengan berat hati meninggalkan keluarga

86. Menurut saya, sepuluh tahun setelah saya diangkat sebagai PNS, saya akan menjadi …
A. Pejabat struktural atau tenaga fungsional yang profesional dalam bidangnya
B. Bukan PNS lagi
C. PNS masih sebagai pelaksana di unit yang pertama kali saya diterima
D. Belum tahu karena sepenuhnya tergantung pada nasib
E. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya

87. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan
Kepangkatan. Respon saya adalah …
A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat
B. Dengan bangga saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
C. Memberitahukan anggota keluarga tentang hasil keputusan rapat
D. Memberitahu sahabat saya dikantor tentang hasil keputusan rapat
E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya

88. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal?hal
yang menjadi kewajiban saya, maka saya …
A. Mencari kambing hitam penyebab masalah
B. Akan bertanggung jawab
C. Membiarkan masalah tetap berlangsung
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah
E. Melihat sejauh mana apakah saya terlibat di dalamnya

89. Saya sedang mengerjakan pekerjaan kantor, yang harus selesai besok pagi. Tiba?tiba teman
datang dengan wajah cemberut dan tampaknya ingin mengeluarkan isi hatinya kepada saya.
Atas kejadian itu saya …
A. Memohon kepadanya untuk tidak mengganggu saya karena sedang sibuk
B. Meninggalkan pekerjaan saya dan mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian
C. Meninggalkan pekerjaan serta memberi berbagai alternatif penyelesaian
D. Tetap mengerjakan sambil mendengarkan ceritanya
E. Meneruskan pekerjaan dan berusaha untuk tidak memperdulikan keinginan teman saya

90. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga
keharasiaannya. Ketika saya berada di antara teman?teman dekat di kantor, saya …
A. Suka menerima masukan demi masukan dalam rangka pengembangan tugas baru saya
B. Membicarakan hal?hal lain yang tidak ada kaitannya dengan tugas baru saya
C. Membatasi pembicaraan agar tidak menyangkut ke hal?hal tugas baru saya
D. Akan merasa gelisah dan kurang senang bila mereka mulai membicarakan tugas baru saya
E. Akan mengalihkan ke pembicaraan lain bila mereka sudah mulai menyinggung tugas baru
saya

91. Organisasi sedang mengalami permasalahan internal seputar manajemen keuangan. Pendapat
saya terhadap kondisi ini adalah …
A. Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan mencoba memberikan
alternatif solusi kepada pimpinan
B. Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
C. Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
D. Pastikan bahwa kepala keuangan bertanggungjawab penuh terhadap masalah ini
E. Perlu membeberkan permasalah kepada seluruh jajaran organisasi

92. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan
Kepangkatan. Respon saya adalah …
A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat
B. Dengan bangga saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
C. Memberitahukan anggota keluarga tentang hasil keputusan rapat
D. Memberitahu sahabat saya dikantor tentang hasil keputusan rapat
E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya

93. Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal?hal
yang menjadi kewajiban saya, maka saya …
A. Mencari kambing hitam penyebab masalah
B. Akan bertanggung jawab
C. Membiarkan masalah tetap berlangsung
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah
E. Melihat sejauh mana apakah saya terlibat di dalamnya

94. Saya sedang mengerjakan pekerjaan kantor, yang harus selesai besok pagi. Tiba?tiba teman
datang dengan wajah cemberut dan tampaknya ingin mengeluarkan isi hatinya kepada saya.
Atas kejadian itu saya …
A. Memohon kepadanya untuk tidak mengganggu saya karena sedang sibuk
B. Meninggalkan pekerjaan saya dan mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian
C. Meninggalkan pekerjaan serta memberi berbagai alternatif penyelesaian
D. Tetap mengerjakan sambil mendengarkan ceritanya
E. Meneruskan pekerjaan dan berusaha untuk tidak memperdulikan keinginan teman saya

95. Saya dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga
keharasiaannya. Ketika saya berada di antara teman?teman dekat di kantor, saya …
A. Suka menerima masukan demi masukan dalam rangka pengembangan tugas baru saya
B. Membicarakan hal?hal lain yang tidak ada kaitannya dengan tugas baru saya
C. Membatasi pembicaraan agar tidak menyangkut ke hal?hal tugas baru saya
D. Akan merasa gelisah dan kurang senang bila mereka mulai membicarakan tugas baru saya
E. Akan mengalihkan ke pembicaraan lain bila mereka sudah mulai menyinggung tugas baru
saya

96. Organisasi sedang mengalami permasalahan internal seputar manajemen keuangan. Pendapat
saya terhadap kondisi ini adalah …
A. Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan mencoba memberikan
alternatif solusi kepada pimpinan
B. Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
C. Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
D. Pastikan bahwa kepala keuangan bertanggungjawab penuh terhadap masalah ini
E. Perlu membeberkan permasalah kepada seluruh jajaran organisasi

97. Atasan yang saya sukai adalah yang …
A. Sangat disiplin dan selalu meminta saya menunggu keputusan yang diambilnya sebelum
suatu pekerjaan dilaksanakan
B. Selalu menanyakan pendapat dan ide dari saya sebagai bahan masukan untuk suatu
pekerjaan yang dilakukannya
C. Senantiasa mendelegasikan wewenangnya pada saya
D. Tidak terlalu membantu saya menyelesaikan tugas, namun sebaliknya berharap saya
mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa sering berkonsultasi kepadanya
E. Selalu member petunjuk yang jelas atas pekerjaan yang akan saya kerjakan

98. Saya ingin rekan?rekan kerja saya melihat kualitas diri saya yang terbaik sebagai seorang yang …
A. Inovatif dan kreatif
B. Disiplin dan penurut
C. Mampu beradaptasi dan ramah
D. Dapat memutuskan sendiri dan realistis
E. Percaya diri dan mandiri

99. Kondisi kerja yang paling saya harapkan adalah kondisi yang …
A. Menghasilkan pendapatan tambahan bagi saya
B. Menyediakan stabilitas pekerjaan kepada saya
C. Memberikan kemungkinan promosi jabatan bagi saya
D. Memberi kesempatan kepada saya untuk beraktualisasi diri
E. Memotivasi saya untuk bekerja lebih giat

100. Pimpinan kantor menggelar rapat kerja membahas penyusunan rencana kerja untuk
tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun
depan. Respon saya adalah …
A. Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan meskipun nantinya ide
tersebut tidak diterima
B. Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan
C. Akan mengajukan suatu ide kegiatan jika diminta oleh pimpinan
D. Mungkin berminat untuk mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan tergantung
situasi dan kondisi
E. Ragu?ragu untuk mengajukan suatu ide kegiatan karena akan kecewa jika tidak diterima


TES BAKAT SKOLASTIK

1. TEST VERBAL
Bacalah kutipan makalah dibawah ini dengan baik kemudian jawablah pertanyaan diakhir makalah ini.

Peristiwa-peristiwa bisa diurut disamping atau diatas yang lain suatu susunan. Dari padanya muncul alur-alur yang menjadi bernang merah yang disebut cerita.Bila cerita tersebut bukan tentang dongeng dalam dunia khayal, akan tetapi tentang peristiwa masa lalu dan terutama tentang apa sesungguhnya masa lalu itu, maka hampir semua orang setuju untuk menyebut sejarah, maka dalam sejarah ada susunan fakta, urutan kejadian satu sesudah yang lain.
Namun ternyata bahwa sejarah bukan semata-mata urutan fakta. Bila sejarah semata-mata difahami sebagai kronikl maka sudah dari mula cakrawalanya dipersempit . Sejarah dalam pengertian kronik ini menjadi statis.
Sejarah lebih sekedar kronik karena dalam sejarah juga terkandung pikiran yang hidup dari dan tentang masa lampau. Dalam hubungan itu tugas historiografi bukan saja mencari kebenaran masa lampau akan tetapi berdasarkan itu memperbandingkan dengan masa kini dan agaknya Benedetto Croce sejarawan Italia tidak terlalu jauh meleset bila dia katakan sejarah yang benar adalah sejrah masa kini.
Dia buikan lagi fakta tetapi sejarah menjadi proses yaitu interaksi yang tak berkeputusan antara manusia dan manusia lain di masa kini yang mengambil dimensi Kelampauan dan Kekinian dan sejarah juga adalah proses dialog antara manusia masa lampau dan manusia masa kini. Maka sejarah tampil sebagai suatu totalitas.
Namun cara bagaimana dialog berlangsungsering membangkitkan masalah. Struktur sosial dan politik masyarakat masa kini sangat menentukan corak atau untuk lebih tepat dimensi sejarah yang ditulis. Bilamana kesadaran yang dibangkitkan sejarah memperkaya kepribadian Nasional bilamana dialog dalam sejarah mampu merumuskan jawaban bagi tantangan masa kini maka dialog dengan sejarah menentukan bentuknya.Sejarah yang diambil dalam arti sebenarnya tidak lebih dari usaha mencari legitimasi. Dimana masa lampau bukan pendamping tatapi taklukan. Monologia terjadi bila mana kepentingan menjadi segala-galanya. Berdasarkan kepentingan peranan yang dulu pernah dimainkan, dilebih-lebihkan. Maka sejarah menjadi sama keringnya seperti sejarah dalam arti kronik.
Siapakah dalam tingkatan sekarang memutuskan bahwa kemerdekaan adalah semata-mata perjuangan bersenjata dan bukan diplomasi? Sebaliknya, siapakah berani mengatakan bahwa kemerdekaan semata-mata direbut oleh diplomasi dan bukan dengan perjuangan bersenjata? Diskusi tentang ini mungkin berjalan tak berpenghabisan.
Akan tetapi yang bisa diamati adalah bahwa struktur sosial dan politik masa kini memgang peranan menentukan jenis konfigurasi fakta-fakta yang berada diseputar Indonesia fakta mencair. Titik berat bergeser warna karena kemerdekaan menjadi sumber tertinggi dalam memberikan legitimasi bagi setiap kelompok yang berusaha menjadi penguasa. Setiap kali orang berusaha mematikan dialog dalam sejarah kelihatan bahwa sejarah telah diturunkan menjadi hanya sebuah kronik kering yang tidak menggairahkan. Dalam hal ini tersebut bias sedemikian rupa sehingga usaha untuk membangkitkan semangat kepahlawanan menjadi penting.
Sejarah kemerdekaan adalah episode dalam sejarah yang paling banyak mengalami penulisan ulang. Ditilik dari sejarah sebagai dialogis penulisan ulang adalah usaha menarik, karena dalam setiap proses penulisan ulang tersebut tercatat pula perkembangan baru yang tadinya tidak dilihat pernah ada saat dimana dimasa-masa diseputar merebut dan mempertahankan kemerdekaan disebut revolusi. Namun kini kata itu tidak lagi mendapat tempat tetapi diganti dengan perang kemerdekaan dan setiap saat cdihidupkan dalam visualisasi sebagai perang. Pergeseran ini bukan saja menunjukkan sejarah, yaitu memutarbalikkan proses dan membuatnya menjadi hanya satu arah sedemikian rupa menjadi monologia.
Namun bilamana hal ini terlalu jauh berlangsung atau bilamana kepentingan legitimasi berada diatas segala-galanya sehingga dialog dengan sejarah terputus, maka sekali lagi sejarah mengalami penyempitan cakrawala. Fakta menjadi identik dengan keberhasilan dan setiap keberhasilan menjadi legitimasi baru. Tetapi dengan itu dia membunuh dialog. Dan setiap kali dialog dengan sejarah dimatikan maka sejarah bukan lagi sejarah.

Pilih salah satu jawaban yang paling tepat berdasarkan cerita diatas.

Bila cerita bukan tentang dongeng dalam dunia khayalan akan tetapi tentang peristiwa masa lalu dan terutama tentang apa sesungguhnya rupa masa lalu maka disebut …..

a. Legenda
b. Prosa
c. Cerita
d. Puisi
e. History

2.Bila dalam sejarah hanya ada susunan fakta urutan kejadian satu sesudah yang lain. Maka sejarah itu difahami sebagai …..
a. History
b. Kronik
c. Legendaa
d. Dongeng
e. Epos

3.Cerita Si Maling Kundang dari Sumatera Barat dapat dimaksudkan dalam kategori ….
a. History
b. Kronik
c. Legenda
d. dongeng
e. Epos

4.Menurut penulis cakrawala sejarah yang dipersempit menimbulkan pengertian sejarah yang statis, artinya sejarah …..
a. Merupakan catatan angka-angka mati.
b. Adalah hanya gambaran masa lalu.
c. Tidak dapat diinterprestasikan lain.
d. Tidak berkaitan dengan perubahan.
e. Merupakan pandangan kepentingan negarawan.

5. Para ahli sejarah menyarankan bahwa sejarah yang benar adalah……
a. Menceritakan kejadian masa lalu yang tidak dapat dibantah.
b. Pandangan manusia masa kini terhadap masa lalu.
c. Interaksi manusia masa kini dan manusia masa lampau yang nyata.
d. Dimensi dimasa lampau yang diterapkan dalam masa kini.
e. Menceritakan masa lampau dengan versi masa kini.

6.Pikiran yang hidup dalam sejarah dimungkinkan sebab peristiwa-peristiwa dalam sejarah merupakan ….
a. Pengalaman manusia hidup.
b. Kebenaran masa lalu yang nyata.
c. Berhubungan dengan masa kini.
d. Dialog antara manusia dengan manusia.
e. Perbandingan peristiwa manusiawi.

7.Dalam tulisan diatas penulis berkesimpulan bahwa dalam sejarah Indonesia kemerdekaan adalah hasil dari …..
a. Semata-mata hasil perjuangan bersenjata.
b. Semata-mata hasil perjuangan diplomasi.
c. Hasil diplomasi dan perjuangan bersenjata.
d. Hasil dari diskusi bebrapa negara.
e. Penekanan dari negara adikuasa.

8.Titik berat historis bergeser warna karena kemerdekaan menjadi sumber tertinggi dalam memberikan legitimasi bagi setiap kelompok yang berusaha menjadi penguasa. Kesimpulan penulis tidak benar karena ….
a. Legitimasi Penguasa didapat dari dukungan rakyat banyak.
b. Legitimasi Penguasa didapat dari kekuatan bersenjata.
c. Legitimasi Penguasa didapat dari kekayaan yang berkuasa.
d. Legitimasi Penguasa didapat dari sokongan negara Adikuasa.
e. Legitimasi Penguasa didapat dari dukungan makhluk halus.

9.Sejarah Indonesia abad ke 20 yang paling banyak berkembang ditulis kembali adalah pada dekade ……
a. 1910 – 1919
b. 1920 – 1929
c. 1930 – 1939
d. 1940 – 1949
e. 1950 – 1959

10.Usaha mencari legitimasi adalah usaha mencari ….
a. Dukungan rakyat
b. Alat pembenar.
c. Dukungan pengacara.
d. taklukan hukum.
e. Dukungan resmi.

11.Perkataan merebut dan mempertahankan kemerdekaan dulu disebut revolusi, kini kata itu diganti dengan Perang Kemerdekaan. Pergantian itu disebabkan karena ……
a. Perkataan lama kurang modern.
b. Perkataan lama berkonotasi kekuatan politik
d. Karena kemerdekaan memang dihasilkan oleh Perang Kemerdekaan semata-mata.
e. Karena sebenarnya tidak terjadi revolusi.

12. Menurut uraian tersebut, sejarah Indonesia yang makin banyak versinya adalah bagian sejarah yang penting bagi ………
a. Kebangsaan nasional.
b. Kepribadian bangsa.
c. Kelestarian kemerdekaan.
d. Kesahihan kekuasaan.
e. Penghargaan kepahlawanan.

13. Menurut penulis salah satu cara menakhklikkan sejarah yang dilakukan oleh penulis versi baru adalah …..
a. Memperbesar peran seorang tokoh.
b. Menghilangkan jasa seorang pahlawan.
c. Memutarbalikkan peristiwa lampau.
d. Mengganti jenis permainan fakta.
e. Membangkitkan rumusan kepentingan.

14. Penulis mengatakan bahwa fakta menjadi identik dengan litania keberhasilan karena …..
a. Terbunuhnya dialog.
b. Adanya legitimasi baru.
c. Sejarah tidak benar lagi.
d. Yang tidak berhasil bukan lagi fakta.
e. Fakta yang berhasil diagungkan lagi.

15. Uraian tersebut menekankan bahwa titik berat sejarah ada pada……
a. Peristiwa masa lampau.
b. Peristiwa masa kini.
c. Uraian peristiwa yang benar.
d. Kebenaran masa kini.
e. Kebenaran masa lampau.

16. TIMUR : SELATAN : TENGGARA :…….
a. barat : uatara : barat daya
b. selatan : barat : barat daya
c. pasti : tidak mungkin : mungkin
d. jelas : pasti : tidak mungkin
e. timur : barat : utara

17. SAYA : ANDA : KITA : …..
a. anda : dia : mereka
b. kami : dia : mereka
c. dia : dia : kami
d. sirup : minuman
e. jeruk : air manis

18. PRIBADI : KELOMPOK : MASYARAKAT : ….
a. saya : kita : mereka
b. huruf : kata : roman
c. jarang : sering : selalu
d. padi : karung : lumbung
e. makan : minum : perbuatan

19. JARANG : KADANG-KADANG : SERING : …..
a. tidak : mau : sama sekali
b. sedikit : banyak : ratusan
c. wajar : enak : nikmat
d. dahan : ranting : daun
e. buruk : cantik : berseri

20. SELAMAT : BAHAYA : HATI-HATI : …….
a. Pernagi : kebiuasaan : nasehat
b. Berhasil :soal : tekun
c. Rajin : malas : berlatih
d. Ramah : musuh : benci
e. Gagal : ujian : bodoh

21. TERMOMETER : TEMPERATURE : JAM : ……
a. Dingin
b. Waktu
c. Arloji
d. beku
e. mendidih

22. TELUR : AVOID : ……….: DUNIA
a. Spheroid
b. Android
c. Mongoloid
d. jantan
e. betina

23.POTENSIAL : AKTUAL : ……..: YANG AKAN DATANG
a. Dini
b. Lama
c. Mungkin
d. kini
e. pasti

24. KOMPETISI : KOOPERSI : ………: RIVAL
a. Lama
b. Musuh
c. Main
d. kawan
e. dagang

25. PENYAKIT : PATOLOGI : ………..: CUACA
a. Astronomi
b. Fisika
c. Metrologi
d. Meteorologi
e. Antropologi

26. Passage 1
The process of modernization is irreversible. The trend towards nuclear family willmanifold. Appropriate social policies must be implemented not to reverse the tide, which is imposible, but to slow down to manageable proportions.

What is the passage mainly about?
a. Modernisation must be slowed down.
b. The nuclear family system should be discouraged.
c. Theris an increasing need for the elderly.
d. Social policies can stop trends to towards social changes.
e. Up to date nuclear family.

27. Suitable social policies are meant to …..
a. Change the whole trend.
b. Set up more institutions.
c. Slow down everything.
d. Adjust the trend to the presently existing conditions.
e. Continued the trend.

28.Passage 2
Inflation is worl wide. Goverments are toppling. Individual do not understand inflation anda blame their leader. Their leaders may indeed be at fault, but beyond domestic transgression, there is the global problem. It would be sad if the same citizens who see obly their own local problem followed the same provincialism in seeking nationalistic remedies – quotas tarrifs, and beggar-my-neighbour restrictions. Theis could turn global inflation into global reccesion.

The passage is talking about …..
a. Neighbour restriction
b. Domestic transgression
c. Global inflation
d. Nationalistic remedies
e. Worlwide recession

29. Which of the statements in not true?
a. Individual citizens do not know there is inflation
b. Inflation is not local but international.
c. There is global problem beyond domestic transgression.
d. The governments are to be blame, too
e. Global inflation could lead to global recession

30. Immigration officer : “Would you mind showing your travel documents?”
Passanger : “Do I have to?”
Immigration officer : “Yes ……That’s the rule!”
a. I’d be happy.
b. If you don’t vmind
c. It would be a pleasure.
d. You are supposed to
e. That’s very kind of you.

TEST NUMERIK
Isilah angka berikutnya!

31.Isilah angka berikutnya

soal 31. 2…4…6…8…10…?

soal 32. 4…6…9…13…18…?

soal 33. 4…8…16..32…64…?

soal 34. 18…20…24…32…48…?

soal 35. 1…4…9…16…25…?

soal 36. 2…2…3…3…4…?

soal 37. 1…9…2…10…3…?

soal 38. 50…40…100…90…50…?

soal 39. 64…63…65…64…66… ?

soal 40. Isilah angka pada kotak yang kosong

5…8…10…?

4…7…11…?

soal 41. Isilah angka yang tepat!

2….8….11….19….?

4….6….13….17….?

soal 42. Isilah angka yang kosong!

4…..12…..?…..18

108…36…..162…..54

soal 43. Isilah angka yang kosong!

4…3…2

5…1…3

2…6…?

soal 44. Lengkapilah angka dalam kurung!

9…….(32……7

8…….(…)……9

soal 45. Lengkapilah angka dalam kurung!

14……(48)…..10

11……(….)…..15

46. Suatu lembaran seng lebarnya 4 2/3 kaki (empat dua per tiga kaki). 1 kaki = 30 cm. Seng ini dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang masing-masing 4 inchi (1 inchi = 2 1/2 cm) Berapakah potongan (bagian) yang diperoleh dari lembaran tersebut …..
a. 16 potong
b. 12 potong
c. 23 potong
d. 24 potong
e. 14 potong

47. Rumah Amir jaraknya 1 1?2 km dari kantornya, bila ia berjalan rata-rata 41?2 km tiap jamnya. Berapa jamka yang ditempuh untuk berjalan pergi pulang selama satu minggu (satu minghgu dihitung 6 hari kerja dan ia tidak pernah makan siang dirumah)?
a. 4 jam
b. 6 jam
c. 4 ½ jam
d. 24 jam
e. 1/3 jam

48. Penjual mengantar 9 mangkok soup ke sebuah ook. Dia hanya mampu membawa 2 mangkok soup. Berapakah penjual harus pergi untuk mengantar 9 mangkok soup tersebut?
a. 3 kali
b. 4 kali
c. 5 kali
d. 6 kali
e. 9 kali

49. Seorang pembuat jalan harus memasang tegel yang panjangnya6 dm dan tebalnya 40 cm, ia membutuhkan 600 buah tegel. Berapaka meter persegikah jalan itu?
a. 240 m2
b. 244 m2
c. 142 m2
d. 144 m2
e. 146 m2

50. Nilai Peter termasuk urutan ke 16 dari atas dan juga urutan ker 16 daari bawah dalam kelasnya. Berapakah banyaknya siswa dalam kelas tersebut?
a. 16 orang
b. 26 orang
c. 30 orang
d. 31 orang
e. 32 orang

51. Seorang memiliki rumah yang harganya Rp. 9.000.000,00. Dalam penilaian pajak rumah itu dinilai dua pertiga (2/3) dari harga tersebut diatas pajaknya 12,50 tiap Rp. 1000,00. Berapakah pajak yang harus dia bayar?
a. Rp 750.000,00
b. Rp 95.000,00
c. Rp 75.000,00
d. Rp 112.500,00
e. Rp 1.125.000,00

52. Bilangan mana yang terbesar?
a. ¼ dari 236
b. 1/16 dari 1028
c. 1/13 dari 741

53. Yang manakah yang salah?
a. 9/4 + 175 = 4
b. 4/5 + 22 = 4
c. 6/5 + 28 = 4
d. 6/4 + 15 = 4
e. 9/6 + 25 = 4

54. Berapakah nilai untuk tanda yang diberi garis?

1/5…..4…….3/5…..8…….1

1/3…..1…….11/3….233…..3

¼…….1…….1 ¾…..25……3 ¼

1/8…..625…..1 1/8…1625….?

55. Berapakah nilai selanjutnya untuk yang didalam kurung?

305……….(6165)……13

280……….(5670)……14

145……….(2925)……5

70………..(1415)……3

25………..(…..)…….1

57. Jika PIG/8 = D dan DOG/13 = B Bagaimana dengan CAT/4 = ?

58. Berapakah nilai selanjutnya deret ini?
625…..1296….25……36……5…….?

59. Yang mana yang berlainan?
a. 15/16
b. 11/13
c. 2/3
d. 4/7
e. 5/17

61. V(2 – 0,56).V(1 – 0,64) = …
a. 1.34
b. 1,70
c. 1,80
d. 1,96
e. 2,01

62. (2 x 15/3) (2/3)² =
a. 8 1/3
b. 9 1/3 c. 9 5/9 d. 9 4/9
e. 8 2/1

63. berapakan nilai dari 1.036/0,04
a. 108,33
b. 25,90
c. 259
d. 2590
e. 28,33

64. Berapakah 6/7 dari 87,5% ?
a. 125
b. 75
c. 259
d. 2590
e.38,33

65. 15 = 37,5% dari …
a. 35
b. 40
c. 45
d. 37,5
e. 42,5

66. V(1 – 0,51).V(1 – 0,36) = …
a. 0,92
b. 0,85
c. 0,72
d. 1,50
e. 2,85

67. Berapakah 66,67% dari 963,7?
a. 63,56
b. 635,58
c. 642,5
d. 64,20
e. 645,2

68. 204,9 : 54,7 = ….
a. 4,77
b. 4,07
c. 4,70
d. 3,74
e. 3,87

69. V(6² + 8²) = …
a. 48
b. 14
c. 10
d. 9
e.11

70. 304,09 : 64,7 = ….
a. 0,407
b. 1,07
c. 4,70
d. 0,47
e. 47

71. 0,25 = …
a. 0,0025
b. 0,625
c. 0,0625
d. 6,25
e. 0,00625

72. 1/16 = berapa persen?
a. 16,25
b. 6,25
c. 1,65
d. 0,625
e. 0,165

73. 0,875 : 1¼ = ….
a. 0,75
b. 0,70
c. 0,68
d. 0,65
e. 0,71

74.Nerapa nilai dari V5.100 + 525 = …
a. 67,6
b. 68,4
c. 75,0
d. 101,7

75. V23² + 696 = …
a. 399
b. 35
c. 1,225
d. 6,25
e. 25

76. Jika p = 4 dan q = 3 serta r = (p+q)/r
a.8 4/5
b.8 2/5
c.70/12
d.3 5/6
e. 5 10/12

77. Berapakah 33 % dari 163 ?
a. 53,79
b. 54,33
c. 543
d. 5,37
e. 5379

78. Jika p = 2 dan q = 3 serta r = p + 2pq + q, berapakah pqr?
a. 150
b. 6/25
c. 6
d. 75
e. 50

79. 4,036 : 0,04 = …
a. 1,009
b. 10,9
c. 10,09
d. 100,9
e. 109

80.Seorang ingin memasang iklan sebanyak 3 baris untuk menjual barangnya. Untuk hari pertama ia harus membayar Rp 250,00 tiap baris. Untuk 5 hari berikutnya ia harus membayar Rp 150,00 tiap baris dan unutk hari-hari berikutnya ia membayar Rp 100,00 tiap baris. Ia membayar Rp 6.000,00 berapa hari iklan itu terpasang?
a. 20 hari
b. 30 hari
c. 16 hari
d. 40 hari
e. 15 hari

81.Edi biasa bekerja 6 jam sehari. Ia bekerja dari jam 8.00 pagi. Hari ini ia bekerja sampai jam 15.15. Berapa menit lebih lamakah ia bekerja hari ini?
a. 92
b. 82
c. 74
d. 75
e. 72

82.Bila roda berputar 9 kali maka roda kedua berputar 24 kali. Bila yang pertama berputar 27 kali berapa kali perputaran roda yang kedua?
a. 92 kali
b. 82 kali
c. 74 kali
d. 84 kali
e. 72 kali

83. Dua buah baja yang berpenampang lingkaran masing-masing mempunyai jari-jari 1½ cm dan 0,625 cm. Berapa beda diameter antara kedua penampang tersebut?
a. 0,750 cm
b. 1,750 cm
c. 0,875 cm
d. 1,55 cm
e. 0,725 cm

84. 2x = 64 , 3y = 81 maka
a. x > y
b. x <>
c. x = y
d. x dan y tidak dapat ditentukan

85. 6 : 9 + 7 x 9 – 5 x 9 =
a. 2,66
b. 9,66
c. 12,66
d. 18,66
e. 45,66

86. (a³ x b-4)-2 =
a. a6 / b6
b. b6/a
c. b8/ a6
d. a5 / b2
e. a6 / b8

87. Bila x – y > 0 dan y > 1, maka =
a. x > 0
b. x < style="color: rgb(255, 0, 0);"> c. x > 1
d. 1 <>

88. Berapa biaya yang diperlukan untuk mengecat dinding yang panjangnya 13 m dan tingginya 4 m, bila per m2 diperlukan biaya Rp 4.500,00?
a. Rp 207.000,00
b. Rp 216.000,00
c. Rp 223.000,00
d. Rp 234.000,00
e. Rp 243.000,00

89. Empat buah segitiga pada gambar luasnya sama. Berapa luas seluruh bidang pada gambar ?

a. 48
b. 32
c. 24
d. 16

92. Sebuak kotak mempunyai ketebalan 3 cm. Bila panjang 15 cm dan tebalnya 10 cm. Berapa isi kotak itu ?
a. 450
b.350 cm3
c.225 cm3
d.150 cm3
e.135cm3

93. Amir akan membuat poster menyambut sumpah pemuda. Ia merancang poster berbentuk segitiga dengan tinggi 12 meter. Kalau luas poster = 96 meter, berapakah alasnya?
a. 36 m
b. 26m
c. 18m
d.16m
e.8m

94. SUMBANG :
a. Tak sinkron
b. Tak serasi
c. Tak Selaras
d. Tak seimban
e. Tak sependapat

95. RAMBANG :
a. Rombeng
b. Perlambang
c. Acak
d. Acak-acakan
e. Tanpa dipilih

96. ACUM :
a. Pacuan
b. Pemacu
c. Rujukan
d. Peregangan
e. Pedoman

97. BAKU :
a. Pokok
b. Standar
c. Umum
d. Normal
e.Asli

98. LIGA :
a. Persahabatan
b. Legal
c. Lugas
d. Lugu
e. Perserikatan

99. PANDUAN :
a. Aturan
b. Petunjuk
c. Pegangan
d. Pedoman
e. Rintisan

100. PERBENA :
a. tanaman hias
b. Menjalar
c. rapat
d. Menyerupai hamparan
e. Ikan hias

TEST POTENSI AKADEMIK

1.1 Test Persamaan Kata

1. EVOKASI :
a. Penggugah rasa
b. Penilaian
c. Perubahan
d. Pengungsian
e. Ijin menetap

Answer: a

2. BAKU :
a. Perkiraan
b. Standar
c. Umum
d. Normal
e. Asli

Answer: b

3. PROTESIS :
a. Hipotesis
b. Praduga
c. Thesis
d. Disertasi
e. Buatan

Answer: e

4. DIKOTOMI :
a. Dibagi dua
b. Dua kepala
c. Kembar dua
d. Dua kekuatan
e. Dwi fungsi

Answer: a

5. SINE QUA NON :
a. Tiada berair
b. Harus ada
c. Air mineral
d. Kelengkapan
e. Selalu negatif

Answer: b

6. ANDAL :
a. Dampak
b. Lingkungan
c. Tangguh
d. Bebal
e. Terkebelakang

Answer: c

7. NARATIF :
a. Prosa
b. Puisi
c. Deskriptif
d. Timbal balik
e. Terinci

8. KISI-KISI :
a. Alat menangkap ikan
b. Alat hitung
c. Tabel
d. Terali
e. Pola kerja

Answer: d

9. RABAT :
a. Tambah gaji
b. Potongan
c. Keuntungan
d. Pembayaran kembali
e. Jera mengulangi

Answer: b

10. MUDUN :
a. Problema
b. Beradab
c. Referensi
d. Setuju
e. Mufakat

Answer: b

11. KEDAP :
a. Keragu-raguan
b. Rapat
c. Tembus
d. Kelambatan
e. Panganan

Answer: b

12. KESAHIHAN :
a. Keberlakuan
b. Kesalahan
c. Kematangan
d. Kemantapan
e. Kebenaran

Answer: e

13. MOTILITAS :
a. Angka kematian
b. Sebangsa hewan
c. Gerak
d. Dorongan
e. Pukulan

Answer: c

14. TRANSEDENTAL :
a. Bergerak
b. Berpindah
c. Kesinambungan
d. Abstrak
e. Tembus pandang

Answer: c

15. INSOMNIA :
a. Tidur
b. Cemas
c. Sedih
d. Tak bisa tidur
e. Kenyataan

Answer: d

16. ASUMSI :
a. Kesimpulan
b. Ramalan
c. Anggapan
d. Perbandingan
e. Rekaan

Answer: c

17. MENGECOH :
a. Mengaduk
b. Mengakali
c. Berbuat curang
d. Membuat kacau
e. Memotong kecil-kecil

Answer: b

18. DITENGAK :
a. Disepak keatas
b. Ditendang dengan bangga
c. Dipotong melintang
d. Ditelan bulat-bulat
e. Diminum sedikit-sedikit

Answer: d

19. SUTRADARA :
a. Pemimpin acara
b. Penulis naskah
c. Pengatur skenario
d. Menager tontonan
e. Pengarah adegan

Answer: e

20. PEMUGARAN :
a. Pemeliharaan
b. Pembongkaran
c. Pembangunan
d. Perbaikan
e. pelestarian

Answer: d

2.Test Lawan kata

21. KENDALA :
a. Kekerasan
b. Pendukung
c. Manifestasi
d. Bimbingan
e. Gejala

Answer: b

22. EKSRINSIK :
a. Eksentrik
b. Individual
c. Konsensus
d. Internal
e. Keserasian

Answer: d

23. PROMINEN :
a. Terkemuka
b. Pendukung
c. Biasa
d. Setuju
e. Pelapor

Answer: c

24. DEDUKSI :
a. Induksi
b. Konduksi
c. Reduksi
d. Transduksi
e. Intuisi

Answer: a

25. IMIGRASI :
a. Migrasi
b. Transmigrasi
c. Emigrasi
d. Pemukiman
e. Larangan masuk

Answer: c

26. SEKULER :
a. Ilmiah
b. Duniawi
c. Rokhaniah
d. Keagamaan
e. tradisional

Answer: d

27. BONGSOR :
a. Menumpuk
b. Tertua
c. Kerdil
d. Macet
e. Susut

Answer: c

28. EPILOG :
a. Hipolog
b. Dialog
c. Monolog
d. Analog
e. Prolog

Answer: e

29. MANDIRI :
a. Intimasi
b. Interaksi
c. Korelasi
d. Dependen
e. Invalid

Answer: d

30. SUMBANG :
a. Kokoh
b. Tepat
c. Mirip
d. Laras
e. Imbang

Answer: b

31. BERSIMBAH :
a. Kusut
b. Kering
c. Gersang
d. Bebas
e. Bertahan

Answer: b

32. TERKATUNG :
a. Melayang
b. Pasti
c. Ombak
d. Terperosok
e. Terbenam

Answer: e

33. ELEKTRIK :
a. Radikal
b. Spiritual
c. Konsklusi
d. Cemerlang
e. Tak pilih-pilih

Answer: e

34. NOMANDIK :
a. Menetap
b. Mapan
c. Sesuai norma
d. Anomali
e. Tak teratur

Answer: a

35. PROPOSISI :
a. Konklusi
b. Raksi
c. Persepsi
d. Posisi
e. Proposisi

Answer: b

3. Test Padanan Hubungan
36. SEMINAR:SARJANA=
a. Akademi : taruna
b. Rumah sakit : pasien
c. Ruang pengadilan : saksi
d. Konservator : seniman
e. Perpustakaan : penelitian

Answer: e

37. FIKTIF : FAKTA =
a. Dagelan : sandiwara
b. Dongeng : peristiwa
c. Dugaan : rekaan
d. Data : estimasi
e. Rencana : projeksi

Answer: b

38. MATA : TELINGA =
a. Jari : tangan
b. Lidah : hidung
c. Kaki : paha
d. Lutut : siku
e. Perut : dada

Answer: b

39. UANG : PUNDI-PUNDI =
a. Bunga : jambangan
b. Gelas : nampan
c. Air : tempayan
d. Buku : percetakan
e. Rokok : asbak

Answer: c

40. POHON : BUAH =
a. Domba : daging
b. Sapi : susu
c. Telur :ayam
d. Jentik : nyamuk
e. Ketam : sapit

Answer: b

41. SENAPAN : BERBURU =
a. Kapal : bertabuh
b. Kereta : langsir
c. Pancing : ikan
d. Perangkap : menangkap
e. Parang : mengasah

Answer: d

42. BATA : TANAH LIAT =
a. Batu : pasir
b. Tembikar : keramik
c. Bunga : buah
d. Beton : semen
e. Kertas : buku

Answer: d

43. PANAS: API =
a. Hujan : awan
b. Abu : arang
c. Terang : matahari
d. Hangat : listrik
e. Dingin: beku

Answer: c

44. KULIT : SISI =
a. Tegel lantai
b. Rumah : kamar
c. Keramik :mozaik
d. Dinding :cat
e. Atap : genteng

Answer: e

45. METEOROLOGI : CUACA =
a. Astronomi : fisika
b. Garantologi : keturunan
c. Padagogik : sekolah
d. Patologi : penyakit
e. Antropologi : fosil

Answer: d

46. LAPAR : NASI =
a. Haus :air
b. Mual : obat
c. Mengantuk : melamun
d. Bosan : tidur
e. Membaca : gambar

Answer: a

47. KEPALA : HELM =
a. Sabut : kelapa
b. Rumah : atap
c. Jari : concin
d. Album : foto
e. Kaki : kaus

Answer: b

48. TUNTUNAN : SANTUNAN =
a. Undian : hadiah
b. Permintaan : pemberian
c. Persediaan : penawaran
d. Rusak : ganti rugi
e. Tabungan : pembelanjaan

Answer: b

49. RAMBUT : GUNDUL =
a. Bulu : cabut
b. Mobil : mogok
c. Botak : kepala
d. Pakaian : bugil
e. Lantai : licin

Answer: d

50. DIAMETER : LINGKARAN =
a. Diagonal : segi empat
b. Luas : panjang
c. Tinggi : segi tiga
d. Sudut : tegak lurus
e. Radius : busur

Answer: a

5. Test Aritmatik
51. (55 + 30)² =
a. 7175
b. 7125
c. 7225
d. 9025
e. 8025

Answer: c

52. 28 adalah berapa persen dari 70
a. 50
b. 40
c. 30
d. 25
e. 20

Answer: b

53. V(9/4 x 16/81) =
a. 25/81
b. 4/9
c. 2/3
d. 2 7/9
e. 7/9

Answer: c

54. Berapakah 33% dari 163
a. 53,79
b. 54,33
c. 543
d. 5,37
e. 5379

Answer: a

55. 2 ¼ : 4/11 =
a. 2 ¼
b. 6 3/16
c. 6 5/8
d. 36/44
e. 97/16

Answer: b

56. 3 = berapa persennya 20
a. 0,66
b. 6 2/3
c. 0,15
d. 0,60
e. 15

Answer: e

57. 4,036: 0,04 =
a. 1,009
b. 10,9
c. 10,09
d. 100,9
e. 109

Answer: d

58. Jika p=2 dan q=3
Serta r=p² + 2pq+q²
Berapakah : pqr ?
a. 150
b. 6/25
c. 5
d. 75
e. 50

Answer: a

59. V(23² + 696) =
a. 399
b. 35
c. 1225
d. 625
e. 25

Answer: b

60. 0,875 : 1 ¼ =
a. 0,75
b. 0,70
c. 0,68
d. 0,56
e. 0,71

Answer: b

61. 0,25² =
a. 0,0025
b. 0,625
c. 0,0625
d. 6,25
e. 0,00625

Answer: c

62. 304,09 : 64,7 =
a. 0,407
b. 4,07
c. 4,70
d. 0,47
e. 47

Answer: c

63. V(2-0,56) + V(1-0,64) =
a. 1,34
b. 1,70
c. 1,80
d. 1,96
e. 2,01

Answer: c

64. Jika p=4 dan 9=3 serta r=(p+2q)/pq
Terapkan : (p+q)/r
a. 8 4/5
b. 8 2/5
c. 70/12
d. 35/6
e. 5 10/12

Answer: b

65. V(5100 + 525)
a. 67,6
b. 68,4
c. 75
d. 101,7
e. 75,3

Answer: c

6. Test Seri
66. Suatu seri: 100-4-90-7-80 seriselanjutnya :
a. 8
b. 9
c. 10
d. 11
e. 12

Answer: c

67. Suatu seri: 5-7-10-12 seri selanjutnya :
a. 13
b. 14
c. 15
d. 16
e. 17

Answer: e

68. Suatu seri: 2-4-2-4-6-4-6-8-6-8-10-8 seri selanjutnya :
a. 6
b. 7
c. 8
d. 10
e. 11

Answer: d

69. Suatu seri: 2-5-7-3-6-8-…-… seri selanjutnya :
a. 5 6
b. 6 7
c. 7 8
d. 6 8
e. 7 9

Answer: c

70. Suatu seri: 3-5-8-12 seri selanjutnya :
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
e. 19

Answer: c

71. Suatu seri: 14-10-6-13-9-5-12 seri selanjutnya :
a. 5
b. 6
c. 8
d. 9
e. 12

Answer: c

72. Suatu seri: 1-2-3-2-4-6-4-8 seri selanjutnya :
a. 12
b. 10
c. 8
d. 6
e. 4

Answer: a

73. Suatu seri: 50-40-31-24-18 seri selanjutnya :
a. 16
b. 15
c. 14
d. 13
e. 12

Answer: d

74. Suatu seri: 9-5-1-2-10-6-2-3-11-7 seri selanjutnya :
a. 3
b. 4
c. 12
d. 8
e. 7

Answer: a

75. Suatu seri: 2-1-2-1-3-3-3-4-4 seri selanjutnya :
a. 3,4,7
b. 4,5,7
c. 5,4,7
d. 6,5,4
e. 7,4,5

Answer: c

76. Suatu seri: 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13 seri selanjutnya :
a. 11-15-13
b. 12-16-14
c. 14-13-14
d. 14-15-13
e. 13-14-13

Answer: c

77. Suatu seri: 16-5-9-25-6-11-24-7 seris elanjutnya :
a. 9
b. 10
c. 11
d. 12
e. 13

Answer: e

78. Suatu seri: 5-6-7-5-6-7-8-5-6-7-8-9 seriselanjutnya :
a. 5-6
b. 7-6
c. 9-10
d. 10-9
e. 12-9

Answer: a

79. Suatu seri: 11-19-10-20-9-21-8 seri selanjutnya :
a. 22-7
b. 23-22
c. 7-24
d. 7-22
e. 29-26

Answer: a

80. Suatu seri: 3-4-4-5-5-5-6-6-6 seri selanjutnya :
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
e. 9

Answer: b

8. Test Logika Number
81. Jika x=1/16 dan y=16%, maka :
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tak dapat ditentukan
e. X² >y

Answer: b

82. (1/4) dibanding (3/5) adalah
a. 1 berbandig 3
b. 3 berbanding 20
c. 5 berbanding 12
d. 3 berbanding 4
e. 5 berbanding 4

Answer: c

83. 2x =64 : 3y =81 maka:
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tak bisa ditentukan
e. Xy

Answer: a

84. Jika x=-(36) dan y=(-3)6 maka
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tak bisa ditentukan
e. Xy>y

Answer: b

85. Jika a = 2 dan b = -2
X=(a-b)2 dan y=(b-a)2
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tak bisa ditentukan
e. 2x<2y

Answer: c

86. Jika x=berat total p kotak yang masing-masing beratnya q kg, dan y=berat total q kotak yang masing-masing beratnya p kg, maka :
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x>2y

Answer: c

87. Jika sembarang bilangan dan x=3p2–5 dan y=2p2 + 4
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x<2y

88. Jika p sembarang bilangan dan x=-3p2+5 dan y= -2p2 + 7
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x>2y

89. Jika w,x,y,z adalah 4 bilangan mana diantara yang berikut ini tidak sama dengan w(x+y+z) adalah
a. wx+wy+wy
b. (x+y+z)w
c. wx+(y+z)w
d. wx+x+y+z
e. w(x+z)+wy

90. Jika x=(1/63) – (1/69) dan y=(1/65) – (1/67), maka:
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x<2y

91. Jika sudut suatu segitiga adalah x, 2x dan 3x derajat dan y=30 derajat, maka
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x>2y

92. Jika x=harga 1 kg semen dan y=harga 1 kg paku, maka
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x>2y

93. Jika nilai x terletak antara y dan z sedang z
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x>2y

94. Jika x2-4=0 dan y=2, maka
a. X>y
b. X
c. X=y
d. X dan y tidak bisa ditentukan
e. 2x>2y

Answer: d

9. Test Logika Aritmatik
95. bambang meninggalkan kota A pukul 06:15 dan sampai di kota B pukul 09:45. Jika dia mengendarai mobilnya dengan kecepatan rata-rata 60km/jam dan dia beristirahat satu jan untuk makan, berapa km jarak A ke B :
a. 210 km
b. 175 km
c. 150 km
d. 135 km
e. 90 km

96. Jika sebua bujur sangkar P luasnya 64 dan sisinya = x dan Q adalah sebuah empat persegi panjang, dimana salah satu sisinya 4, dan sisi lainnya y, Bila P=Q, maka:
a. X>y
b. X
c. X=y
d. Hubungan x dan y tidak bisa ditentukan
e. X=2y

97. Jika seorang berjalan menempuh jarak 2/5km dalam 5 menit, berapa kecepatan rata-rata perjalanan orang tersebut dalam 1 jam?
a. 4 km
b. 4,2 km
c. 0,4 km
d. 4,8 km
e. 2,4 km

98. Sebuah salib sumbu siku-siku x dan y dengan titik pusat O, dengan sumbu x+ kearah timur dan y+ kearah utara, diputar dengan titik O sebagai pusat putaran kearah lawan jarum jam. Sehingga sumbu x+ lama dengan sumbu y+ baru membentuk sudut 1200. Berapa derajat besar sudut antara x+ baru dengan sumbu y+ lama?
a. 30
b. 45
c. 60
d. 90
e. 120

99. Seorang siswa memperoleh nilai 91,88,86 dan 78 untuk empat mata pelajaran. Berapa nilai yang harus diperoleh untuk mata pelajaran ke lima agar dia memperoleh nilai rata-rata 85?
a. 86
b. 85
c. 84
d. 82
e. 80

100. Sebuah bejana berbentuk silinder berisi air 1/3 nya. Jika ditambah air sebanak 3 liter lagi, bejana ini menjadi berisi ½ nya. Berapaliter kapasitas bejana itu?
a. 15
b. 18
c. 24
d. 27
e. 30

101. Jika x rupiah dibagi merata kepaa n orang. Setiap orang akan memperoleh bagian Rp.60.000,-. Jika seorang lain bergabung pada kelompok diatas dan jika x rupiah dibagi merata, setiap orang sekarang memperoleh Rp.50.000,-. Berapa rupiah kah x ?
a. 3.000.000
b. 2.500.000
c. 500.000
d. 300.000
e. 250.000

102. Jika tabung P tinginya dua kali tinggi Q dan jari-jarinya setengah dari tabung Q, perbandingan isi tabung P terhadap isi tabung Q adalah :
a. 1:4
b. 1:2
c. 1:1
d. 2:1
e. 4:1

103. Seorang pedagang menjual sebuah barang dengan harga Rp.80.000,- dan memperoleh laba 25% dari harga beli. Berapa harga beli?
a. 100.000
b. 96.000
c. 64.000
d. 80.000
e. 120.000

104. Seorang pekerja dibayar Rp.800,- perjam. Dia bekerja dari pukul 8:00 sampai pukul 16:00. Dia akan dibayar tambahan 50% per jam untuk selewatnya pukul 16:00. Jika dia memperoleh bayaran Rp.8.000,- pada hari itu, pukul berapa dia pulang?
a. 16:20
b. 16:40
c. 17:00
d. 17:10 e. 17:20

105. Seorang mahasiswa mengadakan percobaan di laboratorium dan mendapatkan kesimpulan bahwa perbandingan populasi kuman yang bersifat (x) dengan populasi kuman yang tidak bersifat (x) adalah jantan. Berapa perbandingan populasi kuman (x) jantan terhadap populasi kuman seluruhnya?
a. 1/1
b. 5/8
c. 6/13
d. 9/40
e. 15/64

9. Test Logika
106. Semua pekerja harus mengenakan topi pengaman. Sementara pekerja mengenakan sarung tangan.
a. Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengaman
b. Semua pekerja tidak mengenakan sarung tangan
c. Sementara pekerja mengenakan topi pengaman dan sarung tangan
d. Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengaman dan mengenakan sarung tangan
e. Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengaman dan tidak mengenakan sarung tangan

107. Semua anggota asosiasi profesi harus hadir dalam rapat. Sementara dokter adalah anggota asosiasi.
a. Semua yang hadir dalam rapat adalah dokter
b. Sementara peserta rapat bukan anggota asosiasi profesi
c. Sementara peserta rapat adalah dokter
d. Semua dokter hadir dalam rapat
e. Semua yang hadir bukan dokter

108. Semua seniman kreatif. Sementara ilmuwan tidak kreatif.
a. Sementara ilmuwan bukan seniman
b. Tidak ada seniman yang ilmuwan
c. Sementara individu yang kreatif bukan seniman
d. Sementara ilmuwan kreatif
e. Semua ilmuwan kreatif

109. Tidak semua hipotesis penelitian terbukti benar. Sementara penelitian disertasi tidak menguji hipotesis.
a. Sementara doctor tidak menulis disertasi
b. Sementara hipotesis disertasi tidak terbukti benar
c. Semua hipotesis disertasi terbukti benar
d. Semua hipotesis penelitian terbukti benar
e. Semua doctor, hipotesis disertasinya benar

110. Pengendara sepeda motor yang lewat jalan protokol harus mengenakan helm. Sementara murid yang bersepeda motor tidak punya helm.
a. Semua murid tidak boleh lewat jalan protokol
b. Semua murid bersepeda motor boleh lewat jalan protokol
c. Semua murid bersepeda motor tidak boleh lewat jalan protokol
d. Semua murid bersepeda motor harus mengenakan helm
e. Sementara murid bersepeda motor boleh lewat jalan protokol


SOAL-SOAL CPNS TATA NEGARA

1. Pertimbangan dikeluarkannya POLRI dari institusi ABRI adalah
a. Dapat menegakkan hukum lebih konsekuen dalam masyarakat
b. Meningkatkan profesionalisme POLRI dalam menjalankan tugas
c. Memperbaiki dan meningkatkan citra POLRI dalam masyarakat
d. Memperoleh keleluasaan dalam menjalankan tugas-tugasnya

Answer: b

2. Paradigma baru tentang peran politik TNI pada hakikatnya menunjukkan
a. Peningkatan peran sosial politik TNI
b. Pemantapan peran sosial politik TNI
c. Pengurangan peran sosial politik TNI
d. Pembalasan peran sosial politik TNI

Answer: c

3. Menurut undang-undang nomor 22 tahun 1999 diantara kewenangan pemerintah pusat yang tidak diotonomikan adalah ….
a. Pendidikan
b. Agama
c. Sosial
d. Pertahan

Answer: d

4. susunan pemerintah daerah otonom menurut Undang-undang nomor 22 tahun 1999 terdiri dari:
a. Kepala Daerah dan DPRD
b. Kepala Derah, DPRD dan Badan Eksekutif Derah
c. Kepala Derah dan dinas-dinas
d. Kepala Deerah dan Tripida/Muspida

Answer: a

5. Dalam kehidupan bernegara,Pancasila berperan sebagai:
a. Dasar Negara
b. Dasar Kenegaraan
c. Dasar Beragama
d. Dasar Ketatanegaraan

Answer: a

6. Kekuasaan Kehakiman menurut UUD 1945 Amandemen, tercantum dalam:
a. Pasal 14
b. Pasal 25
c. Pasal 24
d. Pasal 27

Answer: c

7. Menurut UUD 1945 Amandemen, Indonesia menganut sistem pemerintahan ;
a. Sentralisasi
b. Desentralisasi
c. Presidensiel
d. Perlementer

Answer: b

8. Kekuasaan kehakiman menurut UUD 1945 Amandemen, adalah :
a. Presiden
b. Mahkamah Konstitusi
c. Mahkamah Agung
d. DepKumHam

Answer: c

9. Ketentuan yang merupakan perwujudan sumber hukum urutan tertinggi adalah:
a. UUD 1945
b. Pancasila
c. Mahkamah Agung
d. TAP MPR

Answer: a

10. Menurut UUD 1945 Amandemen, salah satu tugas MPR, kecuali…
a. Meminta Pertanggung-jawaban Presiden sebagai mandataris
b. Mengubah UUD 1945
c. Memberhentikan Presiden
d. Menetapkan GBHN

Answer: a

11. Yang dimaksud undang-undang dasar menurut UUD 1945 adalah
a. Konvensi
b. Hukum dasar tertulis
c. Hukum adat
d. Hukum tidak tertulis

Answer: a

12. Menurut UUD 1945 pasal 10, Kekuasaan Presiden selaku Kepala negara adalah:
a. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas AD, AL, AU
b. Menyatakan negara dalam keadaan bahaya
c. Memberikan Grasi, Amnesti, Abolisi dan Rehabilitasi
d. Memberikan gelas, tanda jasa dan hak-hak lain tanda kehormatan

Answer: a

13. Propenas adalah singkatan dari :
a. Perancanaan Pembangunan Nasional
b. Proyek Pembangunan Nasional
c. Program Pembangunan Nasional
d. Prosedur Pembangunan Nasional

Answer: b

14. Dalam rangka pembangunan nasional yang langsung berugas sebagai pemikir,perencanaan dan sekaligus pelaksanaan pembangunan adalah:
a. TNI
b. Ahli-ahli ekonomi
c. Masyarakat umum
d. Pegawai Negeri

Answer: a

15. Dinas propinsi merupakan unsur pemerintahan propinsi dipimpin oleh kepala yang berada dibawah gubernur, melalui:
a. Wakil Gubernur
b. Sekretaris Daerah
c. Unit Pelaksana Teknis
d. Kepala Dinas

Answer: b

16. Peraturan Pemerinah tentang pengelolaan dan pertanggung-jawaban leuangan dalam pelaksanaan dekonsentrasi dalam :
a. PP Nomor 105
b. PP Nomor 106
c. PP Nomor 107
d. PP Nomor 151

Answer: b

17. Peraturan pemerintah tenang pedoman organisasi perangkat daerah (PP Nomor 84 tahun 2000) disahkan pada:
a. 25 Agustus 2000
b. 25 September 2000
c. 25 Oktober 2000
d. 25 November 2000

Answer: b

18. UUD 1945 telah mengalami amandemen yang ke
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat

Answer: d

19. Yang dimaksud pemerintah pusat adalah:
a. Presiden dan Wakil Presiden, DPR, MPR dan MA
b. Presiden dan Wakil Presiden,Menteri
c. Presiden dan Wakil Presiden, DPR, TNI
d. Presiden dan WakilPresiden, MA, POLRI

Answer: b

20. PerekonomianNasiona diselenggarakan berdasar atas ekonomi dengan prinsip sebagai berikut, KECUALI:
a. Efisiensi
b. Kebangsaan
c. Berwawasan lingkungan
d. Kemandirian

Answer: b

21. Berikut ini asas-asas dalam penyelenggaraan Pemerintah bernegara, KECUALI:
a. Negara Indonesai berdasar atas Hukum dan tidak berdasar aas kekuasaan
b. Kekuasaan Tertinggi ditangan rakya
c. Kekuasaan Kepala Negara tidak tak terbatas
d. Pemerintah berdasarkan musyawarah mufakat penyelenggara negara

Answer: d

22. Penyelenggara Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN (good govermance) tercantum dalam :
a. TAP MPR
b. UUD 1945 yang telah di amandemen
c. UU No.28tahun 1999
d. Propenas (GBHN)

Answer: c

23. Pembentukan KPKPN meupakanamanat dan TAP MPR No.XI/MPR/1998, tujuan pembentukan tersebut adalah:
a. Mengetahui kekayaan pejabat negara
b. Mengetahui kebocoran anggaran keuangan negara
c. Melakukan pemantauan dan klasifikasi atas harta kekayaan penyelenggara negara
d. Membantu tugas kepolisian untuk menyelidiki indikasi penyalahgunaan anggaran oleh penyelenggara negara

Answer: c

24. Tujuan dibentuk PTUN (Peradilan Tata Usaha Negara) adalah:
a. Penyelesaian sengketa antara pemerintah dan warga negara akibat kebijakan pemerintah yang dianggap melanggar hak warga negara
b. Memberikan bantuan hukum kepada warga negara yang beselisih dengan pemerintah
c. Memberikan sangsi dan denda kepada para penyelenggara negara yang terlibat konflik dengan warga negara
d. Sebagai lembaga peradilan dimana KPKPN menemukan indikasi penyalahgunaan wewenang dan anggaran penyelenggara negara

Answer: a

25. Penyelenggara Pemerintahan yang baik perlu melibatkan semua pihak yang terkait yaitu:
a. Pemerintah, LSM dan Swasta
b. Swasta, LSM dan Masyarakat
c. Pemerintah, Masyarakat dan Swasta
d. Pemerintah, LSM dan Masyarakat

Answer: c

26. Berikut adalahsumber hukum dan perundang undangan sesuai TAP MPR No.111/MPR/2002, KECUALI
a. Inpres
b. Perda
c. Keppres
d. Perpu

Answer: a

27. Yang merupakan lembaga-lembaga penyelenggara pemerintah pusat adalah
a. DPR
b. MPR
c. Departemen
d. KPKPN

Answer: c

28. Berikut lembaga-lembaga negara yang dimaksud dalam UU 1945, KECUALI
a. Presiden
b. MPR
c. DPR
d. KPKPN

Answer: d

29. MPR dapat memberhentikan presiden dan wakil presiden sebelum masa jabatannya dengan persetujuan :
a. DPR
b. Mahkamah Konstitusi
c. Mahkamah Agung
d. Partai Politik

Answer: b

30. Asas-asas tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas KKN adalah
a. Asas kemerdekaan berpendapat
b. Asas mendapatkan hak sebagai warga negara
c. Asas kepastian hukum
d. Asas kebebasan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat

Answer: c

31. Berdasarkan keppres No. 102 tahun 2001,fungsi dari departemen adalah
a. Membantu tugas presiden
b. Menyusun rencana nasional secara makro dibidangnya
c. Membina dan koordinasi pelaksanaan tugas serta pelayanan administrasi departemen
d. Mewakili presiden dalam rapat-rapat dengan DPR

Answer: a

32. Susunan suatu departemen terdiri dari unsur berikut, KECUALI:
a. Menteri
b. Sekjend
c. Dirjend
d. Pejabat Eselon

Answer: a

33. Sesuai Keppres No.100 tahun 2001 terdapat Menko (menteri koordinator) yaitu:
a. Menko bidang Kesejahteraan Nasional
b. Menko bidang politik dan ekonomi sosial
c. Menko bidang Perekonomian
d. Menko bidang Sosial, Politik dan Keamanan Rakyat

Answer: c

34. Yang bukan termasuk lembaga pemerintahan non departemen adalah:
a. LAPAN
b. Arsip Nasional Republik Indonesia
c. Badan Otorita Batam
d. Badan Standarisasi Nasional

Answer: c

35. Berikut adalah BUMN-bumn dibawah koordinasi teknis DESDM, kecuali:
a. PT.PLN
b. PT.Pertamina
c. PT.Koneba
d. PT.Freeport Indonesia

Answer: d

36. Unsur-unsur pembentuk suatu negara adalah:
a. Rakyat, Wilayah yang permanen, Pemerintah yang berdaulat
b. Rakyat, Wilayah yang permanen, Aturan perundang-undangan
c. Pemerintahan yang berdaulat, Rakyat, Sumber kekayaan alam
d. Wilayah yang permanen, Rakyat, Pemimpin

Answer: a

37. Dibawah ini adalah bentuk-bentuk negara menurut teori-teori modern tentang negara
a. Negara Kerajaan, Negara Demokrasi, Ngara Republik
b. Negara Republik, Negara Kesatuan, Negara Kerajaan
c. Negara Kesatuan, Negara Federasi
d. Negara Federasi, Negara Republik, Negara Sosialis

Answer: a

38. Yang bukan pencetus definisi bangsa adalah:
a. Emest Penant
b. Otto Bauer
c. F. Ratzel
d. Jens Hans

Answer: d

39. Indonesia sebagai negara kesatuan mendapat pengakuan pertama kali dari Inggris pada:
a. 29 Maret 1948
b. 30 Maret 1949
c. 31 Maret 1947
d. 1 Mei 1907

Answer: c

40. Pergerakan Budi Utomo sebagai tonggak awal sejarah perjuangan nasional didirikan pada :
a. 21 Mei 1908
b. 20 Mei 1908
c. 18 Mei 1908
d. 17 Mei 1907

Answer: b

41. Integritas Nasional sebagai upaya atas proses pembauran harus dapat jaminan terwujudnya hal-hal berikut, KECUALI:
a. Keselarasan
b. Keserasian
c. Kemaslahatan
d. Keseimbangan


42. Penanaman Integralistik oleh Mr. Soepomo yang merupakan salah satu aliran dalam teori pembentukan negara disampaikan dalam sidang:
a. BPUPKI
b. PPKI
c. Konferensi Meja Bundar
d. Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia

43. Undang-undang yang mengatur pokok-pokok pemerintahan daerahadalah:
a. UU No.24 tahun 1999
b. UU No.25 tahun 1999
c. UU No.22 tahun 1999
d. UU No.23 tahun 1999

44. DPD dipilih melalui pemilu dan ditentukan setiap propinsi diwakili anggota terpilih berjumlah:
a. 2
b. 4
c. 3
d. 5

45. BI mendapat status sebagai lembaga independen menurut
a. UU no.25 tahun 1999
b. UU no.24 tahun 1999
c. UU no.26 tahun 1999
d. UU no.23 tahun 1999

46. Peraturan perundang-undangan yang dibuat dalam hal ihwal kegentingan memaksa adalah:
a. Dekrit
b. Keppres
c. PP
d. Perpu

47. Untuk menjadi panglima TNI menurut undang-undang TNI yang baru seseorang dapat diangkat menjadi panglima jika:
a. Telah menjabat kepala staf angkatan
b. Masa keja lebih dari 25 tahun
c. Berpangkat minimal Letjend
d. Disetujui DPR

48. Polri berada dibawah:
a. DPR
b. Depdagri
c. Dephan
d. Presiden

49. Badan ekstra struktural yang dibentuk oleh pemerintahan sekarang adalah, KECUALI:
a. Dewan Ekonomi Nasional
b. Dewan Pertahanan Nasional
c. Dewan Rakyat Nasional
d. Dewan pemulihan Usaha Nasional

50. nama kabinet sekarang adalah:
a. Kabinet gotong royong
b. Kabinet Indonesia bersatu
c. Kabinet Pembangunan Nasional
d. Kabinet Reformasi


PENGETAHUAN UMUM

I. BIDANG BAHASA INDONESIA

1. Kata depan yang ditulis secara benar terdapat pada ….
a. bersembunyi dibalik pintu
b. menjilat keatas
c. datang kemari
d. pergi keluar negeri
e. tertera dibawah ini

Answer: c

2. Tanda hubung yang digunakan secara benar terdapat pada
a. Adat sopan-santun
b. Muka merah-padam
c. Kaum muda-belia
d. Rumah porak-poranda
e. Penuh kasih-sayang

Answer: c

3. Tanda koma yang digunakan secara tepat terdapat pada
a. Terdakwa menurut hakiM, terbukti bersalah.
b. Perusahaan itu bangkrut, karena ulah direktur utamanya.
c. Dia belum berhasil, meskipun sudah bekerja keras.
d. Jika tidak segera diberantas, peredaran narkoba akan semakin merajalela.
e. Pengalaman hidup itu, guru yang baik.

Answer: d

4. Huruf kapital yang digunakan secara benar terdapat pada
a. Rancangan Undang-undang itu sedang dibahas.
b. Beberapa Sekolah Dasar di daerah terpencil kekurangan guru.
c. Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai Bahasa Negara dalam Undang-Undang Dasar kita.
d. Makalah berjudul “Globalisasi dan Imperialisme”
e. Peng-Indonesiaan istilah asing perlu digalakkan.

Answer: a

5. Kata yang tidak cocok digunakan dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada ….
a. Mengubah haluan
b. Mengukuhkan jabatan
c. Memantapkan jai diri
d. Menjajaki pendapat umum
e. Bertekat bulat

Answer: d

6. Kata sarapan yang cocok digunakan dalam komunikasi tulis resmi terdapat pada …
a. Azas partal
b. Sikap emosionil
c. Aktifitas anak
d. Segi kognitif
e. Sujut syukur

Answer: c

7. Sudah saatnya ….peralatan militer kita segera dilakukan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah….
a. Perlengkapan
b. Kelengkapan
c. Pelengkapan
d. Pemerlengkap
e. pelengkap

Answer: a

8. Susunan kalimat yang tidak janggal terdapat pada ….
a. Siapapun yang bersalah, ia harus dihukum.
b. Sesudah berunding selama lima jam, putusan baru dapat diambil.
c. Alasannya adalah karena dia tidak patuh kepada atasan.
d. Selama era pasar bebas yang kuat akan menelan yang lemah.
e. Krisis ekonomi terjadi disebabkan karena korupsI, kolusi, dan nepotisme merajalela.

Answer: e

9. Fasilitas jalan masih terus dibangun di Kota Jakarta.Meskipun demikian, kepadatan dan kemacetan lalu lintas selalu terjadisetiap hari, baik pada pagi hari saat warga kota Jakarta dan sekitarnya akan memulai aktivitasnya, maupun sore hari saat mereka pulangke rumahnya…..
Kalimat yang sesuai sebagai kelanjutan paragraf diatas adalah …..
a. Sebelum ada ledakan penduduk di perkotaan dan pemilikan kendaraan pribadi, kota Jakarta masih terasa naman.
b. Upaya yang dilakukan pemerintah daerah selama ini hanya masalah pelebaran jalan dan pembuatan jalan layang.
c. Keadaan seperti itu dapat dijadikan alasan agar sistem transportasi massa di kota Jakarta segera dibangun.
d. Telah diberitakan diberbagai media masA bahwa sistem transportasi massa di kota Jakarta segera dibangun.
e. Hal yang perlu diperhatikan lebih lanjut adalah keterkaitan sistem transportasi yang terpadu dengan struktur kota Jakarta.

Answer: e

10. Para tokoh masyarakat memandang bahwa ide-ide para mahasiswa yang disampaikan kepada pemerintah melalui demontrasi belum direspon secara proporsional. Kata ulang yang semakna dengan kata ulang bercetak miring dalam kalimat di atas adalah ….
a. Sakit-sakit
b. Tinggi-tinggi
c. Duduk-duduk
d. Pikiran-pikiran
e. Pusing-pusing

Answer: d

11. Anak itu menderita sakit akibat kehujanan sepanjang perjalanan menuju ke rumahnya. Kata berimbuhan ke-an pada kata bercetak miring dalam kalimat di atas semakna dengan kata berimbuhan ke –an dalam kalimat …..
a. Kedua pengantin itu merasakan kebahagiaan yang selama ini mereka dambakan.
b. Ledakan bom itu kedengaran sampai ke seluruh lantai gedung.
c. Masalah kemiskinan di Indonesia harus ditangani secara serius.
d. Kemacetan lalu lintas setiap hari terjadi di Jakarta.
e. Petani itu keracunan setelah makan sayuran mentah.

Answer: e

12. Pemakaian tanda titik dua dalam kalimat-kalimat berikut yangsesuai dengan Pedoman Umum EYD adalah …
a. Ayahku sedang mencari: celana, sepatu, dan topi.
b. Dalam rapat itu yang hadir hanya: Mattalata, Faisol, Rogers, dan Rozi.
c. Saya masih memerlukan perabot rumah tangga: meja, almari, dan kursi.
d. Sebentar lagi anak saya akan membeli :radio, jam dinding, dan tas.
e. Fakultas itu mempunai jurusan : Kimia, Geologi, biologi, dan Geodesi.

Answer: e

13. Penulisan nama dengan gelar kesarjanaannya yangtepat terdapat dalam contoh….
a. Dr. Valentino Woworuntu, MBA.
b. DR. Lajnah Latifah, M.Pd.
c. Ir. Lois Lalu, MA.
d. I.R. Cordiva Aridho, M.M.
e. DRS. Saddam Husnaeni, SH.

Answer: a

14. Penulisan Imbuhan serapan yangsesuai dengan Pedoman Umum EYD terdapat pada contoh kalimat …..
a. Petemun nonformal antara kedua presiden itu akan berlangsung di Istana Bogor.
b. Komunikasi telepon antar kota di Kupang sempat putus karena ada gangguan teknis.
c. Bantuan masyarakat kepada para tuna rungu masih perlu ditingkatkan.
d. Setiap sub-bab dalambuku itu perlu dibaca agar dapat dipahami isina.
e. Pada tahap semi-final Kesebelasan Korea tampak kompak bermain.

Answer: a

15. Pemakaian tanda koma dalam kalimat berikut yang tepat adalah …..
a. Mereka, sebenarnya bukan pemain yang berbakat melainkan pemain yang mempunyai kemauan keras.
b. Dia harus membatalkan niatnya pergi ke Paris, karena pesawat yang mau ditumpangi rusak.
c. Para politisi dan pejabat pemerintah, diharapkan bekerja lebih keras agar masyarakat lebih sejahtera.
d. Penghasilan utama daerah jawa barat, adalah padi sedangkan daerah Maluku adalah rempah-rempah.
e. Sebetulnya, tim Indonesia ebih banyak memiliki peluang emas, tetapi karena penyelesainna kurang baik, akhirnya kalah melawan tim Malaysia.

Answer: e

16. Rangkaian penulisan kata serapan yang sesuai dengan EYD adalah …
a. Monarkhi, akhir analisa, autopsi
b. Sekunder, ransliterasi,otopsi, varitas
c. Teknik, khlorida, komplit, materiel
d. Frekwensi, ekstrimis, etletik,grup
e. Komplet, anarki,varietas, pasien

Answer: c

17. Di daerahnya, di pelosok kampung, Pak Sembiring terbiasa menggnakan bahasa daerahnya. Ketika dia pindah ke Jakarta, kebiasannya masih saja dipertahankan. Pantaslah banyak orang terdiam atau senyum-senyum jika diajak bicara PakSembiring karena mereka tidakpaham apa yang dikatakannya.
Kebiasaan PalkSemibiring sesuai dengan ilustrasi di atas, tidak sejalan dengan peribahasa…
a. Ibarat kembang, bagus dipakai, layu dibuang.
b. Lain ldang, lain belakang.
c. Ayam hitam terbang malam.
d. Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung.
e. Berjalan peliharalah kaki, berkata peliharalah lidah.

Answer: b

18. Di sini angin pun kecil-kecil dan mengusap wajah kita
Di luar musim pun menyekap dan engahan udara
Menghembus pohon-pohon, membelai-belai wajah kita
Di serambi. Dingin lewat dan berhenti
Bersama langkahku.Bersama bisikan di pusat hatimu…
Angin Kecil-Kecil dan Musim Menyekap Kita, Abdul hadi

Penggalan puisi diatas menggunakan majas ….
a. Pleonasme
b. Litotes
c. Personifikasi
d. Eufemisme
e. Repetisi

Answer: c

19. “Berpuasa sunat itu besar manfaatnya, Rapiah tadi sementara itu wajib benar bagimu memelihara kewarasan tubuhmu. Jangan rupamu secara ini, tinggal kulit pembalut tulang saja”.
Benar sekali badanmu menjadi kurus, Ibu. Tapi bukanlah kurus itu disebabkan oleh berpuasa. Meskipun kurus, tetapi perasaanku kesehatan tubuh tidaklah terganggu.
Salah Asuhan, Abdol Moeis.
Apa amanat yang terungkap dalam penggalan novel di atas?
a. Turutilah nasihat orang tua bila ingin berhasil.
b. Jangan melakukan perbuatan yang akhirnya merugikan diri sendiri.
c. Seorang wanita harus memelihara kecantikannya.
d. Seorang ibu mertua harus menyayangi manantuna.
e. Seorang istri seharusnya dapat menjaga kesehatan dirinya.

Answer: a

20. Tak sampai haatinya hendak meninggalkan Medasing sakit, tiada berdaya seorang diri di rimba itu. Meskipun laki-laki itulah pangkalkemelaratannya, meskipun kepala penyamun yang buas itulah yang menganiaya ayah bundanya, sehinga tak tentu apa jadi mereka sekarang ini, dalam penghidupannya yang aman di tengah-tengah rimba di tengah penyamun-penyamun yang tak mengusiknya itu, dengan tiada setahunnya tumbuh di kalbunya tali perhibungan dengan mereka. Bukan dalam perbuatan mereka yang buas, tetapi dalam perasaan hidup …
Anak Perawan di Sarang penyamun, STA.
Unsur moral yang terdapat dalam penggalan novel di atas adalah ….
a. Tidak dendam
b. Tanggung jawab
c. Kasih sayang
d. Setia kawan
e. Perhatian

Answer: c

2. BIDANG PANCASILA

21. Ir.Soekarno dalam sidang BPUPKI pertama, mengusulkan rumusan Pancasila yaitu ….
a. Nasionalisme internasional (peri kemanusiaan), mufakat, kesejahteraan sosial dan kutuhanan
b. Nasionalisme, Ketuhanan Yang Maha Esa, perikemanusiaan, kebangsaan Indonesia, mufakat dan kesejahteraan sosial.
c. kesejahteraan sosial, internasionalisme, nasionalisme, peri kemanusiaan dan ketuhanan
d. internasionalisme, nasionalisme, mufakat, demokrasi dan ketuhanan
e. Gotong royong, ketuhanan, kerakyatan, nasionalisme dan demokrasi

Answer: e

22. Pancasila menjadi azas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, setiap warga negara hendaknya….
a. Memahami Pancasila sebagai sumber hukum
b. Memahami Pancasila sebagai dasar negara
c. Berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila
d. Berupaya selalu mempelajari Pancasila
e. Mempelajari hakikat dari Pancasila

Answer: c

23. Pancasila sebagai way of life dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Dalam hal ini Pancasila memiliki makna sebagai…..
a. Kristalisasi nilai
b. Ciri-ciri warga negara
c. Kepribadian bangsa
d. Karakteristik bangsa
e. Pedoman hidup

Answer: e

24. Pancasila tidak mengenal adanya fasisme sebab fasisme bertitik tolak pada ,,,,
a. Pemusatan kekuasaan pada beberapa orang
b. Mengutamakan individualisme radikal
c. Material modern dan individualisme
d. Pemusatan kekuasaan pada satu orang
e. Memaksakan praktek liberalisme

Answer: b

25. Fungsi pembukaan UUD 1945 alinea IV, yang mencantumkan dasar negara yang tersusun secara hierarki dan piramida di Indonesia menjadi….
a. Filter bagi masuknya budaya asing
b. Sumber budaya bangsa
c. Petunjuk pelaksanaan peraturan
d. Sumber hukum yang berlaku
e. Ciri dan karakteristik bangsa

Answer: e

26. Keunggulan demokrasi Pancasila dalam setiap pengambil keputusan ialah…
a. Hasil keputusan harus dapat dipertanggungjawabkan
b. Kepentingan tiap individu didahulukan
c. Pengambil keputusan oleh pimpinan rapat
d. Keputusan diambil melalui musyawarah mufakat
e. Masalahharus diselesaikan dengan hati-hati

Answer: d

27. Konsekuensi dari hubungan kausial organis antara Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan baang Tubuh UUD 1945 yang tidak dapat dipisahkan ialah ….
a. tiap pasal atidak boleh saling bertentangan
b. nilai Pancasila harus ada dalam tiap pasal
c. tipa unsur tersebut harus saling mengisi
d. batang tubuh merupakan penjelasan Pancasila
e. UUD harus merangkum sila-sila pad Pancasila

Answer: c

28. Manakah pernyataan dibawah ini yangsesuai dengan sila ke-2 Pancasila?
a. Kaum pria memiliki derajat yang lebih tinggi.
b. Pemimpin dan pemuka masyarakat berkedudukan lebih tinggi.
c. Manusia mempunyai derajat dan martanat yangsama.
d. Kedudukan seseorang ditentukan oelh yang dimilikinya.
e. Kedudukan seseorang ditentukan pleh perbuatannya.

Answer: c

29. Perwujudan hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dapat dilihat dalam bentuk …..
a. Menentukan sistem perekonomian
b. Menentukan kerjasama dengan bangsa lain
c. Mengakui kebebasan beragama
d. Menentukan ketertiban lingkungan
e. Menyatakan pendapat dan berorganisasi

Answer: a

30. Mana yang terkandung pada nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa adalah….
a. Selalu berjuang untuk kepentingan negara
b. Selalu menentang pada negara penjajah
c. Rela berkorban untuk kepentingan keluarga
d. Selalu mengupayakan persatuan bangsa
e. Mau menyumbangkan harta untuk masyarakat

Answer: b

31. Kedudukan Dewan Perwakilan Rakyat, menurut UUD 1945, kuat karena
a. Berhak menentapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
b. Sekuruh anggota DPR merangkap menjadi anggota DPR
c. Setiap undang-undang menghendaki persetujuan DPR
d. Merupakan mitra Presiden di bidang legislatif
e. Turut serta meratifikasi perjanjian internasional

Answer: a

32. Salah satu perbedaan prinsipil antara orde reformasi dengan orde sebelumnya adalah ….
a. DPR bersidang sekurang-kurangnya sekali dalam setahun
b. Aspirasi rakyat langsung dapat disampaikan
c. Presiden dibantu oleh badan nondepartemen
d. Presiden dibantu oleh menteri negara
e. DPR dan MPR bersifat dua kamar

Answer: b

33. Suasana kebatinan atau cita-cita hukum dasar negara Ri terangkum dalam …
a. Pidato kenegaraan Presiden menjelang 17 Agustus
b. Berbagai konvensi dan jurisprudensi yang berlaku
c. Peraturan perundang-undangan yang telah berlaku
d. Empat pokok pikiran Pembukaan UUD 1945
e. Ketetapan dan keputusan MPR/MPRS

Answer: d

34. Di Pembukaan UUD 1945 tercantum tujuan negara, yaitu “ …..melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia …”
Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia menganut sistem dalam arti …..
a. Negara hukum demokrasi
b. Negara kepolisian dan jaksa
c. Negara hukum kesejahteraan
d. Begara sebagai penjaga malam
e. Negara hukum dalam arti terbatas

Answer: a

35. Pada amandemen keempat UUD 1945, pasal 29, tekah disepakati …
a. Penjelasan lebih rinci
b. Adanya penambahan ayat
c. Perubahan hanya pada ayat (1)
d. Perubahan hanya pada ayat (2)
e. Telah mengambil perubahan

Answer: c

36. Cita-cita nasional bangsa Indonesia yang memberi corak kepada politik luar negeri Indoensia yang bebeas dan aktif tercantum dalam Pembukaan UD 1945, yaitu ..
a. Menjaga keteriban dunia
b. Mengirimkan pasukan kewilayah konflik
c. Menentang penyerangan sepihak oleh AS
d. Mendukung penyelenggaraan hubungan bilateral
e. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa

Answer: e

37. Contoh pelaksanaan politik luar negeri yang bebas dan aktif berdasarkan Pancasila adalah …
a. Ikut campur dan memihak salah satu blok
b. Pengiriman pasukan perdamaian ke wilayah konflik
c. Memberi bantuan senjata kepada negara yang bertikai
d. Menghimpun negara sepaham dan seidologi
e. Organisasi ekonomi yang eropa sentris

Answer: b

38. Bangsa Indonesia tidak dapat berdiam diri terhadap peristiwa-peristiwa internasional yang membuat suatu negara terpuruk karena …
a. Indonesia merupakan anggota PBB yang ke 50
b. Pemerintah Indonesia memiliki kedaulatan yang sah
c. Bangsa Indonesia adalah bagian mutlak dar bangsa-bangsa di dunia
d. UUD 1945 mengamanatkan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat
e. Keberhasilan pembangunan bangsa Indonesai sangat bergantung pada dunia internasioanl

Answer: e

39. Karena nilai dasar Pancasila tetap tidak mengalami perubahan, maka Pancasila tergolong pada ideologi yang …
a. Kaku
b. Terbuka
c. Inovatif
d. Progresif
e. Kontemporer

Answer: a

40. Fungsi filsafat Pancasila dalam hubungan dengan ideologi-ideologi di dunia adalah sebagai ….
a. Perbandingan perkembangan ideologi
b. Penyaringan masuknya ideologi asing
c. Perpaduan filsafat dan ideologi
d. Perebutan hegemoni filsafat
e. Unsur ideologi setiap bangsa

Answer: b

III. BIDANG TATA NEGARA

41. Pengakuan de jure dari suatu negara terhadap negara yang lain ditandai oleh …
a. Bantuan diplomasi
b. Kerja sama militer
c. Hubungan diplomatik
d. Kunjungan kepala negara
e. Bantuan ekonomi

Answer: b

42. Dilihat dari segi tujuannya, negara kepolisian bertujuan …
a. Meningkatkan kesejahteraan
b. Mewujudkan ketertiban
c. Memelihara kekuasaan
d. Menjamin keamanan
e. Mempertahankan persatuan

Answer: b

43. Corak negara yang menganut ideologi fasisme mengutamakan …
a. Kesejahteraan bersama
b. Kemakmuran rakyat
c. Keadilan sosial
d. Ketentraman masyarakat
e. Kekuasaan negara

44. Ciri khas negara kesatuan adalah …
a. Kepala negaranya adalah seorang presiden
b. Kekuasaan asli ada pada pemerintah pusat
c. Warga negara mudah berpindah domisili
d. Adanya konstitusi yang tertulis
e. Kepala negaranya dipilih oleh rakyat

Answer: b

45. paabila didasarkan pada ajaran Trias Politika, yang dikenal dengan teori pemisahan kekuasaan negara, maka penetapan APBN menurut UUD 1945 merupakan campur tangan…
a. Presiden dalam kekuasaan Dewan Perwakilan Rakyat
b. Dewan Perwakilan Rakyat dalam kekuasaan presiden
c. Presiden dalam kekuasaan Mahkamah Agung
d. Mahkamah Agung dalamkekuasaan Presiden
e. DPR dalam kekuasaan Mahkamah Agung

Answer: a

46. Jika dibandingkan dengan kabinet parlementer kelebihan kabinet presidentil adalah dalam hal…
a. Pembentukan kabinet sangat demokratis
b. Jalannya pemerintahan lebih setabil
c. Para menteri bertanggung jawab secara kolektif
d. Para meneri dapat diganti sewaktu-waktu
e. Pemerintahan lebih mencerminkan aspirasi rakyat

Answer: b

47. Dibandingkan dengan berbagai norma sosial lainnya, sanksi norma kesopanan bersumber dari …
a. Hati nurani
b. Masyarakat
c. Tuhan
d. Lembaga sosial
e. Negara

Answer: a

48. Berikut ini,hal yang termasuk dalam bidang hukum privat adalah …
a. Melanggar perjanjian
b. Penggelapan barang
c. Hubungan antara daerah
d. Pelanggaran hukum
e. Pembunuhan berencana

Answer: a

49. Untuk menarik hati rakyat Indonesia Jepang membentuk dan melantik badan Penyidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia pada tanggal ..
a. 8 Maret 1942
b. 8 September 1943
c. 29 April 1945
d. 29 Mei 1945
e. 14 Agustus 1945

Answer: e

50. norma pertama dalam tata hukum Indonesia adalah …
a. Dekrit Presiden
b. Proklamasi Kemerdekaan
c. Ketetapan MPR
d. Pembukaan UUD 1945
e. Pancasila

Answer: d

51. Hubungan antara pancasila dan Prokolamasi Kemerdekaan adalah …
a. Pancasila memberi motivasi perjuangan kemerdekaan
b. Pancasila menjadi dasar perumusan Teks Proklamasi
c. Teks Proklamasi dirumuskan bersamaan dengan Pancasila
d. Proklamasi Kemerdekaan menjadi dasar berlakunya Pancasila
e. Nilai Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan adalah sama

Answer: d

52. Menurut Pasal 14 ayat (1) UUD 1945 hasil perubahan pertama, dalam hal memberi grasi dan rehabilitasi, Presiden perlu memperhatikan pertimbangan dari ….
a. MPR
b. Dewan Perwakilan Rakyat
c. Mahkamah Agung
d. Menteri Kehakiman
e. Dewan Pertimbangan Agung

Answer: c

53. Berdasarkan UUD 1945, anggota Badan Pemeriksa Keuangan dipilih oleh ….
a. Presiden dengan memperhatikan pertimbangan DPR
b. DPR dengan memperhatikan usul dari pemerinah
c. Presiden dengan memperhatikan pendapat DPD
d. DPR dengan meperhatikan pertimbangan DPD
e. Presiden dengan memperhatikan perimbangan DPD

Answer: a

54. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat menurut UUD 1945 mempunyai hak interpelasi, yakni hak untuk ….
a. Bertanya kepada Pemerintah
b. Melakukan penyelidikan
c. Melakukan perubahan terhadap RUU
d. Mengawasi jalannya pemerintahan
e. Ikut serta menetapkan APBN

Answer: a

55. Berdasarkan UUD 1945, Mahkamah Agung hanya mempunyai hak menguji formil terhadap peraturan perundang-undangan yang berupa ….
a. Undang-undang
b. Peraturan pemerintah
c. Keputusan presiden
d. Keputusan menteri
e. Peraturan derah

Answer: c

56. Menurut Pasal 24 ayat (1) UUD 1945, Mahkamah Konstitusi anatar lain mempunyai kewenangan …..
a. Memberhentikan ketua MPR
b. Memberhentikan ketua DPR
c. Memberhentikan presiden
d. Membuat partai politik
e. Mengubah undang-undang dasar

57. Desentralisasi sebagai salah satu asas yang dianut dalampenyelenggaraan pemerintahan di daerah maknanya adalah ….
a. Penugasan dari pemerintah kepada daerah untuk melaksanakan tugas tertentu
b. Penyerahan kewenangan kepada derah untuk mengurus rumah tangganya sendiri
c. Pendelegasian kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
d. Pelimpahan tugas kepada daerah untuk mengurus dan melaksanakan pemerintahan
e. Pembagian tugas pemerintahan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah

Answer: c

58. Salah satu hal yang menjadi kewenangan pemerintah pusat menurut Undang-undang No.22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah adalah …
a. Industri dan perdagangan
b. Penanaman modal
c. Pemberdayaan sumber daya alam
d. Pekerjaan umum
e. Pendidikan dan kebudayaan

Answer: c

59. Berikut ini merupakan asas-asas yang dianut PP, KECUALI ,,,,
a. Persamaan kedaulatan antara semua anggota
b. Memenuhi kewajiban dengan itikad baik
c. Menyelesaikan persengketaan dengan cara damai
d. Menjauhi penggunaan ancaman dan kekerasan
e. Mencampuri urusan suatu negara demi kepentingan besama

Answer: e

60. Organ utama PBB yang berfungsi membuat rekomendasi entang prinsip kerja sama internasional dalam rangka memelihara perdamaian dan keamanan internasional adalah …
a. Dewan Keamanan
b. Majelis Umum
c. Dewan Perwalian
d. Sekretarit
e. Dewan Ekonomi dan Sosial

Answer: a

IV. BIDANG SEJARAH

61. Dunia Melayu, yaitu Riau, malaka, dan daerah sekitarnya sangat beruntung dilihat dari sudut internasional karena….
a. Letak geografis yang dipengaruhi angin musim
b. Tedapat beberapa keseltanan dikedua tepi Selat Malaka
c. Penggunaan mata uang yang sama
d. Agama yang sama
e. Penggunaan bahasa yang sama

Answer: e

62. Kedatangan bangsa-bangsa baik dari Asia Barat, Asia Selatan maupun Asia Timur ke Kepulauan Indonesia sejak abad X adalah karena antara lain lada yang dihasilkan di Sumatera dan Jawa Barat, juga di ….
a. Jawa Tengah
b. Kalimantan Selatan
c. Kalimantan Timur
d. Jawa Timur
e. Sulawesi Selatan

Answer: e

63. rempah-rempah yang sulit diperoleh di Eropa pada abad ke-15, ke-16, dan ke-17 membuat orang-orang Eropa ingin membelinya sendiri dari tempat-tempat penghasilannya. Hal ini menimbulkan persaingan antara orang-orang Eropa sendiri antara lain yang terjadi di Banten antara orang-orang Belanda dan ….
a. Orang-orang Spanyol
b. Orang-orang Portugis
c. Orang-orang Perancis
d. Orang-orang Italia
e. Orang-orang Inggris

Answer: b

64. Pembentukan Oost-Indische Compagnie pada tahun 1602 dimaksudkan agar dalam perdagangan rempah-rempah di Kepulauan Indonesai, pedagang-pedagang Belanda dapat menghadapi bersama…
a. Pedagang-pedagang Spanyol
b. Para pedagang Cina
c. Para perampok
d. Maslah-masalah yang muncul lebih terpadu
e. Persaingan antar pedagang Belanda sendiri

Answer: e

65. Untuk melindungi perdagangan, VOC diberi ….
a. Keleluasaan membuat kapal-kapal perangnya sendiri
b. Hak octrooi
c. Keleluasaan mengekspor rempah-rempah ke pasar Eropa
d. Armada dengan tentara sewaan yang kuat
e. Izin untuk meberlakukan Punale Sanctie

Answer: d

66. Jatuhnya kerajaan-kerajaan besar di Indonesia seperti Gowa, Mataram, Banten, dan Aceh yang berlangsung dari sekitar 1680 hingga 1750 ke tangan Belanda menandai awal dari…
a. Hancurnya perdagangan rempah-rempah
b. Mulai terciptanya kesatuan wilaah di Indonesia
c. Pendidikan barat masuk ke Indonesia
d. Munculna perlawanan terhadap kekuasaan Belanda
e. Berakhirnya pengaruh Portugis di Indonesia

Answer: d

67. Raja Bone, Arum Pone, menolak menyerahkan wilayah-wilayah kekuasaannya, setelah Inggris meninggalkan Indonesia pad tahun 1816, karena ia menganggap …
a. Kerajaannya adalah kerajaan merdeka
b. Kedudukannya sama dengan Belanda
c. Belanda selalu memeras
d. Belanda ingin menguasai secara mutlak
e. Belanda tidak pernah menepati janji

Answer: d

68. Pada tahun 1830 pemerintah Belanda menghadapi kekurangan dana untuk menjalankan kegiatannya di Hindia Belanda karena….
a. Keikutsertaannya dalam perang yang terjadi di Eropa
b. Harus memberi sumbangan kepada perancis yang menjadi sekutu
c. Perang Diponegor yang menelan biaya besar
d. Kerugian yang dialami karena banjir besar yang melanda Belanda yang berada di bawah permukaan laut
e. Harus memberi dukungan finansial kepada Inggris yang membantunya melawan Perancis

Answer: a

69. Munculnya kesadaran berbangsa di kalangan penduduk Indonesia didorong mula-mula oleh …
a. Kaum intlektual Belanda
b. Kaum intlektual Indonesia
c. Para ulama
d. Para musyafir
e. Para pedagang

Answer: b

70. Salah satu sumbangan yang diberikan Sumpah Pemuda adalah …
a. Memberi penghargaan kepada tradisi etnik
b. Meningkatkan kesadaran berbangsa
c. Saling menghargai di kalangan suku-suku bangsa
d. Kesadaran akan kemampuan bangsa sendiri
e. Kesadaran akan kebhinekaan

Answer: b

71. Jepang pada dasawasa 20 dan 30 abad ke-20 sudah mempunyai perhatian sangat besar terhadap Hindia Belanda karena menganggap potensi yang dimiliki wilayah ini sangat penting.Potensi-potensi itu antara lain adalah …
a. Perkebunan-perkebunan
b. Tanaga manusia
c. Hasil tambang
d. Hasil laut
e. Hasil pertanian

Answer: c

72. Indonesia ternyata bukan wilayah kecil bagi yentara pendudukan Jepang pada waktu Perang Dunia II. Oleh sebab itu, wilayah ini dibagi atas dua bagian untuk diperintah, yaitu bagian timur dan bagian barat, Bagian barat Indonesia dikuasai oleh …..
a. Kami Kase
b. Angkatan Darat
c. Angkatan Lau
d. Angkatan Udara
e. Kempe tai

73. Untuk mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 23 Agustus 1945 Presiden Soekarno mengumumkan berdirinya tiga abadan baru, yaitu ..
a. KNPI
b. KNIP
c. KNI
d. KPIR
e. KNRI

Answer: b

74. Setelah Indonesia merdeka dan memeperoleh pengakuan internasional, ternyata masalah-masalah yang dihadapi belumberakhir, terutama masalah konstitusi. Pada tahun 1950, setelah terbentuk negara kesatuan, UUD Sementara yag digunakan pada hakikatnya merupakan UUD …
a. Hindia Belanda dengan beberapa perubahan
b. Negara Indonesia Timur dengan beberapa perubahan
c. 1945 yang disempurnakan
d. RIS dengan beberapa perubahan
e. Baru yang direncanakan KNI

Answer: a

75. Badan yang diharpakan dapat membuat konstitusi baru setelah pemilihanumumpertama adalah konstituante. Namun, badan ini ternyata gagal, sehinga UUD Sementara tetap diberlakukan sampai Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959. Masalah yang dihadapi konstituante adalah ..
a. Para anggota tidak ahli
b. Terlalu banyak partai
c. Tidak ada batas waktu
d. Partai-partai kecil tidak dapat bersuara
e. Partai-partai besar mendominasi perdebatan

Answer: a

76. Dampak kegagalan konstituante dan pemberontakan-pemberontakan di beberapa daerah Indonesia membuat Letnan Jenderal Nasution mengeluarkan peraturan tanggal 3 Juni 1959 yang ….
a. Melarang kegiaan politik
b. Mengadakan mutasi
c. Mengurangi jumlah partai
d. Melarang partai sosialis Indonesia
e. Melarang partai Masyumi

Answer: a

77. Kabinet Ali Sastroamidjojo adalah kabinet yang menonjol dalam ofensif diplomasi. Ia mengadakan kerjasama dengan negara-negara asing berdasarkan prinsip….
a. The right to be free
b. The right of self determination
c. Human rights
d. Right to have education
e. Good neighbour policy

78. Indonesa menjadi anggota negara-negara nonblok karena i ngin netral dalam percaturan dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Rusia. Kedua negara itu setelah Perang Dunia II terlibat dalam ….
a. Perang ideologi
b. Perlombaan persenjataan
c. Persaingan ekonomi global
d. Ofensif politik

Answer: b

79. Pada dekade terakhir abad ke-20 Indonesia mengalami beberapa kali pergantian kepala negara. Kepala Negara pertama-tama ditumbangkan dianggap telah ….
a. Mempengaruhi tentara untuk melindungi kepentingannya
b. Tidak mampu lagi karena usia
c. Membawa krisis ekonomi bagi RI
d. Memberi janji-janji kosong untuk menyengsarakan rakyat
e. Dipengaruhi oleh IMF dan WHO

Answer: c

80. Kemajuan komunikasi yang canggih sebagai hasil kemajuan iptek telah meningkatkan konsumerisme melalui …
a. Sinetron
b. Penawaran barang mewah
c. Iklan dalam media elektronik
d. Film
e. Kuis

Answer: c

8. BIDANG KEBIJAKSANAAN PEMERINTAH

81. Pemerintah telah menetapkan kebijakan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun. Yang dimaksud pendidikan dasar 9 tahun adalah …..
a. Pendidikan yang terdiri dari prasekolah, SD, dan SLTP
b. Pendidikan tingkat SLTP 3 tahun yang dihapus dan diintegrasikan menjadi SD tahun
c. Pendidikan tingkat SD 6 tahun dan SLTP 3 tahun
d. Pendidikan pada tingkat SD yang diperpanjang menjadi 9 tahun
e. Pendidikan SD dan SLTP yang sama-sama menjadi 9 tahun

Answer: a

82. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui jalur dan jenjang yang tersedia. Yang dimaksud jalur pendidikan adalah jalur pendidikan ….
a. Sekolah dan luar sekolah
b. Formal dan informal
c. Umum dan kejuruan
d. Dasar, menengah, dan tinggi
e. Umum dan kedinasan

Answer: b

83. GBHN 199-2004 tlah mengamanatkan terselengaranya pemilu secara lebih demokratis pada tahun 2004 yang dilaksnakan oleh sebuah badan penyelenggara pemilu yang independen dan nonpartisan, yaitu….
a. Komisi pemiihan umum
b. Lembaga pemilihan umum
c. Badan pemilihan umum
d. Biro pemilihan umum
e. Pelksanaan pemilihan umum

Answer: a

84. Sistem pemerintahanpresidential mengatur hubungan antara presiden dengan DPR, yaitu ….
a. Presiden dapat membubarkan DPR
b. Presiden dan DPR tidak dapat saling menjatuhkan
c. Presiden dapat menganti anggota DPR
d. Presiden dapat diberhentikan oleh DPR
e. Presiden dapat me-recall anggota DPR

85. Ciri utama sistem ekonomi kerakyatan adalah penegakan prinsip keadilan dan demokrasi disertai kepedulian …
a. Terhadap peningkatan ekspor
b. Terhadap tenaga wanita
c. Terhadap yang lemah
d. Menghadapi globalisasi
e. Terhadap pertahanan nasional

86. kosong

87. Untuk menanggulangi banyaknya tenaga kerja yang menganggur dan setengah menganggur, salah satu jalan keluarnya ialah dengan ….
a. Memperbaiki sektor industri
b. Memperluas kesempatan kerja
c. Memperluas pendidikan
d. Memanfaatkan sumber daya alam
e. Meminta bantuan luar negeri

88. Sasaran perbaikan struktur politik yang demokratis pada intinya ialah adanya keseimbangan, adanya penigkatan kinerja lembaga-lembaga negara, serta adanya …
a. Pemisahan kekuasaan secar tegas
b. Pengawasan yang ketat
c. Kebebasan pers
d. Kemauan pimpinan nasional
e. Dominasi partai politik

89. Indonesia perlu membina kerjasama internasional dalam upaya memberantas kejahatan lintas batas. Hal itu dapat dilakukan melalui perluasan ….
a. Zona perairan bebas
b. Perjanjian tentang perbatasan negara
c. Tugas interpol
d. Hukum laut
e. Perjanjian ekstradisi

90. Pemilihan umum yang dilaksanakan di Indonesia selama Orde Baru memiliki asas langsung, umum, bebas dan rahasia, sedangkan pada masa reformasi (pemilu1999) termasuk juga asas
a. Kebesamaan
b. Semua untuk semua
c. Efektif dan efisien
d. Jujur dan adil
e. Bertanggung jawab

91. Pendidikan dasar berbeda degan sekolah dasar karena pendidikan dasar mencakup …
a. TK dan SD
b. SD dan SMP
c. SD, SLTP, MI dan MTs
d. SD, SMP, dan SMU
e. TK, SD dan SMp

92. Konsep school/community based management yang mulai dilaksanakan di Indonesia sekarang ini adalah manajemen pendidikan yang diprogramkan untuk …
a. Prasekolah dan pendidikan dasar
b. Pendidikan tinggi
c. Pendidikan menengah dan tinggi
d. Pendidikan dasar dan menengah
e. Sekolah dasar dan menengah

93. Pendidikan luar sekolah (PLS) sangat penting diselenggarakan di Indonesia terutama berkenaan dengan banyaknya warga negara yang berusia 10-44 tahun masih ….
a. Belum mampu mendapatkan pekerjaan
b. Buta pengetahuan dasar
c. Tergolong warga negara tidak mandiri
d. Mengalami sikap rendah diri
e. Buta aksara latin dan angka

94. Pada dasarnya Indonesia adalah salah satu tujuan wisatwan mancanegara karena Indonesia memiliki selain sumber daya keragaman budaya dan seni juga memiliki …
a. Letak yang strategis
b. Banyak pulau
c. Alam/pesona alam
d. Keaslian budaya
e. Penduduk yang ramah

95. Berdasarkan UU tentang Pemerintahan Derah (UU No.22 tahun 1999),pemerintahan Derah yang terkecil adalah desa,pemerintahan desa terdiri atas pemerinahan desa dan …
a. Badan konsulasi desa
b. Badan permusyawaratan desa
c. Badan rembug desa
d. Badan perwakilan desa
e. Badan kekeluargaan desa

96. Penyelenggaraan pemerintah dengan otonomi berdasarkan pada asas …
a. Dekonsentrasi
b. Desentralisasi
c. Medebewin
d. Sentralisasi
e. konsentrasi

97. Jakarta merupakan suatu Daerah Khusus Ibu Kota dengan penataan pemerintahannya secara khusus karena memiliki kekhususan, antara lain sebagai ….
a. Pusat pemerintahan negara
b. Pusat industri tinggi
c. Kota yang paling tua
d. Daerah tujuan wisata
e. Kota modern

98. Indonesia kaya akan sumber daya alam apabila dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Jepang, tetapi kita kalah dengan Jepang dalam hal kualitas sumber daya ….
a. Teknologi
b. Generasi muda
c. Perempuan
d. Industri
e. Manusia

99. Hutan Indonesia dikhawatirkan akan semakin mengalami kerusakan parah terutama karena ulah pemegang HPH, penebangan liar, dan karena …
a. Permintaan pabrik kertas
b. Meningkatnya industri tripleks
c. Terjadinya penyelundupan
d. Kemarau panjang
e. Kebakaran hutan

100. Sistem pertahanan dan keamanan Indonesia mengalami perubahan substansial, yakni TNI sebagai kekuatan pertahanan negara, sedangkan Polri sebagai kekuatan dengan fungsi …
a. Sosial kemasyarakatan
b. Menjaga hukum dan keadilan
c. Pengendalian mumum
d. Keamanan dan ketertiban masyarakat
e. Penyidikan dan keamanan publik

10. BIDANG GBHN
101. Berdasarkan Ketetapan MPR No.IV/MPR/1999, Garis-garis Besar Haluan negara diberi pengertian ….
a. Perwujudan aspirasi rakyat Indonesia berhubungan dengan masa depannya
b. Pernyataan kehendak rakyat yang menyeluruh danterpadu sebagai haluan negara
c. Haluan negara yang dirumuskan sebagai kebijaksanaan pembangunan nasional
d. Landasan pembangunan dalam Garis-garis besar untuk jangka waktu 5 tahun
e. Pernyataan kehendak rakyat yang mencita-citakan kehidupan yangadil dan makmur

102. Maksud perumusan GBHN seperti yang dinyatakan dalam Ketetapan MPR No.IV/MPR/1999 adalah …
a. Mempercepat tercapainya tujuan pembangunan
b. Memberikan arah bagi penyelenggaraan negara
c. Meletakkan dasar terwujudnya stabilitas nasional
d. Memberikan pedoman pelaksanaan pembangunan
e. Menjadi panduan dalam perumusan kebijakan publik

103. Visi pembangunan nasional seperti dirumuskan dalam GBHN adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju dn sejahtera, yang didukung manusia Indonesia yang memiliki karakteristik sebagai berikut, KECUALI…..
a. Berakhlak mulia
b. Cinta tanah air
c. Berkesadaran hukum
d. Berwawasan global
e. Memiliki etos kerja

104. Salah satu misi pembangunan menurut GBHN adalah penegakan kedaulatan rakyat dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara. Implementasi dalam bidang pendidikan dilapangan yang sesuai sebagai perwujudan misi tersebut terutama ….
a. Peningkatan disiplin belajar
b. Pembebasan uang sekolah
c. Penegrian lembaga pendidikan
d. Konsep globalisasi pendidikan
e. Manajemen berbasis sekolah

105. Program pembangunan nasional memuat …
a. Uraian rinci dan terukur dalam pelaksanaan GBHN
b. Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan GBHN
c. Uraian kegiatan pembangunan bebagai departemen
d. Program kerja kabinet selama periode tertentu
e. Landasan struktural pembangunan nasional

106. Arah kebijakan pembangunan hukum antara lain adalah menegakkan hukum secara konsisten untuk menjamin kepastian hukum. Untuk mewujudkan arah kebijakan ini sangat diperlukan, terutama …
a. Gaji aparat penegak hukum yang mencukupi
b. Sarana dan prasarana peradilan yang mencukupi
c. Aparat penegak hukum yang berpendidikan tinggi
d. Peraturan perundang-undangan tertulis
e. Perubahan terhadap hukum acara yang ada saat ini

107. Program pemberdayaan lembaga peradilan dan berbagai lembaga penegak hukum saat ini terutama bertujuan untuk ….
a. Memelihara keamanan ligkungan
b. Mewujudkan ketertiban dalam masyarakat
c. Mempercepat penyelesaian berbagai perkara
d. Mencegah terjadinya berbagai kejahatan
e. Menumbuhkan kepercayaan masyarakat

108. Arah kebijakan pembangunan bidang ekonomi antara lain menghindari terjadi struktur pasar monopolistik, karena hal ini sangat merugikan bagi ….
a. Pertumbuhan usaha koperasi
b. Perkembangan usaha pertanian
c. Terwujudnya persaingan sehat
d. Perkembangan dunia industri
e. Peningkatan pendapatan pajak

109. Pemberdayaan ekonomi rakyat sangat terkait dengan upaya menggerakkan perekonomian pedesaan karena alasan-alasan berikut, KECUALI…
a. Sebagian besar rakyat pedesaan hidup miskin
b. Wilayah negeri ini sebagian besar adalah pedesaan
c. Pedesaan kaya dengan potensi yang dapat dikembangkan
d. Rakyat di pedesaan menuntut demokratisasi ekonomi
e. Pembangunan pedesaan dapat menghemat arus urbanisasi

110. Upaya pendidikan politik secara intensif dan komprehensif dilakukan terutama untuk ….
a. Mewujudkan kesatuan dalam berpolitik
b. Mencegah masuknya budaya politik asing
c. Meningkatkan peran berbagai lembaga negara
d. Mengembangkan budaya potitik yang demokratis
e. Menghindari perbedaan pandangan politik yang tajam

111. Amanat GBHN di bidang hukum antara lain ….
a. Pembentukan badanperadilan yang transparan
b. Proses peradilan yang berimbang
c. Proses peradilan terhadap pelanggaran hukum dan HAM
d. Kesetaraan posisi antara jaksa penuntut dan pembela
e. Kesejahteraan yang memadai bagi penyelenggara keadilan

112. Tujuan utama pendidikan menurut GBHN adalah
a. Memberikan ketrampilan kepada peserta didik
b. Menciptakan masyarakat Indonesia yang berkualitas atinggi
c. Agar peserta didik menjadi orang berguna di masyarakat
d. Menjadikan manusia Indonesia cerdik dan pandai
e. Membentuk kepribadian yang bertaqwa

113. Menurut GBHN, pemerintah berkewajiban untuk melakukan pembaharuan dan pematapan sistem pendidikan nasional dengan bersdasarkan …..
a. Penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah dan masyarakat
b. Pasal tentang pendidikan yang tercatum pada UUD 1945
c. Visi dan misi bangsa Indonesia di semua aspek kehidupan
d. Prisip desentralisasi, otonomi keilmuan, dan manajemen
e. Merevisi undang-udang sistem pendidikan

114. Mengembangkan otonomi daerah secara luas, nyata, dan bertanggug jawab dalam rangka pemberdayaan masyarakat, lembaga ekonomi, politik,hukum, keagamaan, adat,swadaya masyarakat merupakan amanat GBHN secara umum pada bidang ….
a. Pembangunan daerah
b. Pembangunan nasional
c. Pengembangan pemerintah pusat
d. Pengembangan pemerintah daerah
e. Kesetaraan anata pusat dan daerah

115. Dalam rangka pengembangan otonomi daerah dalam wadah Negara Kesatuan RI, daerah yang mendapatkan perhatian khusus pada amanat GBHN adalah ….
a. Irian Jaya, Maluku Utara, dan Maluku
b. Daerah Istimewa Aceh, Irian Jaya, dan Maluku
c. Nusa Tenggara Timur, maluku, dan Irian Jaya
d. Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi tengah
e. Daerah Istimewa aceh, Dki Jakarta, dan DIY

116. Presiden berkewajiban umtuk mengerahkan semua potensi dan kekuatan pemerintah dalam melaksanakan dan mengendalikan pembangunan nasional. Amanat ini tertuang pada …..
a. Garis-garis Besar Haluan Negara
b. DPR
c. MPR
d. Undang-undang Dasar
e. Pemerintah yang berkuasa

117. Pembangunan nasional akan memperkuat jatidiri dan kepribadian masnusi, masyarakat, dan bangsa Indonesia dalam suasana yang demokratis,tenteram,aman, dan damai, merupakan amanat GBHN pada bagian…
a. Visi dab nisi
b. Kondidi umum
c. Arah kebijakan
d. Kaidah pelaksanaan
e. Penutup

118. Berikut adalah lembaga yang berkewajiban melaksanakan GBHN secara aplikatif sesuai dengan fungsi, tugas, dan wewenangnya berdasarkan UUD 1945, KECUALI ….
a. Dewan kabinet
b. Dewan Pewakilan Rakyat
c. Dewan Pertimbangan Agung
d. Mahkamah Agung
e. Badan Pemeriksa Keuangan

119. Rencana pembangunan tahunan merupakan bentuk rinci dari ….
a. Propenas
b. APBN
c. Repelita
d. RAPBN
e. RAPBD

120. Program Pembangunan Nasional yangdituangkan dalamUndang-undang Nomor 25 tahun 2000 adalah Propenas untuk tahun…
a. 2000 – 2004
b. 2000 – 2005
c. 2000 – 2010
d. 2000 – 2018
e. 2000 – 2020

KEBIJAKAN PEMERINTAH

1. Kebijakan pemerintah sehubungan dengan upaya privatisasi BUMN pada saat ini, apabila dikaji secara mendalam dapat dipahami bahwa tujuan utamanya adalah:
a. Mewujudkan efisiensi birokrasi
b. Mencapai peningkatan produlsi
c. Mengatasi kelemahan manajemen
d. Menoptimalkan penggunaan tenaga

2. Apabila diperhatikan dengan seksama, kunci utama bagi keberhasilan berbagai upaya dan kebijakan pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi bangsa Indonesia pas saat ini adalah:
a. Pembinaan kesadaran warga negara
b. Pengembangan proyek-proyek yang strategis
c. Pungutan pajak yang proporsional
d. Penegakan hukum secara konsisten


3. Berikut ini adalah unsur-unsur utama dari program stabilisasi dan reformasi ekonomi nasional yang mendesak dan perlu dilakukan oleh pemerinah yang baru adalah kecuali….
a. Pembangunan lembaga keuangan
b. Penyelesaian utang dunia usaha
c. Mewujudkan efisiensi ekonomi
d. Meningkatkan keterbukaan

4. Sistem pemerintah negara meurut UUD 1945 pada hakekatnya merupakan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, penyelenggaraan kekuasaan eksekutif yang kekuasaan dan tanggungjawabnya ada pada
a. MPR
b. DPR
c. DPD
d. Presiden

5. Sistem pemerintaha negara didasarkan atas asas-asas sebagai berikut, kecuali…
a. Indonesia adalah negara yang berdasarkan atas hukum
b. Sistem konstitusi
c. Kekuasaan negara yang tertinggi di tangan MPR
d. Presiden ialah pemegang kekuasaan pemerintah negara

6. Kekuasaan kepala negara dalam sistem pemerintahan negara adalah..
a. Otoriter
b. Tidak terbatas
c. Tidak tak terbatas
d. Absolut

7. Pembentukan Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggaraan Negara (KPKPN) berdasarkan :
a. Keputusan presiden No.27 tahun 1999
b. UU nomor 2 tahun 1999
c. TAP MPR No.II/MPR/1978
d. TAP MPR NO.IV/MPR/1978

8. Kewenangan pemerintah dan kewenangan propinsi sebagai daerah otonom diatur dalam :
a. TAP NO.V/MPR/2000
b. PP No.25 tahun 2000
c. Keppres No.30 tahun 2003
d. Keppres No. 102 tahun 2001

9. Pokok-pokok penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan….
a. Keppres No.30 tahun 2003
b. Keppres No.102 tahun 2001
c. UU No.22 tahun 1999
d. UU No.20 tahun 2002

10. Asas yang diterapkan dalam pemerintahan daerah adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Asas desentralisasi
b. Asas hukum
c. Asas dekosentrasi
d. Asas tugas perbantuan

11. Asas pemerintahan yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban penyelenggara negara disebut…
a. Asas keterbukaan
b. Asas proporsionalitas
c. Asas profesionalistas
d. Asa akuntabilitas

12. Dasar-dasar kepemerintahan yang baik adalah mencakup hal-hal diantaranya sebagai berikut, kecuali
a. Partisipasi
b. Aturan hukum
c. Transparansi
d. Individualis

13. Teori atau model kebijakan pemerintah yang memandang kebijakan sebagai variasi terhadap kebijakan pemerintah masa lampau disebut:
a. Teori institusionalisme
b. Teori kelompok
c. Teori inkrementalisme
d. Teori rasionalisme

14. Menurut seorangahli, james R Anderson (1978) yang dimaksud dengan perilaku dari sejumlah aktor pemain kelompok instansi pemerintah atau serangkaian aktor dalam suatu bidang kegiatan tertentu adalah
a. Keadilan
b. Kebijakan
c. Musyawarah
d. Gotong royong

15. kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah yang diwujudkan dalam tindakan-tindakan menurut Simons bertujuan sebagai berikut, kecuali…
a. Meningkatkan pemuasan kepentinganumum
b. Menerapkan proses administrasi yang tepat
c. Menghindari konflik sosial yang bersifat destruktif
d. Mencapai keadilan sosial di lapisan masyarakat

16. Kebijakanpemerintah paling tidak dalam bentuknya yang positif pada mumnya dibuat berdasarkan…
a. Adat istiadat
b. Hukum dan kewenangan tertentu
c. Agama dan kepercayaan
d. Musyawarah untuk mufakat

17. Sistem kebijakan meliputi 3 unsur yang saling berkaitan yaitu sebagai berikut, kecuali….
a. Pelaku kebijakan
b. Kebijakan pemerintah
c. Lingkungan kebijakan
d. Dana kebijakan

18. Semua pilihan atau tindakan yang dilakukan oleh pemerintah dalamarti pilihan-pilihan apapun baik untuk dilakukan ataupun untuk tidak dilakukan biasa disebut dengan….
a. Keadilan pemerintah
b. Kebijakan pemerintah
c. Peraturan pemerintah
d. Strategi pemerintah

19. Menurut undang-undang No.22 tahun 1999 tentang otonomi derah, diantara kewenangan pemerintah pusat yang tidak diotonomikan :
a. Pendidikan
b. Agama
c. Sosial
d. Pertahan

20. Susunan kebijakan pemerintah daerah otonomi menurut Undang-undang No.22 tahun 1999 terdiri dari…
a. Kepala daerah dan DPRD
b. Kepala daerah, DPRD dan Badan Eksekutif Daerah
c. Kepala derah dan dinas-dinas
d. Kepala daerah dan Tripida/Muspida

21. Undang-undang terbaru tentang minyak dan gas bumi adalah…
a. UU No.21 tahun 2001
b. UU No.22 tahun 2002
c. UU No.21 tahun 2002
d. UU No.21 tahun 2001

22. Undang-undang terbaru tentang ketenagalistrikan adalah…
a. UU No.21 tahun 2001
b. UU No.22 tahun 2002
c. UU No.21 tahun 2002
d. UU No.21 tahun 2001

23. Waktu beban puncak sistem kelistrikan JAMALI terjadipada jam:
a. Antara 18:00 WIB sampai 22:00 WIB
b. Antara 19:00 WIB sampai 22:00 WIB
c. Antara 17:00 WIB sampai 21:00 WIB
d. Antara 18:00 WIB sampai 21:00 WIB

24. Badan yang mengatur pasar tenaga listrik adalah :
a. Indonesia Power
b. BP Migas
c. PLN
d. BAPETAL

25. Undang-undangyangmengatur perimbangan antara keuangan pusat dengan daerah diatur dalam:
a. UU No.25 tahun 1999
b. UU No.20 tahun 2002
c. UU No.20 tahun 1999
d. UU No.17 tahun 2003

26. Visi kebijakan energi nasional adalah:
a. Terjaminnya penyediaan energi untuk kepentingan nasional
b. Menurunnya intensitas penggunaan energi
c. Menerapkan struktur asar yang kompetitif
d. Menciptakan open access pada sistempenyaluran energi, khususnya untuk BBM, gas dan listrik

27. Pelaksanaan Deman Side Management (DSM) melalui peningkatan efisiensi pemanfaat listrik, penerapan standard dan pengendalian pemakaian energi, pada dasarnya bertujuan untuk…
a. Peningkatan efisiensi energi
b. Peningkatan penguasaan teknologi energi
c. Peningkatan usaha penunjang energi nasional
d. Peningkatan kualitas jasa penunjang energi nasional

28. Langkah kebijakan energi yang dilakukan dengan meningkatkan efisiensi pemakaian energi dengan mengembangkan dan memanfaakan teknologi hemat energi baik di sisi hulu maupun di sisi hilir:
a. Intensifikasi
b. Diversifikasi
c. Konversi
d. Regulasi

29. Penanaman modal bagi perusahaan asing di Indonesia dan kesempatan kepada perusahaan asing melakukan usaha melalui pembentukan badan hukum Indonesia diatur dalam:
a. UU No.1 tahun 1967
b. UU No.25 tahun 1999
c. UU No.20 tahun 2002
d. UU No.20 tahun 1999

30. Badan yang mengatur tentang pengawasan terhadap kegiatan usaha hulu migas agar pengambilan sumberdaya migas yang merupakan milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat adalah:
a. Badan Pelaksana Migas
b. PERTAMINA
c. Badan Pengatur Migas
d. BPH Migas

31. Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika tahun 2005 rencananya akan diadakan di…
a. Kuala Lumpur
b. Bangkok
c. Bandung
d. Mesir

32. Negara yang menjabat ketua OPEC sekarang adalah …
a. Indonesia
b. Arab Saudi
c. Brunei Darussalam
d. Mesir

33. KUBE adalah kependekan dari
a. Kebijakan Umum Bersama Energi
b. Keputusan Umum Bidang Energi
c. Kebijakan Umum Bidang Energi
d. Keputusan Untuk Bidang Energi

34. UUD 1945 sampai sekarang telah mengalami amandemen sebanyak…
a. Dua kali
b. Tiga kali
c. Empat kali
d. Lima kali

35. Berikut ini BUMN yang bergerak dalam bidang energi atau kelistrikan, Kecuali..
a. PT.Indonesia Power
b. PT.ANTAM
c. PT.PGN
d. PT.PG Paiton

36. Propenas adalah kependekan dari ….
a. Peogram Pembangunan Nasional
b. Proyek Pembangunan Nasional
c. Program Pendidikan Nasional
d. Proyek Pendidikan Nasional

37. Yang dimaksud dengan SNI adalah :
a. Sertifikat Nasional Indonesia
b. Standar Nasional Indonesia
c. Sertifikasi Nasional Indonesia
d. Standarisasi Nasional Indonesia

38. Ketua pemilihan umum nasional adalah…
a. Nazaruddin Syamsudin
b. Din Syamsudin
c. Rudini
d. Bambang Sulistyo

39. kabinet yang dipimpin oleh Presiden Megawati dinamakan…
a. Kabinet Pembangunan Nasioanl
b. Kabinet Indonesia Bersatu
c. Kabinet Persatuan Nasional
d. Kabinet Gotong Royong

40. Panglima Militer Penguasa Operasi Militer di Aceh adalah….
a. Abdullah Puteh
b. Endang Suwarya
c. Rimarizad Riyakudu
d. Widodo AS

41. Siapa yang menyusun PROPENAS adalah…
a. Presiden
b. DPR
c. Presiden dan DPR
d. Bappenas

42. PROPENAS disusun berdasarkan UU No berapa..
a. UU No.22 tahun 1999
b. UU No.25 tahun 1999
c. UU No.25 tahun 2000
d. UU No.28 tahun 1999

43. Program PROPENAS disusun setiap berapa tahun sekali.
a. 1 tahun sekali
b. 2 tahun sekali
c. 5 tahun sekali
d. 25 tahun sekali

44. Pedoman penyelenggara negara yang bebas korupsi, kolusi dan nepotisme berdasarkan UU:
a. UU No.22 tahun 1999
b. UU No.25 tahun 1999
c. UU No.25 tahun 2000
d. UU No.28 tahun 1999

45. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini adalah..
a. Mar’ie Muhammad
b. Taufiqurachman Ruki
c. Din Syamsudin
d. Jimly Asshiddiqie

46. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini adalah…
a. Mar’ie Muhammad
b. Taufiqurachman Ruki
c. Din Syamsudin
d. Jimly Asshiddiqie

47. Kapan dimulainya pelaksanaan AFTA:
a. 2003
b. 2010
c. 2005
d. 2020

48. Kapan mulai dilaksanakan WTO untuk negara berkembang:
a. 2003
b. 2005
c. 2010
d. 2020

49. DampakIndonesia setelah ikut meratifikasi protocol kyoto adalah…
a. Pembangunan harus memperhatikan dan mengurangi dampak lingkungan
b. Pemerintahan harus menganut prinsip “Good Govermance”
c. Pemerintah harus keluar dari IMF
d. Peningkatan kerjasama antara Indonesia dan Jepang

50. Kapan Indonesia keluar dari IMF
a. 2003
b. 2004
c. 2005
d. Belum ada renaca keluar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar