Senin, 08 Juni 2009

Sembari Ngopi

Hilangkan Kerutan Dengan Cara Mudah
Polusi, tekanan pekerjaan dan berbagai masalah memang dapat membuat wajah terlihat berkerut-kerut. Untuk mencegah agar kerutan wajah ini tak jadi 'hiasan' permanen, ada baiknya Anda terapkan resep berikut untuk memanjakan wajah Anda.
Yang Anda butuhkan hanyalah pisang. Cara membuatnya pun mudah dan murah. Inilah langkah-langkahnya:
1. Kupas pisang tua yang matang, ambil seperempat bagian kemudian lumatkan.
2. Balurkan di wajah dan biarkan selama 15-20 menit
3. Bersihkan dengan air hangat diikuti dengan air dingin (air es boleh saja).
4. Keringkan air yang menempel di wajah dengan handuk yang lembut.


Tips Atasi Wajah Lelah Dan Kusam
Hidup di kota besar yang penuh dengan tantangan dan tekanan memang cenderung membuat seseorang jadi mudah tertekan. Akibatnya wajah pun jadi terlihat tegang, kusam dan lelah. Tapi ada kog cara untuk mengatasinya. Mau tahu? Simak terus yang berikut ini..

Kulit kusam juga tidak hanya disebabkan karena lelah ataupun stress, banyak faktor yang juga bisa menyebabkan hal ini. Mulai dari pola makan yang salah, karena kekurangan serat, dan sayuran bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Selain itu aktivitas luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung pun bisa sangat berpengaruh. Jangan lupa kenakan pelembab yang mengandung serta konsumsi madu dan mentimun setiap hari untuk membantu rehabilitasi kulit.

Penggunaan kosmetik pun penting untuk diperhatikan. Jangan sekedar ikut-ikutan teman untuk mencoba kosmetik. Kosmetik yang tidak cocok dapat menyebabkan iritasi pada kulit, atau paling tidak untuk yang paling ringannya adalah kesan kusam pada kulit. Bila ini terjadi, sebelum menggantinya dengan kosmetik lain, diamkan kulit tanpa kosmetik untuk 1 - 2 hari agar kulit dapat menyesuaikan kondisinya lagi.

Sekedar relaksasi tidak akan menyita waktu Anda yang sangat berharga demi wajah yang tampak segar. Cukup meluangkan maksimal 30 menit kok.
1. Bersihkan wajah dgn air hangat.
2. Tempelkan handuk yang sudah dihangatkan pada wajah dengan posisi tidur terlentang kira-kira 10 menit.
3. Siapkan mentimun dingin, iris bulat 4 keping.
4. Letakkan di atas mata dalam keadaan terpejam masing-masing 1 keping.
5. Sisanya letakan di atas pipi dan di bawah mata.
6. Diamkan 10 menit. Siapkan handuk dingin lalu tepuk-tepuk ke wajah.


Saat Tubuh Perlu Vitamin
Vitamin pada dasarnya adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena tak dapat memproduksi sendiri, maka vitamin itu biasanya harus diasup dari luar dan seringkali berupa makanan. Lalu kapan ya saat terbaik untuk mengkonsumsi vitamin?

Ada yang mengatakan, vitamin sebaiknya dikonsumsi pada pagi atau malam hari. Ada juga yang mengatakan sebaiknya konsumsi vitamin disertai makanan padat.

Menurut ahli gizi, konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja begitu kita ingat. Sebab, hanya sedikit perbedaan manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi vitamin secara teratur. Bagi mereka yang ingin mengonsumsi vitamin secara teratur, ada baiknya menyimak beberapa tip di bawah ini:
1. Konsumsi vitamin bersama makanan untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh.

2. Pil zat besi berdampak keras bagi perut. Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, ada baiknya mengonsumsi pil zat besi bersama makanan.
3. Saat ini vitamin E kebanyakan bersalut lemak. Untuk memperoleh manfaat lebih besar, konsumsilah bersama cairan berlemak seperti segelas susu.
4. Lebih baik mengonsumsi kalsium berdosis 300 mg atau kurang, dibandingkan dengan mengasup kalsium dalam jumlah besar sekaligus. Ada baiknya menambah dosis 10 persen jika mengkonsumsi kalsium bersama makanan atau biji-bijian karena bisa menahan proses penyerapan oleh tubuh.

Memikat dengan Busana Tepat
Dengan model busana yang tepat, kekurangan tubuh bisa terkoreksi. Tambahkan dengan rasa percaya diri yang tinggi, agar tampil lebih memikat.
TIPS :
1. Jangan
ragu mencoba hal baru, dengan begitu Anda akan semakin tahu citra yang ingin ditampilkan.
2. Anda tidak perlu menjadi orang lain sehingga di "cap" korban mode.
3. Penjiwaan
terhadap kenyamanan berbusana pada saat dikenakan sangatlah penting, karena semahal apapun busana tersebut, jika tidak dibawakan dengan yakin maka penampilan Anda akan terlihat biasa - biasa saja. Sebaliknya, meski tidak mahal, jika busana tersebut dikenakan secara yakin, maka penampilan Anda pun akan semakin memikat.
4. Agar menarik, jangan ragu untuk melengkapi penampilan dengan aksesori.
5. Hindari busana dengan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran tubuh Anda.

Berbusana Menambah Percaya Diri
Rasa percaya diri tidak timbul begitu saja. Percaya diri tak hanya berasal dari keperibadian yang menarik, namun ada hal yang tak kalah penting yaitu penampilan yang menarik.
“First look, First think”
, itulah kalimat yang menggambarkan pentingnya tampil menarik. Salah satu factor penting yang mendukung seseorang tampil menarik adalah bagaimana seseorang tersebut mampu memilih busana yang tepat diwaktu yang tepat.

Pertanyaannya saat ini adalah:
1.
Sejauh mana Anda mengetahui
bahwa busana yang Anda pakai telah sesuai dan pantas dengan postur tubuh Anda?
2. Seja
uh mana Anda mengetahui bahwa busana yang Anda pakai telah sesuai dan pantas dgn tema acara yang Anda hadiri?

Jika Anda ingin tampil percaya diri dimanapun Anda berada, maka Anda harus sudah bisa menjawab kedua pertanyaan diatas. Tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan cara mengetahui cara berbusana yang terbaik untuk Anda.

TERAPI REFLEKSI TULANG BELAKANG
Osteoporosis disebabkan karena berkurangnya matrix tulang. Matrix tulang banyak mengandung kalsium dan phospat. Oleh karena itu, makanlah makanan yang banyak mengandung zat-zat tersebut seperti susu, ikan teri, dll.
Pemijatan terapi tulang belakang diyakini mampu membantu penyerapan zat-zat tersebut untuk menghindari dan mencegah Osteoporosis. (Dr. Yogi Prabowo - MEDICAL EMERGENCY RESCUE COMITEE).
Pemijatan pada tulang belakang membantu penekanan sekitar bagian urat saraf tulang belakang dan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan secara alami. Sebagian besar saraf bersemayam di tulang belakang sehingga jika posisi tulang belakang tidak normal - menjepit saraf dapat mengakibatkan penyakit, seperti : Darah Tinggi dan Rendah, Jantung, Pengerasan Arteri, Kolesterol, Asam Urat, Lever, Kencing Manis, Reumatik, Pengapuran, Ginjal, Stroke, Insomania, Wasir, Vertigo, Gondok, Kecapean, Pegal, Melancarkan Peredaran Darah, Prostat, Haid tidak lancar, Lemah Saraf & Sahwat, Katarak, Mengancurkan Lemak Bagian , yang Gemuk, Redakan Mati Rasa di Kaki & Tangan, Sakit Pundak Punggung & Pinggang, Maag, dll. ( Dr. Syaiful Saanin, Neurosurgeon - Ka. SMF Bedah Saraf RS. M. Jamil/FK-UNAND Padang.)
Melengkungnya punggung ke depan akan menyebabkan menyempit atau merapatnya tulang belakang bagian depan, sedangkan bagian belakang merenggang, menyebabkan nukleus pulposus menonjol ke belakang. Sedangkan pada tulang belakang terdapat serabut saraf spinal serta akarnya, dan apabila tertekan akan menyebabkan nyeri yang hebat pada bagian pinggang, bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan anggota bagian bawah. ( dr.Zamna Idyan, S.Kep - Mahasiswa Profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia).
Penyebab yang paling sering ditemukan yang dapat mengakibatkan Low Back Pain (LBP) adalah kekakuan dan gerak otot punggung oleh karena aktivitas tubuh yang kurang baik serta tegangnya postur tubuh. Selain itu berbagai penyakit juga dapat menyebabkan LBP seperti osteoarthritis, osteoporosis, fibromyalgia, scoliosis, rematik.
Pengobatan Bisa hanya dengan cara memakai gips atau korset khusus, atau dengan beristirahat dengan atau tanpa diberi tarikan beban (untuk mengembalikan posisi tulang).
Pijatan Chiropractors handal atau jalan operasi. ( dr.Zamna Idyan, S.Kep - Mahasiswa Profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia).
Penyebab yang paling sering ditemukan yang dapat mengakibatkan Low Back Pain (LBP) adalah kekakuan dan gerak otot punggung oleh karena aktivitas tubuh yang kurang baik serta tegangnya postur tubuh. Selain itu berbagai penyakit juga dapat menyebabkan LBP seperti osteoarthritis, osteoporosis, fibromyalgia, scoliosis, rematik.
Pengobatan Bisa dengan cara memakai gips atau korset khusus, atau dengan beristirahat dengan atau tanpa diberi tarikan beban (untuk mengembalikan posisi tulang).
Pijatan Chiropractors handal atau dengan jalan operasi. ( dr.Zamna Idyan, S.Kep - Mahasiswa Profesi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia).
Tulang adalah jaringan keras yang melindungi bagian vital tubuh dan membuat manusia dapat tegak, berjalan, beraktivitas dan mengangkat beban berat. Oleh karna itu wajib kita menjaga kesehatan tulang dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup, berolah raga, senam khusus untuk usia lanjut dan melakukan terapi tulang belakang secara rutin dan teratur. ( Prof. Dr. dr. Ichramsjah A Rachman SpOG(K) - Ketua Persatuan Osteoporosis Indonesia )
Sirkulasi darah yang lancar di sepanjang tulang belakang manusia sangat bermanfaat menhantarkan kalsium, vitamin D, protein, fosfor, Zinc, Mangan dan zat-zat lain yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Sejalan dengan itu rasa rileks pada tulang belakang mampu meningkatkan penyerapan zat-zat tersebut pada tulang belakang. (Prof. Dr. Koento Wibisono - FK UGM)
Kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh tulang, tetapi juga darah untuk pembentukan sel darah merah yang terjadi di dalam tulang. Darah mengambil kalsium dari tulang. Dan hal itu terjadi setiap hari. Apalagi kita tidak mengkonsumsi kebutuhan kalsium yang cukup setiap harinya. Sehingga penyakit Osteoporosis rawan terjadi pada setiap orang, baik pria maupun wanita.

Badan Harus Harum!
Modal utama penampilan menarik adalah bau badan yang segar dan harum. Perawatan tubuh yang tepat tak sebatas mandi saja. Pada dasarnya tubuh memiliki bau alami, tapi jadi masalah bila tubuh mengeluarkan aroma bau di hidung. Berikut beberapa masalah bau badan dan cara mengatasinya.

Bau ke
ringat
Sebenarnya keringat dari tubuh adalah hal yang normal dan tidak berbau, sampai ia kontak dengan bakteri di kulit. Dan tempat favorit para bakteri adalah di daerah yang hangat, gelap, dan basah seperti daerah ketiak.
Bila Anda sering mendapati baju Anda basah di bagian ketiak, mungkin Anda mengalami hyperhidrosis, di mana kelenjar keringat bekerja terlalu aktif. Sedangkan keringat berlebihan ditambah dengan rasa mual, kepala pening dan berat badan terus turun, bisa jadi Anda mengalami masalah dengan tiroid atau indikasi adanya penurunan gula darah.
Deodoran yang biasa kita pakai kebanyakan sudah mengandung antiperspirant yang akan mengatasi keringat berlebih. Sayangnya kita sering memakainya di waktu yang salah. Agar ketiak selalu kering, gunakan saat kulit dalam keadaan kering sehingga zat aktif produk lebih cepat m
eresap.

Bau Kaki
Tahukah Anda bahwa 1 kaki kita memiliki 250.000 kelenjar keringat, bukan sepasang. Tak heran bila kaki memproduksi 1/2 cangkir keringat setiap harinya. Saat kaki panas dan lembab, bakteri pun akan senang tinggal di sana dan menyebabkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, cuci dan keringkan kaki setiap habis mandi. Gunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami, seperti kulit atau kanvas, sehingga kaki bisa "bernapas". Anda juga bisa memakai antiperspirant khusus untuk bagian kaki setiap malam sehingga kaki selalu kering.

Area inti
m kurang segar
Area intim wanita memiliki bau alami. Bau khas akan semakin kuat atau sebaliknya kurang berbau mengikuti siklus menstruasi. Yang perlu diwaspadai adalah bila area intim mengeluarkan bau yang menyengat dan disertai keluarnya lendir, bisa jadi indikasi adanya infeksi jamur atau bacterial vaginosis.
Untuk menjaga kesegaran area intim, saat mandi, basuh dengan sabun lembut. Selain itu hindari pencetus bakteri, yakni lembab. Segera ganti pakaian dalam yang basah dan lembab. Jangan terlalu sering menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari kain yang tidak menyerap keringat, seperti satin.

Bau mulut
Bau mulut sebenarnya terjadi ketika bakteri yang tinggal di dalam mulut kita dan bertugas menghancurkan \makanan,\ memproduksi senyawa belerang yang bau. Apa yang kita makan juga bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap.
Bagaimana cara memiliki napas yang segar?
Saat me
nggosok gigi bersihkan juga permukaan lidah dengan sikat khusus untuk menyingkirkan bakteri. Kurangi konsumsi makanan yang memiliki bau tajam seperti petai, bawang putih, atau duren.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar