Minggu, 07 Juni 2009

Seputar Dunia Marketing

MARKETING PROFESIONAL

Bila anda seorang manager pemasaran, apa yang diperlukan untuk bisa sukses?
Ini adalah daftar hal-hal yang perlu diperhatikan&dimengerti oleh para manager pemasaran :


1. Mereka memerlukan keahlian-keahlian klasik seperti riset pemasaran, pengembangan
produk baru, manajemen produk, penentuan harga, negosiasi, komunikasi, ilmu menjual,
serta channel management.
2. Mereka harus mempunyai orientasi yang luas atau global agar supaya bisa mengenali
peluang-peluang baru.
3. Mereka harus tahu tentang analisis keuangan agar dapat mengetahui apa dampak dari
strategi marketing yang ditawarkannya bagi keuangan. Mereka harus mengerti analisis
titik impas, ROI, EVA, dan investor. Mereka harus mampu mengukur profitabilitas dari
konsumen secara individual, segment pasar, area geografis, dan besarnya order.
4. Mereka harus mengerti teknologi di bidang IT agar bisa menggunakan internet, database
marketing, dan telemarketing. Di bidang teknis, para manager pemasaran harus memiliki
latar belakang engineering (teknik).
5. Mereka harus mengetahui kekuatan dan kelemahan dari berbagai macam bentuk
komunikasi agar bisa melaksanakan komunikasi pemasaran yang terintegrasi dengan
baik, dan bisa menyampaikan ide-ide dan strategi yang dimengerti dengan baik pula oleh
semua yang terlibat dalam pelaksanaannya.
6. Mereka harus mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang metode matematika dan
statistik. Misalnya cluster analysis, conjoint analysis, data mining, sales response analysis,
marketing mix modelling dan teknik-teknik lain untuk menerjemahkan data pasar, survei
survei, dan fenomena-fenomena.
7. Mereka dituntut untuk mempunyai kemampuan kreativitas yang tinggi, dan memiliki
pemikiran yang sering kali out of the box atau dluar kebiasaan. Untuk dapat menghasilkan
keuntungan yang besar bagi perusahaan acap diperlukan terobosan atau inovasi yang
kadang melenceng dari konsep-konsep yang ada.

PEMASARAN GERILYA
Pengertian Gerilya :
Gerilya adalah Strategi dan Taktik perang yang mengutamakan terobosan disetiap pertempuran dengan melakukan serangan - serangan dan mengejutkan dengan menggunakan beberapa cara dan senjata.
Pengertian Pemasaran Gerilya :
Adalah melakukan kegiatan pemasaran lebih banyak dan menyeluruh meliputi pengelolaan semua unsur pemasaran dengan mengadopsi Strategi dan Taktik gerilya yang inovatif dan efisien
PRINSIP DASAR PEMASARAN GERILYA
· Me
lakukan kegiatan pemasaran lebih banyak dengan biaya lebih ringan.
· Pemasaran adalah berhubungan dengan orang.
· Keuntungan sebagai dasar tolok ukur.
· Lebih d
iarahkan untuk usaha menengah kebawah walaupun dapat dilakukan oleh usaha
besar.
· Teknologi sangat mempermudah, lebih praktis dan hemat biaya.
· Mengembangkan kerjasama bukan kompetisi.
· Mendahulukan hubungan baik daripada penjualan.
· Menggunakan kombinasi sarana-sarana promosi.
· Meny
ediakan 100 macam cara dan sarana promosi.
· Mengeksplorasi lebih banyak penggunaan bahasa isyarat.
· Pemasaran bukan hanya sebagai kesempatan untuk mencari keuntungan, tetapi lebih dari
itu membantu customer sukses dalam usahanya.
· Memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan kepada customer.

KARAKTER SEORANG GERILYAWAN
S A B A R
:
· Bersumber dari kekuatan yang ada didalam hati yang mampu menciptakan kegigihan dan
daya tahan untuk mengatasi berbagai kesulitan hidup.
· Kesabaran hanya dapat dibangun melalui bimbingan rohani dan pemahaman tentang
makna hid
up
IMAGINATIF :
· Bersumber dari kekuatan angan - angan kemudian ditindak lanjuti oleh akal pikir.
· Imajinasi itu seperti mimpi, kalau tidak dikendalikan oleh akal pikir / logika maka
imajinasi tidak mungkin dapat direalisasi.
· Imajinasi dapat dibangun melalui perluasan wawasan, ilmu pengetahuan, pengalaman dan
kesulitan sehingga dapat menciptakan alternatif / pikiran dan trobosan - terobosan.
SENSI
TIF :
· Bersumber dari kekuatan " Rasa " kemudian menimbulkan reaksi.
· Sensitifit
as atau kepekaan rasa memacu akal pikir untuk selalu siaga menghadapi segala
kemungkinan ( Alert ) dan tanggap terhadap apa yang sedang terjadi ( Responsive )
AGRESIF :
· Bersumber dari sikap dan kemauan untuk memenangkan sesuatu atau mengungguli orang
lain.
· Agresifitas dalam arti positif mencerminkan kesiapan, mengambil inisiatif pertama dan
semangat untuk menang.
KREATIF :
· Creativ
e dari asal kata " to create " yang artinya membuat, mencipta, menimbulkan atau
mewujudkan ; karena itu sangat berkaitan dengan imajinasi ( Stimulating the
imagination ).
· Kreatif dapat menciptakan berbagai pilihan atau alternatif.
· Gabungan antara sensitif, kreatif dan agresif sering diungkapkan sebagai RASA, CIPTA,
dan KARSA.

PERENCA
NAAN PEMASARAN GERILYA
Perencanaan sangat menentukan keberhasilan pemasaran gerilya. Hakekat perencanaan adalah apa yang h
endak dicapai, kapan dan bagaimana cara mencapainya.

Tentukan sasaran / objektif yang hendak dicapai seperti misalnya :
1. Sasaran Pasar - Asosiasi Profesi, karyawan, perusahaan dll
2. Target kualitatif - Penjualan secara kolektif
3. Secara kuantitatif - 100 unit per bulan

Mengelola waktu dan teritori secara efektif
1. Menetapkan waktu pelaksanaan
2. Menetapkan cakupan wilayah / teritori

Menetapkan Strategi dan taktik pemasaran gerilya dengan menggunakan berbagai alternatif senjata pe
masaran yang paling efektif.
Mengelola organisasi pelaksanaannya seperti membentuk Task Force, membuat SOP dan pengendalian proses yang dibutuhkan untuk memastikan tercapainya sasaran.



SIKAP POSITIF
Kebanyak
an orang tahu bahwa kerja keras baik untuk perusahaan. Selain itu, kerja keras juga baik untuk pelanggan bahkan untuk negara. Tetapi hanya seorang pemenang yang tahu bahwa kerja keras juga bagus untuk mental orang yang bersangkutan.
Kerja kerjas harus dilakukan bukan karena kerja keras akan memungkinkan anda mendapatkan penghargaan dan promosi, tetapi lebih karena akan membuat anda menjadi seorang yang kompeten. Tentu sangat tidak baik jika masing-masing kita berhenti peduli terhadap kualitas kerja kita sendiri.

Pegawai yang positif memutuskan untuk menikmati pekerjaannya! Tidak peduli apakah pekerjan tersebut disukainya atau tidak. Tentu saja, tidak ada pekerjaan yang sempurna dan selalu saja ada hal-hal untuk dikeluhkan. Bagi seorang pemenang, mereka memutuskan untuk menyukai pekerjaannya. Para Pemenang mengambil sikap tersebut berdasarkan keputusan mereka sendiri, bukan berdasarkan perasaan yang mereka rasakan.

Pekerjaan anda mungkin saja tidak menyenangkan, bahkan mungkin sangat menyebalkan. Tetapi sebagai pemenang, Anda akan menikmati pekerjaan anda, tidak peduli apakah anda menyukainya atau tidak.

Pegawai yang positif melihat segala situasi dari sisi baiknya. Setiap orang selalu melihat apa yang salah dalam suatu situasi tetapi pegawai yang positif tidak terpaku pada satu titik. Seorang pemenang tetap membuat dirinya termotivasi dengan melihat setiap situasi dari sisi baiknya dan memusatkan perhatian pada bagaimana mereka dapat membuatnya menjadi lebih baik.
Sebaliknya, pegawai yg negatif memusatkan perhatian pada hal-hal kecil yg mengganggu dan membiarkannya menghancurkan semuanya

Pegawai yg positif akan bertanya bagaimana dia dapat melakukan lebih dari yg diharapkan. Setiap orang pasti tahu prinsip ini, sedikit bicara tapi banyak bekerja. Pegawai Positif tidak pernah puas dengan hasil pekerjaan yang biasa-biasa saja dan mereka akan merasa tidak nyaman dengan diri mereka sendiri.
Pegawai yg positif mencari tahu apa yg diharapkan dari mereka dan akan melakukan yg terbaik untuk mencapai harapan-harapan tersebut. Tidak peduli apakah melakukan sesuatu yg membuat pelanggan terpukau dg pelayanan yg lebih baik dari yg pernah didapatkannya sebelumnya atau membuat kejutan thd sesama reka sekerja dengan menawarkan bantuan ekstra. Pegawai yg positif memusatkan perhatiannya pada bagaimana dia dapat melakukan lebih bukan kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar