Jumat, 12 Juni 2009

Tip Top Blog

13 Cara Mendulang Uang Dengan Blog Berbahasa Indonesia


Salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima adalah: "Gimana sih caranya dapet duit dari ngeblog? Blog gue pake bahasa Indonesia." Ada banyak cara mendapatkan uang melalui aktivitas blogging. Tentu saja dengan cara yang halal dan benar. Beberapa artikel Blogguebo barangkali bisa menjadi awal untuk belajar bagaimana caranya mendulang uang melalui blog Anda.
1. Menampilkan Iklan PPC (Pay-Per-Click) Domestik
Saat ini setidaknya sudah ada 5 pelaku bisnis PPC domestik di Indonesia, yaitu
KlikSaya.com, KumpulBlogger, PPCIndo, IndoFad dan AdOnBanner. Dengan menjadi publisher program-program PPC domestik, Anda bisa menampilkan iklan berbahasa Indonesia dan mendapatkan komisi jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog Anda. Anda bisa menggunakan link-link dibawah ini jika ingin mendaftar program-program PPC domestik tersebut (jangan khawatir, tidak ada link affiliasi saya di link tersebut).
Klik disini untuk mendaftar KlikSaya.com
Klik disini untuk mendaftar KumpulBlogger
Klik disini untuk mendaftar PPCIndo
Klik disini untuk mendaftar IndoFad
Klik disini untuk mendaftar AdOnBanner
2. Menampilkan Iklan PPC Asing (hanya yang berbasis CPM)
Pilihan kedua adalah menampilkan iklan PPC asing yang berbasis impresi.
Dengan menampilkan iklan PPC berbasis impresi di blog Anda, Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah impresi iklan yang dilihat oleh pengunjung Anda (bukan berdasarkan klik pengunjung). Semakin banyak pengunjung blog Anda, tentu semakin besar pula impresi iklan yang Anda dapatkan. Program PPC asing berbasis CPM atau impresi bisa Anda dapatkan informasinya melalui link AdTalks.com ini.
3. Menampilkan Banner Program Affiliasi Asing
Ada banyak sekali program affiliasi yang bisa Anda ikuti. Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka link Monetisasi Blog Anda: (3) Program Paid-to-Affiliate. Meskipun bukan cara terbaik, menampilkan banner link affiliasi berukuran 125X125 di bagian Sponsor blog Anda bisa menjadi pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia. Jika pengunjung blog Anda melakukan pembelian melalui banner link affiliasi tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.
4. Menampilkan Banner Program Affiliasi Domestik
Selain program affiliasi asing, saat ini juga sudah banyak program-program affiliasi domestik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana monetisasi blog Anda. Dengan cara yang sama - menampilkan banner link affiliasi domestik - Anda memiliki peluang untuk mendulang uang melalui blog Anda. Sejumlah pengelola web hosting lokal memiliki program affiliasi yang bisa Anda ikuti dan promosikan di blog Anda.
5. Menulis Review Produk Affiliasi (dengan text link affiliasi Anda)
Salah satu cara menjalankan program affiliasi (baik asing maupun domestik) melalui blog yang paling efektif adalah dengan menulis review tentang produk affiliasi yang hendak Anda promosikan di blog Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda sudah menggunakan dan merasakan manfaat produk yang Anda promosikan. Program affiliasi Amazon.com dan Commission Junction memiliki banyak sekali produk yang bisa Anda review. Pilih produk yang sesuai dengan niche dan kebutuhan pembaca blog Anda, tulis reviewnya dan jika pembaca blog Anda melakukan pembelian produk yang Anda rekomendasikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.
6. Mengikuti Program Paid Review
Program paid review adalah cara lain monetisasi blog berbahasa Indonesia. Seperti namanya, sebagai publisher program ini Anda diminta untuk menulis review produk atau jasa tertentu dan akan mendapatkan komisi atas review yang Anda tulis di blog Anda. Ya, blog berbahasa Indonesia (untuk beberapa program paid review seperti SponsoredReviews.com, ReviewMe, Blogsvertise, BuyBlogReviews.com) pun bisa mendaftar sebagai publisher program-program paid review. Bahkan jika blog Anda memiliki link ranking, Alexa, Technorati dan PR (Page Rank) yang cukup tinggi, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan komisi yang cukup besar untuk satu artikel review. Saat ini Anda juga bisa mendaftar program paid review lokal pertama di Indonesia, ReviewMu.com. Untuk informasi program paid review yang lain silahkan klik Monetisasi Blog Anda: (1) Program Paid-to-Review.
7. Menampilkan Google Adsense for Search
Kendala blog berbahasa Indonesia untuk menampilkan program Google Adsense adalah adanya larangan Terms and Services Adsense untuk menampilkan Unit Ads, Link Ads serta Referral Ads di blog berbahasa selain Inggris. Meskipun demikian, Anda masih bisa menampilkan unit Adsense for Search di blog Anda. Pergunakanlah layanan Google Custom Search EngineSeri Tutorial Panduan Mendaftar Google Adsense. (seperti yang ada di blog ini) untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai kata kunci dan alamat situs yang Anda inginkan. Silahkan membaca juga
Klik disini untuk mendaftar Google Adsense.
8. Menjual Text Link Ads
Pilihan monetisasi blog berbahasa Indonesia yang lain adalah dengan menjual link di blog Anda. Dengan menjual link, yang Anda lakukan adalah menyediakan spot text link situs-situs yang ingin beriklan dan sekaligus mendapatkan link back dari blog Anda. Semakin tinggi
link ranking, Alexa, Technorati dan PR blog Anda, semakin mahal harga link yang bisa Anda tawarkan. Saat ini banyak program text link ads yang bisa Anda ikuti. Beberapa diantaranya adalah Text-Link-Ads.com, TNX.net, LinkWorth.com dan TextLinkBrokers.com.
9. Menjual Spot Iklan Mandiri
Menjual spot iklan secara langsung kepada mereka yang tertarik memasang iklan di blog Anda adalah pilihan lain monetisasi blog berbahasa Indonesia yang saat ini semakin populer. Meskipun cara seperti ini memerlukan strategi khusus (misalnya bagaimana cara mendapatkan pemasang iklan), namun jika niche blog Anda cukup menarik dengan pengunjung yang cukup banyak, pendapatan iklan mandiri tidak bisa dibilang kecil. Saya sendiri mendapatkan hasil yang cukup lumayan dari menjual spot iklan mandiri di blog saya.
10. Menjual Jasa Keahlian Anda
Jika Anda memiliki keahlian tertentu (misalnya web design, web programming, logo design, copy writing, atau bahkan keahlian-keahlian lain seperti memasak, menulis, menerjemahkan), tidak ada salahnya mempromosikan keahlian Anda melalui blog Anda. Selain sebagai ruang pribadi untuk menuangkan ide dan tulisan, blog Anda juga bisa berperan sebagai sarana public relation yang cukup efektif untuk memperkenalkan keahlian Anda. Jadi silahkan mencari keahlian apa yang kira-kira bisa Anda jual melalui blog Anda.
11. Menjual Produk Digital Karya Anda Sendiri
Saat ini menulis dan membuat e-book bukan lagi sesuatu yang sulit. Jika Anda memiliki keahlian tertentu yang bisa Anda jual, menuliskannya menjadi sebuah e-book dan mempromosikannya melalui blog Anda adalah sebuah pilihan yang brilian. Selain mendapatkan keuntungan penjualan e-book, melalui blog yang sama Anda juga bisa mengembangkan sistem affiliasi sehingga pengunjung blog Anda bisa mempromosikan kembali e-book Anda dengan memberikan imbalan tertentu.
12. Menjual Produk Fisik Karya Anda Sendiri
Selain produk digital berupa e-book, produk-produk fisik (misalnya CD, buku, kaos, cenderamata, kado/gift ulang tahun, bahkan kue ulang tahun) juga bisa Anda promosikan dengan memanfaatkan blog Anda. Jika saat ini Anda telah memiliki bisnis offline, tidak ada salahnya mencoba menjangkau pasar yang lebih luas dengan promosi secara online melalui blog Anda.
13. Menjadi Perantara/Broker Jasa Orang Lain
Menjadi perantara atau broker jasa orang lain juga bisa menjadi pilihan monetisasi blog Anda. Sekedar misal, jika Anda kebetulan tinggal di daerah wisata (Bali atau Yogyakarta misalnya), Anda bisa menawarkan kerjasama dengan biro travel atau hotel-hotel kecil sekelas Melati untuk mempromosikan jasa mereka melalui blog Anda dengan imbalan komisi tertentu. Akan lebih baik lagi apabila niche blog Anda sesuai dengan jasa yang hendak Anda promosikan. Jika pengunjung blog Anda melakukan booking hotel atau jasa biro travel tersebut, Anda mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.

Monetisasi Blog Anda: Program Paid-to-Review

Monetisasi blog bukan cuma lewat Google Adsense. Jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun sebuah bisnis online dari blog Anda, ada baiknya serba sedikit mengenali program-program monetisasi apa saja yang bisa Anda ikuti.
Seri pertama kali ini akan mengulas program-program Paid-to-Review. Jangan lewatkan jika Anda benar-benar serius ingin membangun bisnis online Anda.

Program Paid-to-Review
Jika Anda suka dan jago menulis (dalam bahasa Inggris), salah satu pilihan bisnis online yang bisa Anda pertimbangkan adalah program paid-to-review. Seperti namanya, melalui program ini Anda dibayar untuk menulis review, opini atau sekedar menyinggung suatu link produk yang diiklankan dalam tulisan di blog atau situs Anda.
Berikut adalah ulasan sejumlah program paid-to-review yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Jangan khawatir, sama sekali tidak ada link referral saya dalam seri tulisan ini.
PayPerPost
PayPerPost akan membayar tulisan di blog atau situs Anda. Tugas Anda adalah menulis review atau opini tentang suatu produk, dan jika tulisan Anda disetujui oleh PayPerPost, Anda akan dibayar untuk tulisan Anda.
Smorty

Smorty akan membayar Anda untuk menulis tentang suatu produk, layanan atau situs tertentu di blog Anda. Smorty membayar secara mingguan. Anda bebas menulis topik yang Anda sukai. Anda juga bisa memposting di beberapa blog atau situs yang Anda miliki.
Blogsvertise
Blogsvertise akan membayar Anda untuk menciptakan BUZZ. Tugas Anda adalah menyinggung suatu produk, layanan atau situs tertentu dalam tulisan di blog Anda sehingga pembaca blog atau situs Anda mengenal produk atau layanan tersebut. Blogsvertise membayar per posting tulisan Anda melalui akun PayPal.
Review Me
Review Me akan membayar Anda untuk mereview produk atau layanan tertentu di blog atau situs Anda. Anda sendiri yang menentukan topik apa yang Anda review. Review membayar $20 hingga $200 untuk setiap review yang Anda tulis di blog atau situs Anda.
Blogitive
Blogitive memberi peluang Anda untuk menulis opini tentang produk yang baru dirilis oleh perusahaan tertentu. Anda dibayar melalui akun PayPal Anda secara mingguan untuk setiap posting tulisan yang Anda buat.
BloggerWave
BloggerWave adalah salah satu pilihan menarik untuk menghasilkan uang dengan membuat blog (secara gratis) dan menuliskan opini Anda tentang suatu topik tertentu.
InBlogAds
InBlogAds akan membayar setiap tulisan review atau opini yang ditugaskan kepada Anda. Anda bisa memilih topik yang Anda sukai.
BuyBlogReviews
BuyBlogReviews adalah situs layanan review advertising yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dengan cara menulis review situs atau produk klien BuyBlogReviews. Selain itu BuyBlogReviews juga memberikan program affiliasi sehingga semakin banyak referral yang bergabung dengan Anda semakin besar komisi yang Anda dapat.
BlogToProfit
BlogToProfit menghubungkan Anda dengan pemasang iklan yang ingin memanfaatkan blog Anda. Melalui BlogToProfit tugas Anda adalah "memasang" iklan di tulisan yang Anda buat. Karena menyatu dengan posting tulisan Anda, ada ruang tak terbatas untuk mendapatkan keuntungan melalui program ini.
451 Press
451 Press adalah tempat yang tepat bagi Anda yang berbakat menulis. 451 Press akan membayar tulisan-tulisan berkualitas sebagai content jaringan blog 451 Press.
Digital Journal
Digital Journal akan membayar Anda untuk berbagi opini, memberi voting untuk suatu artikel tertentu, terlibat diskusi dan menulis artikel sebagai citizen journalist.
Creative Weblogging
Creative Weblogging akan membayar Anda untuk menjadi penulis lepas jaringan135 blog Creative Weblogging yang tersedia dalam 5 bahasa. Namun saat ini belum men-support bahasa Indonesia.
BlogBurner
BlogBurner memberi pilihan kepada Anda untuk menulis tentang suatu topik dan BlogBurner yang akan memasarkan tulisan Anda.
Squidoo
Squidoo akan membayar Anda untuk menulis suatu topik di blog atau situs Anda. Anda juga memiliki pilihan untuk mendonasikan pendapatan Anda secara otomatis.
About.com
About.com adalah jaringan situs penyedia solusi praktis masalah-masalah sehari-hari. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, ingin membagikannya kepada orang lain dan suka menulis, Anda bisa menjadi penulis About.com dan mendapatkan penghasilan melalui tips-tips atau informasi yang Anda berikan.
DayTipper
DayTipper akan membayar Anda untuk menulis tips-tips orisinal, unik dan bermanfaat senilai $3 per tips.
CreamAid
CreamAid adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan sesama blogger dengan minat yang sama dan mendapatkan uang melaluinya. Yang Anda lakukan adalah memasang widget CREAMaid Conversation dalam posting Anda. Jika terpilih, tulisan Anda akan disindikasikan ke seluruh jaringan CreamAid dan Anda akan mendapatkan royalti tulisan Anda.
Helium
Helium adalah sebuah komunitas penulis yang memberi kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi penulis lepas untuk menulis topik yang Anda sukai bagi jaringan situs pemasang iklan Helium.
SponsoredReviews
SponsoredReviews adalah situs layanan review advertising yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dengan cara menulis review situs atau produk klien SponsoredReviews. Kelebihan SponsoredReview dibanding yang lain adalah Anda bisa menentukan sendiri nilai bidding komisi review Anda. Selain itu SponsoredReviews juga memberikan program affiliasi sehingga semakin banyak referral yang bergabung dengan Anda semakin besar komisi yang Anda dapat.

Mashable
Masable akan membayar penulis-penulis lepas yang berminat terhadap topik-topik situs sosial dan Web 2.0. Jika Anda menyukai topik-topik ini dan suka menulis, program ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda.
Jika Anda memang menyukai dunia tulis-menulis, dan bisa (sedikit) berbahasa Inggris, tidak ada salahnya membuat diversifikasi online sources of income melalui program-program paid-to-review diatas. Semakin banyak keranjang, semakin banyak peluang mengamankan "telur" yang Anda miliki. :)

Seri tulisan berikutnya akan mengulas program-program Paid-to-Advertise, semacam Google Adsense. Sekali lagi, jangan lewatkan! :)

Monetisasi Blog Anda: Program Paid-to-Advertise

Salah satu pilihan monetisasi bisnis online yang paling populer adalah program paid-to-advertise. Merujuk namanya, melalui program ini Anda akan dibayar dengan cara menampilkan iklan dari penyedia layanan paid-to-advertise di blog atau situs Anda. Iklan-iklan ini bisa berupa iklan teks ataupun grafis (banner ads). Salah satu contoh paling populer dari program paid-to-advertise adalah Google Adsense.

Berikut adalah ulasan sejumlah program paid-to-advertise yang bisa Anda pertimbangkan. Harap diperhatikan, sebagian besar program paid-to-advertise mensyaratkan hanya blog atau situs berbahasa Inggris yang bisa bergabung menjadi publisher (penampil iklan).

Jika Anda tertarik, silahkan bergabung. Jangan khawatir, Anda tidak harus bergabung menjadi
referral saya. Mohon diperhatikan ada tanda "Ref", jika link tersebut adalah link referral saya.


Google Adsense
Google Adsense memungkinkan Anda mendulang uang dari iklan-iklan kontekstual yang Anda tampilkan di blog atau situs Anda. Merujuk namanya, jenis iklan kontekstual Google Adsense akan menyesuaikan dengan content blog atau situs Anda. Anda dibayar berdasarkan perhitungan iklan yang di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda. Jika ingin bergabung, silahkan klik button link "Generate Revenue from Your Site with Google Adsense" (Ref) di sidebar sebelah kiri blog ini.
WidgetBucks
WidgetBucks (Ref) merupakan program widget ads yang menggabungkan PPC dan CPM (berdasarkan impresi iklan). Tampilan iklannya cukup menarik berdasarkan pilihan kategori yang Anda inginkan (bisa juga secara kontekstual). Jika iklan Anda diklik oleh pengunjung yang tinggal di negara-negara Amerika Utara, maka perhitungan dilakukan berdasarkan pay per click, namun jika pengunjung tersebut tinggal di luar negara-negara Amerika Utara, maka perhitungan dilakukan berdasarkan impresi iklan atau CPM. Silahkan klik banner WidgetBucks di sidebar sebelah kiri blog ini untuk bergabung.
Text-Link-Ads
Text-Link-Ads atau TLA memberi kesempatan kepada Anda untuk menjual iklan teks di dalam blog atau situs Anda. Anda bisa menentukan sendiri jenis iklan yang ingin Anda pasang di blog atau situs Anda. TLA menggunakan sistem penetapan harga iklan berdasarkan trafik, tema dan popularitas blog atau situs Anda. Semakin besar trafik dan semakin populer blog Anda, harga iklan pun semakin tinggi.
Chitika
Chitika (Ref) memberikan kesempatan kepada pemilik blog atau situs untuk menampilkan iklan sesuai dengan tema blog atau situs mereka. Salah satu pilihan iklan Chitika adalah Chitika eMinimals, yang akan menampilkan produk-produk dan shopping basket secara kontekstual di blog atau situs Anda. Silahkan klik banner Chitika di sidebar sebelah kiri blog ini untuk bergabung.
Clicksor
Clicksor menyediakan pilihan iklan kontekstual yang cukup bervariasi - semisal teks link, banner, pop-under ads, dan kotak pencari - untuk blog atau situs Anda. Anda bisa memilih jenis iklan yang Anda inginkan dan mendapatkan imbalan jika iklan Anda di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda.
Yahoo Publisher Network
Yahoo Publisher Network adalah program paid-to-advertise sejenis Google Adsense yang diluncurkan oleh Yahoo Inc. Melalui YPN, Anda bisa menampilkan iklan yang sesuai dengan content blog atau situs Anda dan akan mendapatkan imbalan jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda.
Bidvertiser
Bidvertiser (Ref) membayar setiap iklan yang di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda berdasarkan harga bidding (lelang) termahal yang ditawarkan oleh pengiklan. Bidvertiser membayar Anda melalui akun PayPal atau cek secara bulanan dengan nilai minimum pembayaran $10.
YesAdvertising
YesAdvertising (Ref) menyediakan pilihan iklan yang cukup menarik dan bervariasi. Pembayaran dilakukan setiap dua minggu sekali melalui cek atau PayPal. YesAdvertising menerima trafik dan pendaftaran dari negara manapun.
AdBrite
AdBrite (Ref) adalah salah satu program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda untuk menerima atau menolak iklan yang ingin Anda tampilkan di blog atau situs Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari tampilnya iklan yang tidak sesuai dengan isi blog atau merupakan kompetitor iklan yang sudah ada di blog Anda.
TTZ Media
TTZ Media adalah program pay-per-click yang memberikan kesempatan kepada pemilik blog atau situs untuk menampilkan iklan sesuai pilihan Anda sendiri. Jika blog Anda berbasis produk atau online shopping mall, TTZ Media layak Anda pertimbangkan sebagai pilihan monetisasi blog Anda.
AzoogleAds
AzoogleAds memungkinkan pemilik blog atau situs menampilkan iklan suatu produk atau layanan di blog atau situs mereka dan dibayar jika iklan tersebut di-klik oleh pengunjung.
BlogAds
BlogAds adalah salah satu program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda memonetisasi blog atau situs Anda. Jika Anda ingin bergabung, Anda harus melalui sponsor yang sudah terlebih dahulu bergabung dengan jaringan BlogAds.
LinkWorth
LinkWorth merupakan penyedia layanan program paid-to-advertise dengan iklan berupa iklan teks, baik in-content ads maupun rotating ads, yang memungkinkan Anda memasang iklan di batang posting blog atau situs Anda.
MediaFed
MediaFed secara khusus memanfaatkan RSS Feed untuk menampilkan iklan melalui RSS Feed blog atau situs Anda.
Q-Ads
Q-Ads memberikan pilihan kepada publisher untuk menentukan sendiri keyword iklan yang ingin Anda tampilkan di blog atau situs Anda. Selain melalui blog atau situs Anda, layanan Q-Ads juga memungkinkan Anda menampilkan iklan melalui RSS Feed.
Tribal Fusion
Tribal Fusion merupakan salah satu program paid-to-advertise yang mensyaratkan blog atau situs Anda memiliki pengunjung minimal 2000 per hari, dengan target pembaca yang terfokus, dan selalu up-to-date untuk bisa menjadi publisher.
Pheedo
Pheedo adalah program paid-to-advertise yang memberi pilihan kepada pemilik blog atau situs untuk memanfaatkan RSS Feed untuk menampilkan iklan dan mendapatkan imbalan dari iklan-iklan tersebut.
PeakClick
PeakClick adalah program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda menampilkan link iklan PeakClick dan mendapatkan 70% nilai penjualan iklan. Pembayaran dilakukan dengan Euro, namun juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pembayaran dalam USD.
TargetPoint
TargetPoint menyediakan iklan teks dan grafis yang relevan dengan content blog atau situs Anda.
RevenuePilot
RevenuePilot memberikan skema Pay For Performance (PFP) dan Pay Per Click (PPC) untuk memaksimalkan pendapatan melalui iklan yang Anda tampilkan di dalam blog atau situs Anda.
ROIRocket
ROIRocket merupakan jaringan paid-to-advertise dengan skema Pay-Per-Action yang akan memberikan pembayaran hanya jika pengunjung blog atau situs Anda melakukan pembelian suatu produk atau jasa dari iklan yang tampil di blog atau situs Anda.
IndustryBrains
IndustryBrains menyediakan pilihan iklan kontekstual berupa iklan teks dan banner yang bisa Anda tampilkan di blog atau situs Anda.
OneMonkey
OneMonkey adalah salah satu pilihan program paid-to-advertise yang memungkinkan Anda menampilkan iklan teks di blog atau situs Anda. Pembayaran diberikan apabila iklan tersebut di-klik oleh pengunjung blog atau situs Anda.

Jika Anda belum melakukan monetisasi blog atau situs Anda, tidak ada salahnya mencoba program-program paid-to-advertise diatas. Namun sebelum bergabung, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu dengan seksama Terms and Conditions masing-masing program agar terhindar dari hal-hal yang mungkin merugikan Anda.



10 Tips Guerrilla Marketing Untuk Blog Anda

Ada banyak cara mempromosikan blog Anda. Salah satunya adalah dengan teknik guerrilla marketing.
Guerrilla marketing adalah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Jay Conrad Levinson melalui bukunya yang sangat populer dengan judul yang sama, yang menjelaskan serangkaian cara promosi yang tidak biasa, ala gerilyawan, dengan budget yang sangat rendah, lebih mengutamakan kreativitas, energi yang menggelegak untuk mencapai tujuan, serta imajinasi yang cerdas ketimbang dana yang besar.

10 Tips Guerrilla Marketing Untuk Blog Anda :
1. Pergunakan link alamat blog sebagai email signature Anda.
Hampir semua platform email saat ini memberi kemudahan kepada para pemakainya untuk membuat signature di bagian bawah email. Dengan menambahkan link (ya, tentu yang clickable, jangan hanya sekedar alamat) alamat blog Anda di signature email dengan pilihan tag line yang menarik, besar kemungkinan setiap penerima email Anda akan tertarik untuk meng-klik alamat blog tersebut dan bukan tidak mungkin kemudian akan menjadi pembaca setia blog Anda.
2. Tambahkan alamat blog Anda pada kartu nama Anda.
Cara ini sebenarnya sudah biasa namun akan menjadi berbeda jika Anda memberikan sentuhan yang menarik pada pilihan tag line alamat blog Anda. Kuncinya, jangan sekedar menuliskan alamat blog, namun beri deskripsi singkat yang "menggoda" penerima kartu nama Anda untuk mengunjungi blog Anda. Jika Anda belum punya kartu nama, barangkali ini saat yang tepat untuk membuatnya. Anda bisa membuat kartu nama dengan budget yang cukup terjangkau, bahkan bisa membuatnya sendiri hanya dengan bantuan sebuah printer.
3. Tampilkan alamat blog Anda pada Contact Details akun Yahoo Messenger Anda.
Akun Yahoo Messenger memberi ruang kepada Anda untuk menambahkan data situs atau blog pribadi di bagian Contact Details. Ketika chatting, alamat blog Anda akan terlihat oleh lawan bicara Anda. Sekali lagi manfaatkan tag line deskripsi yang menarik untuk memancing rasa ingin tahu lawan bicara Anda.
4. Tawarkan kerjasama kepada warnet di dekat tempat Anda tinggal untuk menampilkan blog Anda sebagai default homepage dengan imbalan memasang iklan gratis di blog Anda.
Cara ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda tidak sedang menjalankan program Google Adsense di blog Anda. Jika tetap Anda lakukan, saya tidak bertanggungjawab jika kemudian akun Adsense Anda disable (alias di-banned) karena click fraud pengunjung warnet bersangkutan (hehehe). Lakukan cara ini hanya jika Anda yakin tidak ada masalah dengan click fraud.
5. Buat stiker nama blog Anda dan tawarkan kerjasama dengan warnet di di dekat tempat Anda tinggal untuk menempel stiker tersebut di setiap meja komputer dengan imbalan memasang iklan gratis di blog Anda.
Saat ini biaya membuat stiker tidak mahal. Yang lebih penting adalah bahasa visual yang ada dalam stiker yang Anda buat. Dengan budget rendah, menggunakan stiker bisa sangat efektif untuk mempromosikan blog Anda. Sama halnya dengan cara sebelumnya, pastikan Anda tidak sedang menjalankan program pay per click (PPC) di blog Anda.
6. Buat stiker atau pembatas halaman buku dengan logo dan nama blog Anda dan bagikan secara gratis kepada pengunjung warnet di dekat tempat Anda tinggal.
Sama halnya dengan cara sebelumnya, pastikan Anda tidak sedang menjalankan program PPC di blog Anda.
7. Buat stiker nama blog Anda dan tempel di mobil atau motor Anda.
Jika budget Anda sangat minim, Anda bisa membuat custom stiker dengan jumlah sangat terbatas dan menempelkannya di mobil atau motor Anda sendiri. Sekali lagi, yang terpenting adalah bahasa visual melalui stiker yang berperan sebagai iklan blog Anda. Bukan berapa biayanya.
8. Buat topi dengan logo blog Anda dan gunakan dalam setiap kesempatan kemanapun Anda pergi.
Membuat logo blog Anda di topi yang biasa Anda pakai setiap hari ke kampus, atau ke tempat kerja, atau sekedar jalan-jalan, adalah cara promosi yang efektif. Saat ini juga banyak teknik sablon topi yang murah dan terjangkau dengan budget rendah.
9. Buat kaos dengan logo blog Anda dan kenakan dalam setiap kesempatan kemanapun Anda pergi.
Sama halnya dengan topi, membuat kaos dengan logo blog Anda akan sangat menarik perhatian orang baik sekedar untuk bertanya ataupun kemudian memutuskan untuk berkunjung ke blog Anda. Kaos oblong putih atau hitam yang sederhana dengan tulisan di punggung "I'm a blogger. Visit http://www.blogku.com" pasti akan mengundang rasa ingin tahu orang yang membacanya. Atau Anda punya tag line yang lebih menggoda? :)
10. Buat kartu undangan pernikahan Anda tampil beda dengan menyisipkan alamat blog Anda di kartu undangan pernikahan.
Cara ini unik, kreatif dan cerdas, namun dibutuhkan keberanian ekstra jika Anda bukan orang yang terbiasa keluar dari pakem yang ada di masyarakat lingkungan Anda tinggal. Bisa Anda coba jika memang Anda cukup punya keberanian untuk tampil beda. Setidaknya saya pribadi masih jarang menemui kartu undangan pernikahan yang mencantumkan alamat blog si pengantinnya. Anda bisa menjadi orang pertama yang mengirim undangan pernikahan dengan alamat blog Anda kepada saya. Kenapa tidak?

Menggunakan teknik-teknik diatas tentu tidak dengan serta merta akan mendatangkan 1000 pengunjung ke blog Anda dalam waktu satu hari (hehehe). Namun setidaknya, cara-cara diatas bisa menjadi inspirasi "di luar kotak" teknik-teknik promosi yang sudah jamak dan membutuhkan budget besar. Sekali lagi, yang paling penting adalah berpikir kreatif dan segera bertindak.

5 Tips Memikat Pengunjung Blog Anda

1. Hargai Pengunjung Blog Anda
Jika Anda ingin memikat hati pengunjung blog Anda, tidak ada cara lain kecuali menghargai pengunjung blog Anda. Jika blog Anda adalah rumah, maka pengunjung blog Anda adalah tamu. Hormatilah tamu Anda. Bersikaplah rendah hati. Santunlah berbahasa. Santun bukan berarti identik dengan "EYD", yang kadang malah terlalu formal dan kaku. Menulislah dengan gaya Anda sendiri, meskipun itu dengan gaya bahasa gaul sekalipun, namun usahakanlah untuk selalu santun. Terakhir, jangan pernah menyombongkan diri kepada pengunjung blog Anda. Memberikan informasi earnings bisnis online secara terbuka di blog Anda sama sekali bukan hal yang salah. Namun sampaikanlah informasi tersebut dengan cara yang elegan. Jangan membuat pengunjung Anda berpikir bahwa Anda sedang "pamer kekayaan."
Check Poin: Bersikaplah rendah hati, Pergunakanlah bahasa yang santun, Jangan pernah menyombongkan diri
2. Berilah Lebih
Ya, berilah lebih. Tentu tidak berarti harus berupa uang. Memberi lebih bisa berupa memberikan konten blog yang benar-benar bermanfaat. Sesuatu yang tidak bisa ditemukan di blog yang lain. Memberi lebih juga bisa berupa memiliki desain blog yang bagus dengan navigasi yang memudahkan dan link-link yang dibutuhkan pengunjung blog Anda. Memberi lebih bisa pula dengan sekedar mengubah kode no-follow blog Anda menjadi do-follow. Berilah "love link" kepada pengunjung blog Anda. Dan jika mungkin, berikanlah insentif gratis (misalnya berupa e-book) kepada pengunjung blog Anda.
Check Poin: Tulislah konten yang benar-benar bermanfaat, Buatlah desain blog Anda "berbeda" diantara blog-blog yang lain, Berikanlah rujukan link yang dibutuhkan pengunjung blog Anda, Berikanlah "love link" untuk setiap komentar di blog Anda, Berikanlah e-book gratis.
3. Jadilah Teman Yang Baik
Ketika memutuskan untuk membuat blog, sebenarnya Anda telah memutuskan untuk berteman meskipun hanya lewat dunia maya. Bertemanlah melalui kolom komentar di blog Anda. Sebisa mungkin (setidaknya mumpung blog Anda belum seramai blog Oom Priyadi atau Mas Cosa yang selalu penuh komentar), balaslah komentar di blog Anda. Saya seringkali heran menemukan blog dengan 1 komentar dan itupun tanpa ada balasan. Jika memang Anda ingin pengunjung blog Anda kembali, balaslah setiap komentar, bantulah pengunjung Anda jika memiliki pertanyaan, atau bahkan balaslah meskipun hanya dengan memberikan ucapan terima kasih. Jika Anda menjadi member social media (misalnya MyBlogLog), jadilah "Contact" dan tinggalkan pesan pribadi kepada pengunjung blog Anda.
Check Poin: Usahakan sebisa mungkin membalas komentar di blog Anda, Bantu pengunjung blog Anda jika memiliki pertanyaan, Jadilah "Contact" pengunjung blog Anda di MyBlogLog, Tinggalkan pesan personal di social media pengunjung blog Anda
4. Inilah Rahasianya: Sebut Namanya
Salah satu ungkapan bijak yang saya sukai adalah ini: suara paling merdu yang ingin didengar setiap orang adalah panggilan nama mereka. Dan itupun berlaku bagi pengunjung blog Anda. Jika Anda membalas komentar di blog Anda, pastikanlah untuk menuliskan nama pengunjung yang meninggalkan pesan di blog Anda. Jangan hanya dengan sapaan "Mas, Mbak, Oom atau Bro." Tulislah namanya dengan benar (ejaannya, red). Jika Anda menghargai nama pengunjung blog Anda, sebagai imbalannya pengunjung blog Anda pun akan menghargai Anda.
Check Poin: Tulis nama pengunjung blog Anda yang memberikan komentar, Tulis namanya dengan benar.
5. Kunjungi Teman Baru Anda
Menjalin hubungan pertemanan di dunia online (maya) tidak berbeda dengan di dunia offline (nyata). Saling memberi, saling berbagi dan saling menghargai adalah mata uang yang berlaku di kedua dunia tersebut. Jika ada yang mengunjungi blog Anda dan memberikan komentar, meskipun hanya seorang, usahakanlah untuk mengunjungi dan memberi komentar balik di blognya. Berilah hanya komentar positif (ya, tidak ada gunanya memberikan komentar negatif untuk alasan apapun jika Anda benar-benar tulus ingin berteman). Terakhir, usahakanlah mengunjunginya secara berkala sesuai waktu yang Anda miliki.
Check Poin: Usahakan mengunjungi blog yang memberikan komentar di blog Anda, Berilah komentar positif, Kunjungilah secara berkala.

Sekali lagi blogging bukanlah sekedar data dan angka. Blogging is really about people. Jika Anda ingin memikat hati pengunjung blog Anda, tidak ada pilihan lain kecuali memperlakukannya sebagai manusia. Bukan sekedar "traffic". Semakin Anda memahami dan menghargai pengunjung blog Anda, semakin besar pula penghargaan pengunjung blog Anda kepada Anda.
Jadi, mari kita mulai memperlakukan "traffic" sebagai manusia. Bukan sekedar angka-angka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar